Cara Menjaga Kesehatan Mata

mata sehat

Menjaga kesehatan mata sangatlah penting.

Mata merupakan salah satu organ terpenting tubuh yang penting untuk dijaga kesehatannya. Dengan mata, kita dapat melihat semua yang ada disekeliling kita. Oleh karena itu, kesehatan mata adalah anugerah yang tidak dapat dibayar dengan apapun. Melihat begitu sangat berharganya mata bagi kehidupan kita, menjaga kesehatan mata merupakan hal pokok yang perlu kita lakukan setiap harinya.

Untuk itu, disini saya akan berbagi mengenai cara menjaga kesehatan mata agar kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit yang mengancam.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Tanyakan kepada orang tua atau saudara anda apakah mereka mengidap penyakit mata tertentu yang dapat menurun pada anaknya. Hal ini sangatlah penting untuk memastikan kondisi anda sendiri. Jika memang iya, sebaiknya anda mulai mencari informasi mengenai penyakit tersebut. Dengan mempelajari penyakit tersebut, anda akan dapat mewaspadai jika anda mengalami gejala yang tidak wajar. Jika hal tersebut terjadi, segeralah memeriksakan diri ke dokter agar dapat segera ditangani.

Jaga Jarak

Biasanya, kita sering membaca buku dengan jarak yang tidak pernah kita perhatikan. Nah oleh karena itu, banyak sekali para pecinta buku yang memakai kacamata. Jarak yang paling ideal untuk menghindarkan mata dari resiko rabun dekat adalah 30 cm. Selain membaca buku, beraktivitas didepan komputer juga dapat menimbulkan kerusakan mata jika anda tidak mengatur jaraknya. Jarak yang benar untuk beraktivitas didepan komputer adalah 50 cm.

Jangan Mengucek Mata

Advertisement

Jika mata anda terasa gatal, jangan dikucek karena tangan anda belum tentu dalam keadaan yang steril. Untuk meredakan gatal tersebut, anda dapat menggunakan obat tetes mata yang banyak dijual di apotik. Dengan begitu, mata anda tidak akan terkena kuman atau mengalami iritasi karena terlalu banyak dikucek.

Makanan Kaya Vitamin A

Vitamin A adalah vitamin yang mampu membuat mata menjadi lebih sehat dan segar. karena itulah, mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin A sangatlah baik untuk menjaga kesehatan mata. Salah satu contoh buah yang mengandung banyak vitamin A adalah buah pisang. Sedangkan contoh sayur yang mengandung banyak vitamin A adalah wortel. Konsumsilah buah dan sayur tersebut dengan rutin agar mata anda terhindar dari penyakit yang berasal dari dalam.

Istirahatkan Mata Anda

Berilah sedikit waktu untuk mata anda dapat beristirahat setelah membaca buku atau melakukan aktivitas di depan komputer. Kalau bisa, beri jeda beberapa menit untuk tidak membaca buku agar mata dapat mengembalikan kesegarannya terlebih dahulu. Dengan begitu, mata anda akan lebih sehat dan terhindar dari bahaya penyakit mata.

Lindungi Mata

Selain itu, untuk menjaga kesehatan mata anda juga dapat melakukannya dengan selalu melindungi mata saat beraktifitas diluar rumah. Ketika anda berkendara dengan kendaraan terbuka, usahakan untuk memakai helm. Saat berenang, usahakan untuk memakai kacamata renang. Hal tersebut sangat penting untuk anda lakukan agar mata dapat terhindar dari benda yang hendak memasukinya.

Demikian beberapa cara menjaga kesehatan mata yang dapat anda coba. Semoga berhasil 🙂 Jangan lupa, baca juga artikel mengenai cara menjaga kesehatan rambut dan kesehatan kulit. Semoga bermanfaat dan jaga selalu kesehatan Anda.

Cara Menjaga Kesehatan Mata | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply