Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

cara menjaga kesehatan ginjal

Salah satu cara menjaga kesehatan ginjal yang mudah dan murah adalah dengan mencukupi kebutuhan air setiap hari.

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang berperan penting untuk membuang zat-zat yang berbahaya melalui urin. Gangguan sedikit saja pada ginjal akan membuat kesehatan tubuh juga terganggu. Karena itulah, menjaga kesehatan ginjal merupakan hal yang sangat penting dilakukan agar tubuh kita senantiasa dalam keadaan yang baik. Meski sudah berusaha menjaganya, namun jumlah penderita penyakit ginjal hingga kini belum berkurang, dan justru meningkat. Setelah diteliti, ternyata mereka menggunakan cara yang salah dalam menjaga kesehatan ginjalnya.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal dengan benar? Berikut akan saya bagikan tips-tipsnya.

Rajin Berolahraga

Olahraga merupakan aktivitas yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain membantu menjaga fungsi paru-paru, ternyata olahraga juga memberi banyak efek positif terhadap keadaan ginjal. Olahraga akan membuat proses pembentukan urin di dalamnya menjadi lancar dan tidak mengalami hambatan. Karena itulah, banyak orang yang terbebas dari penyakit ginjal dengan cara rutin berolahraga setiap hari.

Menjaga Berat Badan

Cara menjaga kesehatan ginjal yang berikutnya adalah dengan cara menjaga berat badan. Berat badan yang berlebihan akan membuat banyak masalah kesehatan. salah satunya adalah penyakit ginjal. Lemak yang tertimbun di perut dan sekitarnya akan membuat ginjal menjadi merasa sesak sehingga membuatnya sedikit sulit dalam memproses urin. Akibatnya, penyakit ginjal pun datang menghampiri. Oleh karena itu, jagalah berat badan anda agar selalu ideal dengan cara menghindari makanan-makanan yang banyak mengandung lemak jahat bagi tubuh.

Advertisement

Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi kondisi ginjal. Tekanan darah yang terlampau tinggi akan membuat seseorang beresiko memiliki penyakit ginjal. Karena itulah anda perlu menjaga tekanan darah dengan cara selalu berfikir dengan jernih dan tenang dan tidak mengedepankan emosi. Meski terlihat sepele, namun cara tersebut cukup ampuh dalam menjaga keseimbangan tekanan darah sehingga kesehatan ginjal anda akan terjamin.

Makanan Sehat

Cara menjaga kesehatan ginjal yang selanjutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan sehat. Hindarilah makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan gula secara berlebihan. Cobalah membiasakan diri untuk selalu mengkonsumsi buah dan sayur karena kedua sumber makanan tersebut memiliki banyak kandungan vitamin, mineral dan zat besi yang penting untuk menjaga kesehatan ginjal beserta organ yang lainnya.

Minum Air Putih

Dengan air putih, kinerja ginjal di dalam tubuh akan menjadi semakin baik. Selain menjaga kesehatan ginjal, air putih juga sangat penting untuk memelihara organ-organ tubuh yang lain mulai dari mata, kulit, jantung, hati dan lain-lain. Selain itu, anda juga dapat menjaga kesehatan ginjal dengan cara menghindari kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol. Kedua benda tersebut memberikan banyak sekali efek buruk terhadap kesehatan manusia. Kandungan nikotin dalam rokok dapat menimbulkan gangguan pada ginjal. Karena itulah, jika anda tidak ingin mengalami gangguan pada ginjal maka hindarilah rokok dan minuman beralkohol.

Menghindari Makanan Asin

Cara terakhir yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal adalah menghindari makanan yang terlalu asin. Rasa asin yang dikandung oleh makanan tertentu akan membuat ginjal anda tidak dapat bekerja secara maksimal. Oleh karena itu, baiknya anda mengkonsumsi makanan yang rasa asinnya pas di lidah. Dengan begitu, kita akan selalu terhindar dari bahaya penyakit ginjal.

Itulah beberapa cara untuk menjaga kesehatan ginjal yang dapat anda coba di rumah. Ingatlah bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply