Cara Menguatkan Rambut Secara Alami

rambut kuat

Rambut kuat dan sehat berkat bahan alami.

Cara Menguatkan Rambut dengan Bahan Alami – Mempunyai rambut cantik, lebat dan panjang adalah dambaan semua wanita. Tetapi kenyataannya, masalah yang sering timbul adalah kerontokan rambut. Hampir semua kosmetik menawarkan untuk memperbaiki rambut yang rontok. Tapi tahukah anda? Zat kimia yang terdapat di dalamnya sangat tidak baik apabila diserap oleh kulit kepala. Lalu bisakah mengatasi rambut rontok dengan bahan yang alami? Tentu saja bisa.

Cara Menguatkan Rambut Secara Alami

Berikut adalah bahan-bahan alami yang bisa menguatkan rambut, serta bisa mengatasi kerontokan pada rambut anda:

Buah Alpukat

Buah alpukat atau persea americana tidak hanya nikmat jika dijadikan jus. Buah ini ternyata juga memiliki fungsi untuk mengatasi kerontokan rambut. Alpukat memiliki kandungan sumber protein, asam amino dan kaya akan vitamin yang sangat baik untuk rambut. Cara menggunakannya untuk rambut pun juga mudah.

Pertama, belah alpukat menjadi dua bagian. Sekop setengah bagian dari daging alpukat lalu haluskan hingga lembut. Basahi rambut anda dengan air yang hangat lalu oleskan adonan alpukat tadi ke kulit kepala hingga ujung rambut sambil sedikit dipijat. Biarkan selama 15 menit setelah itu cuci rambut dengan air hangat hingga bersih. Setelah bersih, bilas kembali menggunakan air dingin. Lebih jelasnya silahkan baca artikel mengenai khasiat buah alpukat dan juga cara membuat masker alpukat yang biasa digunakan untuk perawatan wajah dan rambut.

Kelapa 

Advertisement

Kelapa hijau biasanya sangat nikmat apabila airnya kita minum saat cuaca yang terik. Namun tahukah anda? Kelapa ternyata juga memiliki fungsi untuk penguat dan penyubur rambut. Cara memanfaatkannya juga mudah. Pilih kelapa hijau yang sudah tua lalu ambil dagingnya dan parut. Setelah itu peras santannya yang kental. Lalu masak santan tersebut hingga mengeluarkan minyak kelapa. Ambil minyaknya dan biarkan dingin. Setelah dingin oleskan pada kulit kepala sampai bagian ujung rambut. Kandungan zat besi dan mangan inilah yang membuat rambut lebih kuat dan sehat. Selain itu kandungan ini juga bisa merangsang pertumbuhan rambut baru.

Lidah buaya

Dari zaman dahulu kala, lidah buaya memang sudah terkenal sebagai penyubur rambut alami. Selain itu lidah buaya juga memiliki fungsi untuk menguatkan dan merangsang pertumbuhan rambut yang baru. Kandungan aloe vera inilah yang membuat lidah buaya sangat baik digunakan untuk perawatan rambut. Cara menggunakannya juga mudah.

Ambil beberapa helai daun lidah buaya lalu kupas kulitnya. Ambil lendir hingga dagingnya lalu gosokkan ke seluruh kulit kepala hingga rambut sampai merata. Biarkan beberapa saat lalu bilas. Ada baiknya anda melakukan perawatan ini ketika sore hari setelah mandi sore. Lalu anda bisa mencuci rambut anda keesokan harinya agar hasilnya lebih optimal. Agar lebih jelas, silahkan baca artikel tentang cara membuat masker lidah buaya dan manfaatnya buat rambut.

Minyak Kemiri

Kemiri biasanya hanya digunakan untuk bumbu dapur saja. Tapi ternyata minyak kemiri juga bisa dijadikan untuk bahan penguat rambut yang rontok. Minyak yang dihasilkan kemirilah yang memiliki khasiat baik untuk kesehatan rambut. Cara pembuatannya untuk mengambil minyaknya juga mudah. Ambil beberapa kemiri atau secukupnya sangrai hingga kecokelatan. Setelah itu haluskan kemiri tadi hingga halus atau hingga mengeluarkan minyak. Ambil minyak yang keluar tadi lalu oleskan ke kulit kepala hingga ujung rambut anda sambil dipijat-pijat agar cepat meresap. Biarkan hingga 15-20 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

Itulah bahan-bahan alami yang sudah terkenal sebagai bahan penguat rambut. Cukup mudah bukan cara mendapatkan bahan dan cara penggunaannya. Tentu saja bahan ini lebih hemat dan lebih aman juga. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Gunakan perawatan ini minimal setiap dua minggu sekali untuk hasil yang memuaskan. Sekian tips ini semoga bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba!

Cara Menguatkan Rambut Secara Alami | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply