Cara Mengobati Sakit Pinggang

sakit pinggang

Sakit pinggan bisa diobati dengan ramuan tradisional.

Cara Mengobati Sakit Pinggang – Kesehatan menjadi hal yang sangat mahal harganya, untuk itu kita harus senantiasa menjadi tubuh agar selalu sehat. Ada cukup banyak jenis penyakit yang bisa menyerang manusia, diantaranya adalah penyakit yang disebabkan oleh sikap atau perilaku yang tak sehat, misalkan saja adalah sakit pinggang. Penyakit yang satu ini tak hanya menyerang orang tua saja, melainkan juga anak-anak dan juga remaja, penyebabnya cukup beragam, diantaranya adalah posisi duduk atau juga tidur yang salah.

Penyebab Sakit Pinggang

Namun meskipun tergolong sebagai penyakit yang wajar dan umum jangan menyepelekan penyakit pinggang karena bisa menjadi awal penyakit berbahaya lainnya. biasanya tanda-tanda dari penyakit ini adalah merasakan ketegangan otot pada saat melakukan aktivitas, baik itu jenis aktivitas biasa atau juga aktivitas berat seperti mengangkat beban. Nah berikut ini beberapa penyebab dari sakit pinggang, yaitu:

Faktor usia, mereka yang sudah tua tentunya berbeda dengan yang masih muda, berbagai macam masalah kesehatan sangat rentan menjangkiti, salah satunya adalah bagian sendiri yang sudah tak seaktif dulu, sedikit saja gerakan salah maka berakibat buruk pada tulang mereka.

Pengapuran atau yang lebih dikenal dengan osteoporosis merupakan hal yang sangat umum dialami oleh manusia di usia senja, apalagi oleh wanita, keadaan ini dappat Mengakibatkan jepitan yang terjadi pada syaraf belakang sehingga menimbulkan rasa yang sakit.

Sering menggunakan sepatu hak tinggi, hal ini jika terus dilakukan ternyata berdampak buruk pada postur tubuh, beberapa tekanan bisa terjadi pada ruas-ruas tulang belakang dan menyebabkan rasa sakit.

Otot tegang. Kecelakaan pada saat melakukan olahraga karena kurang melakukan pemanasan sehingga otot-otot tubuh menjadi tegang.

Salah gerak, saat kita terlalu lama dalam posisi yang sama kemudian dengan tiba-tiba melakukan gerakan yang keras otomatis bagian tubuh seperti pinggang belum sempat untuk meresponnya sehingga memicu rasa sakit.

Penggunaan alas tidur yang tak rata, khususnya jika Anda memiliki kebiasaan menggunakan bantal pada pinggang saat tidur, jika berlangsung secara terus-menerus dapat menyebabkan postur tulang belakang berubah dan memicu rasa sakit.

Melihat dari penyebabnya tersebut sakit pinggang memang terlihat hanya dialami oleh orang-orang yang sudah tua saja, namun pada kenyataannya anak-anak juga bisa terkenal hal tersebut, karena salah melakukan gerakan atau mungkin posisi sehari-hari seperti tidur dan juga duduk yang salah sehingga bagian syaraf belakang terjepit dan mengakibatkan rasa sakit.

Obat Sakit Pinggang Tradisional

Meski mungkin tidak terlalu berbahaya, namun jika dibiarkan sakit pinggang akan sangat mengganggu. Terutama bagi mereka yang kesehariannya harus melakukan pekerjaan berat. Untuk itu, berikut ini saya rangkum beberapa cara mengobati sakit pinggang dengan ramuan tradisional.

1. Daun Landep

Daun landep biasa ditemukan pada ramuan tradisional untuk mengobati sakit gigi dan juga gusi bengkak/berdarah. Namun, perlu dketahui, daunlandep juga efektif untuk menghilangkan nyeri pinggang, rematik dan sakit kepala. Ambil segenggam daun landep segar, kemudian dicuci bersih dan ditumbuk hingga halus. Tambahkan air kapur sirih secukupnya, kemudian aduk hingga tercampur rata. Oleskan ramuan tersebut pada pinggang yang sakit.

2. Daun Kumis Kucing

Sebelumnya saya sudah pernah merangkun manfaat tanaman kumis kucing pada artikel terdahulu. Salah satu khasiatnya adalah mengatasi sakit pinggang. Caranya, ambil 7 lembar daun kumsi kucing dan akar tanaman kumis kucing secukupnya. Bersihkan, kemudian direbus dalam segelas air hingga mendidih. Biarkan selama semalam, dam minum apda esok paginya.

3. Akar Beluntas

Selain digunakan sebagai ramuan tradisional untuk menghilangkan bau mulut dan bau badan, tanaman beluntas juga dipakai sebagai obat untuk menghilangkan sakit pinggang. Namun bagian tanaman yang digunakan adalah akarnya. Bahan-bahannya adalah 1 akar beluntas, 1 ibu jari kencur, 1 ibu jari temulawak, dan 1 ibu jari kunyit direbus dengan 1 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Setelah dingin, airnya disaring lalu diminum sekaligus.

4. Jahe Merah

Di dalam jahe merah terdapat senyawa gingerol, zingeron, dan shogaol yang efektif untuk mengatasi rasa nyeri. Karena itu, rimpang yang satu ini biasa dijadikan obat pereda nyeri. Ambil 25 gram jahe merah, 25 gram temu hitam, 30 gram akar sawi langit, dan 30 gram daun dewa, cusi bersih. Semua bahan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa setengahnya.

5. Buah angco

Buah angco sangat mirip dengan buah kurma. Karena itu sering dinamakan sebagai kurma China. Salah satu khasiat dari buah ini adalah mengatasi sakit pinggang. Caranya rebus 10 butir buah angco, 3 butir buah sun boi, 15 gram akar bawang merah segar, dan 25 gram jahe merah dalam 600cc air hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Airnya disaring lalu diminum selagi hangat.

Advertisement

6. Daun Bakung

Daun bakung digunakan sebagai obat luar untuk meredakan nyeri pinggang. Bakung sendiri biasa ditanam di halaman rumah sebagai bunga hias. Ambil beberapa helai daun bakung lalu diolesi dengan minyak kelapa. Panggang di atas api hingga layu. Tempelkan pada pinggang yang sakit.

7. Akar Alang-alang

Alang-alang atau ilalang, telah berubah status dari hanya sekedar gulma menjadi saah satu tanaman berkhasiat untuk pengobatan. Salah satu khasiatnya adalah meredakan sakit pinggang. Ambil akar alang-alang secukupnya, lalu dibersihkan. Rebus dengan air hingga mendidih, saring airnya dan diminum saat agak dingin.

8. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat istimewa. Selain menambah rasa dan aroma masakan, bawang putih juga sangat berkhasiat untuk kesehatan. Dalam dunia pengobatan herbal, bawang putih kerap dijadikan sebagai obat tradisional untuk sakit pinggang. Siapkan 120 gram jahe merah, 150 gram bawang putih, dan bubuk cabai secukupnya. Semua bahan direndam dengan alkohol 75% secukupnya selama 14 hari. Cara ini cocok untuk yang mempunyai penyakit sakit pinggang kambuhan, karena harus disiapkan jauh-jauh hari.

9. Buah Takokak

Takokak adalah nama buah yang sangat mirip dengan leunca atau ranti. Hanya saja warnanya lebih terang dan kulitnya agak keras. Berbeda dengan ramti yang cenderung kenyal. Dipadukan dengan bahan-bahan berkhasiat lain, takokak bisa dijadikan sebagai obat sakit pinggang tradisional. Sediakan 100 gram buah takokak, 30 gram rambut jagung, 20 gram jahe merah segar, 10 gram adas direbus dengan 600 cc air hingga tersisa setengahnya. Kemudian airnya disaring, lalu diminum selagi masih hangat.

10. Daun Sirsak

Beberapa tahun belakangan ini, daun sirsak menjadi perbincangan karena khasiatnya yang dianggap mampu mengatasi sel kanker. Namun, jauh sebelum itu, ternyata nenek moyang kita telah memanfaatkannya sebagai obat tradisional unuk mengatasi sakit pinggang. Rebus 20 lembar daun sirsak dengan 5 gelas air sampai tersisa setengahnya. Minum air rebusan daun sirsak tersebut setiap hari dengan dosis 3/4 gelas sekali minum.

11. Daun Kecubung

Kecubung merupakan salah satu tanaman yang keberadaannya harus dijauhkan dari anak-anak. Sebab, bunganya mengandung racun yang jika termakan bisa menyebabkan orang yang mengkonsumsinya berhalusinasi, seperti orang teller. Namun, ternyata daun tanaman ini bisa juga dijadikan sebagai obat. Haluskan 4 lembar daun kecubung, kemudian tambahkan kapur sirih secukpnya hingga membentuk sebuah adonan. Adonan tersebut dijadikan sebagai param untuk ditempelkan pada pinggang yang sakit.

12. Daun Pinang

Biji buah pinang sering dimanfaatkan oleh orang-orang tua di kampung sebagai salah satu bahan untuk ramuan makan sirih. Nah, daunnya bisa digunakan untuk mengobati sakit pinggang. Ambil daun pinang yang masih muda, kemudian dihaluskan. Tambahkan sedikit minyak kelapa, lalu panaskan. Balurkan ramuan tersebut pada bagian pinggang yang sakit.

Makanan Penyebab Sakit Pinggang

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit pinggang tersebut, salah satunya adalah dengan menghindari konsumsi jenis makanan-makanan tertentu yang tak baik bagi tulang karena banyak mengandung zat purin. Zat yang juga dapat memicu timbulnya asam urat pada manusia, berikut ini beberapa diantaranya:

Kacang-kacangan, makanan ini selain mengandung vitamin E yang cukup tinggi kandungan zat purin yang ada di dalamnya juga berlimpah sehingga sangat tidak dianjurkan bagi mereka yang memiliki masalah dengan rasa nyeri pada tubuh, baik itu asam urat atau yang lainnya. tak hanya kacang saja melainkan juga aneka olahan dari bahan tersebut.

Jeroan, makanan yang juga dikenal dengan organ-organ hewan ini memang cukup enak, namun selain kaya akan zat purin ternyata juga dapat memicu penyakit berbahaya yang lainnya.

Daging merah, termasuk di dalamnya adalah daging sapi, kerbau dan juga daging kambing

Makanan Kaleng, segala jenis makanan yang dikalengkan memang tak baik bagi tubuh, selain kandungan vitamin san gizi yang ada di dalamnya sudah hilang juga karena banyak bahan pengawet yang digunakan.

Santan, baik itu konsumsi santan secara langsung atau olahan yang mengandung santan tak baik bagi mereka yang memiliki sakit pinggang.

Alkohol, jangan salah karena minuman seperti alkohol ternyata mengandung zat purin yang cukup banyak di dalamnya.

Durian, selain memiliki wangi yang menggugah selera rasanya juga sangat enak, namun tak dianjurkan bagi Anda yang memiliki masalah dengan kesehatan tulang.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang

Nah selain dengan menghindari atau meminimalisir jenis makanan tersebut, berikut ini juga ada beberapa cara untuk mengatasi sakit pinggang Anda, yaitu:

  1. Usahakan untuk selalu melakukan pemanasan atau peregangan terlebih dahulu sebelum berolahraga, cara yang satu ini berguna untuk membuat otot-otot tubuh menjadi lentur dan siap untuk jenis aktivitas yang jauh lebih berat lainnya.
  2. Usahakan untuk selalu berposisi baik saat duduk dan juga berdiri, hindari untuk membungkuk karena hal ini jika sudah menjadi kebiasaan akan membuat postur tulang belakang menjadi berubah.
  3. Jika sedang melakukan aktivitas berat seperti olahraga atau jalan-jalan maka selingilah dengan duduk dan istirahat agar bagian tubuh seperti pinggang tak terlalu tegang.
  4. Utamakan untuk menerapkan gaya hidup yang sehat seperti dengan melakukan olahraga secara teratur dan juga mengonsumsi makanan yang sehat.
  5. Hindari mengonsumsi makanan yang menjadi pantangan tersebut, selain dapat mencegah dari sakit pinggang juga dapat mencegah dari asam urat.

Sebenarnya cukup mudah untuk menjaga kesehatan tubuh dari jenis penyakit sederhana tersebut, namun sering kali manusia meremehkannya, baru setelah mengalami hal serupa mencari obat yang telah untuk meredakan sakit pinggang tersebut. Namun sebelum menggunakan obat yang banyak dijual di pasaran tersebut alangkah baiknya mencoba cara alaminya, tanpa resiko efek samping dan juga aman untuk siapa saja. Tetap terapkan posisi tubuh yang seimbang dan hindari beberapa pantangan tersebut untuk menjaga agar sakit pinggang tak kambuh lagi.

Cara Mengobati Sakit Pinggang | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply