Cara Mengobati Sakit Perut

sakit perut

Sakit perut bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Cara Mengobati Sakit Perut – Sakit perut sudah pasti akan membuat mood sekaligus tubuh terasa tidak lagi fit. Alhasil, Anda dapat merasa sangat lemas serta tidak bergairah. Terlebih lagi jika sakit perut yang Anda rasakan sampai ke rasa melilit yang sangat. Ketika sakit perut, tentu saja disarankan bagi Anda untuk menghindari atau mengonsumsi sejumlah makanan tertentu.

Cara Mengobati Sakit Perut

Berikut ini merupakan 9 makanan yang akan secara alami mengobati sakit perut biasa hingga pada rasa melilit yang Anda rasakan.

Jus Wortel

Salah satu cara yang efektif untuk membantu Anda dalam menyingkirkan rasa sakit di perut adalah dengan mengonsumsi atau minum jus wortel. Anda juga boleh menambahkan beberapa helai daun mint ke dalam jus wortel yang sudah Anda buat tersebut. Obat tradisional yang satu ini akan sangat membantu Anda untuk dapat menenangkan sakit perut. Tentu saja karena rasanya yang nikmat dari campuran jus ini akan membuat Anda untuk dengan senang hati menyembuhkan sakit perut tanpa perlu lagi merasa tersiksa dengan obat yang berasa pahit maupun rasa kantuk yang umumnya Anda temukan dari obat-obatan kimia untuk sakit perut di pasaran.

Yogurt

Sifat prebiotik yang terdapat di dalam yogurt menjadikannya masuk sebagai salah satu pilihan yang dapat dijadikan sebagai obat alami untuk mengobati atau mengatasi sakit perut. Yogurt akan sangat membantu Anda dalam menyembuhkan rasa tidak nyaman pada perut. Selain itu yogurt juga akan membantu meningkatkan sistem imun atau kekebalan dalam tubuh. Anda dapat mengonsumsi satu jenis makanan ini setiap hari untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda.

Cuka Sari Apel

Sering mengonsumsi apel sebagai buah pencuci mulut? Bagaimana dengan cuka sari apel? Ternyata cuka sari apel dapat membantu Anda untuk mengatasi sakit perut. Caranya yaitu dengan meminum satu cangkir air hangat beserta madu yang dicampur bersama cuka sari apel. Untuk takaran cuka sari apel yang dapat Anda gunakan cukup satu sendok makan saja. Campuran minuman ini akan sangat membantu Anda di dalam melancarkan pencernaan sekaligus mengurangi kram dan juga gas-gas di dalam perut Anda.

Oat

Apakah sakit perut yang Anda rasakan terlalu melilit hingga membuat Anda sulit melakukan aktivitas atau bahkan hanya sekedar bergerak? Jika Anda merasakan sakit perut yang demikian, maka cobalah untuk mengonsumsi semangkuk oat atau gandum hangat yang ditambah dengan susu. Makanan ini dikenal kaya akan serat sehingga baik digunakan untuk mengatasi serta menyembuhkan sakit perut. Bukan hanya baik untuk menyembuhkan sakit perut, akan tetapi oat juga baik dimanfaatkan ketika Anda sedang menjalani program diet. Terutama jika Anda mengonsumsinya sebagai pengganti dari menu sarapan yang biasanya berisi nasi atau makanan padat yang lainnya.

Pepaya

Siapa yang tidak menyukai buah berdaging orange kemerahan dan berasa manis ini? Seperti banyak penelitian yang menyatakan bahwa pepaya merupakan sahabat terbaik bagi pencernaan. Maka dari itu pepaya juga menjadi buah atau makanan yang baik dikonsumsi sebagai obat alami yang efektif di dalam membantu mengatasi sakit perut. Hal ini dikarenakan adanya enzim pencernaan secara alami yang disebut dengan papain. Enzim yang satu ini bermanfaat untuk memecah makanan yang dapat mengiritasi lambung. Pepaya juga dikenal sebagai sahabat terbaik yang akan membantu Anda dalam menjaga kesehatan pencernaan.

Teh Jahe

Teh hangat yang dicampur dengan jahe nyatanya bermanfaat untuk membantu menenangkan sakit perut yang Anda rasakan. Obat alami ini menjadi pilihan metode tradisional untuk menyembuhkan sakit perut sekaligus juga membantu mengurangi gemuruh serta rasa gelisah yang terasa di bagian dalam perut. Seperti yang sudah banyak diketahui, sakit perut seringkali menimbulkan suara seperti halnya gemuruh di dalam perut serta memicu timbulnya rasa gelisah.

Pisang

Buah dengan kulit berwarna kuning ini menjadi salah satu makanan yang terbaik dalam membantu mengatasi sekaligus menyembuhkan sakit perut. Pisang sendiri juga bermanfaat membantu proses penyembuhan diare. Tingkat elektrolit dan juga kalium yang dapat ditemukan dalam pisang berguna untuk membantu memerangi dehidrasi yang menyerang tubuh. Terutama ketika mengalami diare di dalam kurun waktu selama berhari-hari. Siap menjadikan pisang sebagai buah yang wajib dikonsumsi setiap hari untuk membantu memenuhi kebutuhan elektrolit dan kalium bagi tubuh sekaligus untuk melancarkan pencernaan?

Air Kelapa

Advertisement

Air kelapa yang sering dinikmati karena rasanya yang sangat segar, terutama ketika dinikmati ketika siang hari yang terik ternyata juga bermanfaat membantu menyembuhkan sakit perut. Kandungan di dalam air kelapa yang salah satunya adalah gula alami bermanfaat membantu untuk memberi kalori dan juga elektrolit. Sebagai contohnya adalah kandungan kalium yang terdapat di dalam air kelapa akan mendetoks perut. Sehingga berbagai macam penyebab sakit perut itu sendiri dapat dibuang ke luar perut dan meredakan rasa sakit berlebihan.

Apel

Bukan hanya cuka yang berasal dari sari apel saja yang dapat membantu menyembuhkan sakit perut. Akan tetapi apel itu sendiri dapat dikonsumsi untuk mengatasi sakit perut. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengonsumsi satu buah apel setiap hari untuk membantu menjauhkan Anda dari gangguan pencernaan sekaligus berbagai resiko penyakit yang lainnya. Hal ini tentu saja karena apel kaya akan kandungan serat lafrut yang baik bagi pencernaan. Bahkan apel juga mengandung pektin serta enzim yang lainnya, sehingga akan sangat membantu di dalam memecah serta menyingkirkan partikel-partikel makanan di perut dan tubuh.

Obat Sakit Perut Tradisional

Meski saat ini pengobatan secara medis telah banyak dan akses mudah, namun tetap saja pengobatan alternatif menggunakan bahan-bahan alami masih diminati. Selain dianggap lebih aman, juga kebanyakan gratis karena bahan-bahannya sudah tersedia di lingkungan sekitar.

Kencur

Kencur merupakan salah satu bumbu masak yang dapat dijadikan sebagai obat tradisional. Dalam bahasa sunda, bumbu masak yang satu ini disebut dengan nama cikur. Dan merupakan bahan uatama dari minuman berkhasiat, beras kencur. Tentunya juga berkhasiat dalam mengobati sakit perut. Cuci sepotong kencur sebesar ibu jari, kemudian diparut dan tambahkan 2 sendok makan air matang. Peras airnya lalu diminum 1 kali sehari.

Daun Cincau

Daun cincau biasanya dimanfaatkan sebagai campuran minuman tradisional, es cincau. Namun, selain digunakan sebagai bahan minuman, cincau juga berkhasiat untuk mengobati penyakit, diantaranya sakit perut, tekanan darah tinggi, keracunan makan udang dan juga meredakan demam. Daun diremas-remas dengan air sampai air menjadi hijau, biarkan menjadi seperti agar-agar dan diminum bersama gula jawa.

Pegagan/Kaki Kuda

Tanaman pegagan yang disebut juga sebagai kaki kudadapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan disentri, sakit perut, radang usus, batuk, sariawan (obat kumur) dan sebagai peluruh air seni. Caranya, ambil beberapa genggam daun pegagan lalu dijemur hingga benar-benar kering. Ambil daunnya yang sudah kering kemudian direbus selama 15 menit. Air rebusannya disaring lalu diminum.

Daun Landep

Mungkin banyak yang mengira landep adalah tanaman rumput yang tak berguna. Namun ternyata, sejak dulu landep sudah dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit. Diantaranya, demam, sakit perut dan anyang-anyangan. Sebanyak 1 genggam daun landep segar dicuci lalu diseduh dengan 1 gelas air panas. Setelah dingin airnya disaring, lalu diminum.

Daun Beluntas

Daun tanaman beluntas sekilas mirip dengan daun kemangi, namun tidak menyebarkan aroma wangi yang sama. Daun beluntas biasa dimanfaatkan sebagai obat tradisional, yaitu untuk mengobati sakit kepala. Sediakan 20 helai daun beluntas, dicuci bersih lalu diremas-remas sampai hancur. Seduh dengan segelas air panas sambil diberi sedikit asam jawa dan garam, lalu disaring. Airnya diminum selagi masih hangat 2 kali sehari.

Akar pule pandak

Untuk mengobati sakit peurt, cobalah ramuan yang terbuat dari akar pule pandak karena khasiatnya sudah terbukti dan gampang cara pembuatannya. Akar pule pandak sebelumnya harus dikeringkan terlebih dahulu. Kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusan akar pule pandak tersebut. Selain dapat mengobati sakit perut, ramuan ini juga berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan.

Bangle/Panglai

Bangle atau disebut panglai dalam bahasa Sunda merupakan rimpang sejenis lengkuas dan jahe. Berbeda dengan lengkuas dan jahe yang sudah banyak dibudidayakan, bangle ini masih tumbuh secara liar. Hal ini dikarenakan manfaat bangle hanya sebagai bahan untuk ramuan tradisional. Tidak digunakan sebagai bumbu masak. Untuk mengatasi sakit perut, rebus beberapa lembar daun bangle dalam air mendidih bersama merica selama 15 menit. Kemudian airnya disaring dan diminum.

Tanaman Adas

Adas atau hades banyak ditemukan di daerah pegunungan yang berhawa sejuk. Meski tidak dikenal secara luas, namun adas sudah lama digunakan sebagai bahan baku pembuatan obat tradisional. Khasiatnya antara lain mengobati sakit perut, menyembuhkan diare, mual dan perut kembung. Untuk membuat ramuan berkhasiat tersebut, siapkan 3 sendok teh adas, 5 pucuk daun jambu biji, dan 10 cm pulasari. Semua bahan dicuci bersih lalu dimemarkan. Rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring airnya, lalu diminum 2 kali sehari tiap pagi dan malam sebelum tidur.

Oke, itu beberapa cara mengobati sakit perut dengan menggunakan ramuan tradisional yang terbuat dari bahan-bahan herbal alami. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan Anda mengenai dunia pengobatan tradisi yang telah diturunkan oleh nenek moyang kita dari generasi ke generasi selanjutnya.

Cara Mengobati Sakit Perut | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply