Cara Mengobati Sakit Maag

Sakit maag

Penyakit Maag alias Tukak Lambung/Gastritis (Gambar: tvazteca.com)

Cara Mengobati Penyakit Maag Secara Alami – Manusia tersusun atas beberapa organ yang kemudian bekerja secara kesatuan untuk membentuk suatu sistem. Saat salah satu bagian mengalami masalah tentunya akan sangat berdampak pada bagian yang lainnya. Untuk itu kemudian sangat penting bagi kita semua menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Salah satu masalah umum yang sering dialami oleh manusia adalah karena gaya hidup yang tak sehat. Penyebabnya bisa jadi karena konsumsi kanan yang salah atau juga karena pola makan yang tak teratur. Hal ini sering kami memicu masalah kesehatan yang paling awal bagi manusia, baik itu anak-anak maupun orang dewasa.

Sulit sekali menjaga pola makan dan mengonsumsi makanan secara teratur, jangan salah karena kodrat manusia sebagai makhluk hidup maka salah satu kebutuhan pokok yang wajib untuk dipenuhi adalah makan. Mengingat dengan makan ada sumber nutrisi yang dapat digunakan untuk membangun dan menghasilkan energi. Jika tidak lalu dari mana sumber energi tersebut berasal. Bahkan dengan jarang konsumsi makanan juga dapat menyebabkan masalah pada organ lambung yang memicu timbulnya penyakit maag. Cukup banyak yang mengalami hal tersebut bahkan hingga maag kronis sekalipun.

Obat Sakit Maag Tradisional

Maag sendiri merupakan suatu kondisi dimana asam lambung naik secara tinggi. Hal ini menyebabkan rasa perih pada organ tersebut, apalagi yang tak ada isinya. Selain rasa sakit juga ada rasa perih dan mual yang menyertainya. Jika banyak lelaki yang mengalaminya tak heran jika banyak obat maag yang dijual di pasaran, namun sebelum itu juga perlu diketahui bahwa konsumsi secara terus menerus dapat menyebabkan Anda mengalami ketergantungan. Akan lebih baik menggunakan yang alami untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi maag, yaitu:

1. Kunyit

Kunyit sendiri merupakan salah satu bumbu dapur yang bisa dengan mudah di temui, kandungan bermanfaat didalamnya diantaranya adalah kurkumin dan kurkuminoid, bahan-bahan tersebut secara efektif dapat meredakan gejala maag. Cara mengonsumsinya cukup mudah yaitu dengan membuat sari dari kunyit tersebut dan mengonsumsi secara teratur, cukup efektif untuk meredakan rasa perih di lambung.

2. Pisang raja

Semua jenis pisang memang banyak kandungan gizinya, namun hanya pisang raja yang kaya akan pektin, pektin ini adalah suatu zat yang dapat melindungi selaput lendir yang ada dalam lambung. Mengingat selaput tersebutlah yang berhubungan dengan asam lambung secara langsung jadi sangat mudah terkikis, jika sudah menipis maka akan menyebabkan rasa perih jika HCL diproduksi dalam jumlah yang berlebih.

3. Lidah buaya

Bukan lidah buaya yang sebenarnya, namun tanaman yang biasanya juga difungsikan sebagai hiasan di taman-taman rumah. Tanaman tersebut selain dapat menjaga kesuburan rambut juga efektif untuk mengatasi masalah lambung seperti maag, caranya cukup mudah yaitu dengan merebusnya dengan air dan mengonsumsi air rebusan tersebut.

4. Kacang hijau

Anda yang gemar mengonsumsi aneka olahan dari kacang tersebut berarti juga dapat menjaga kesehatan organ lambung, mengingat kandungan yang ada di dalamnya cukup efektif dapat mencegah maag. Namun bagi yang sudah terlanjur terkena penyakit maag juga tak perlu khawatir. Cukup dengan menghaluskannya dan mencampur dengan air kemudian diminum. Paling tidak lakukan pengobatan ini 3 kali dalam sehari dengan dosis 1 sendok makan tiap konsumsinya.

5. Temulawak

Sama seperti kunyit, temulawak merupakan salah satu bahan untuk pengobatan tradisional yang kaya khasiat. Bisa dibaca dalam artikel tentang khasiat temulawak. Untuk mengobati sakit maag, ambil 1 rimpang temulawak kemudian diiris tipit-tipis. Rebus dengan 7 gelas air hingga mendidih. Setelah dingin airnya disaring dan diminum sekali sehari sebanyak 1 gelas.

6. Biji pala

Pala merupakan salah satu bumbu dapur yang berkhasiat bagi kesehatan, salah satunya mengobati sakit maag alias tukak lambung. Ambil 1 gram serbuk biji pala dan 6 gram serbuk buah pisang batu, kemudian diseduh dengan 100 ml air panas. Aduk dan minum air ramuan tersebut selagi masih hangat. Ulangi pengobatan tersebut sevara rutin.

7. Daun jambu biji

Salah satu manfaat buah jambu biji adalah untuk mengobati sariawan karena kandungan vitamin c-nya yang tinggi. Namun bukan hanya buahnya, daun jambu biji juga bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi sakit maag. Caranya mudah, sediakan 8 lembar daun jambu biji kemudian direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum 3 kali sehari.

Advertisement

8. Daun salam

Selain dapat digunakan sebagai bumbu masak, daun salam juga ampuh untuk menyembuhkan penyakit maag. Sediakan 20 lembar daun salam segar, kemudian direbus dengan 1/2 liter air sampai mendidih. Minum air rebusan daun salam tersebut setiap hari sampai rasa perih dan kembung dalam perut hilang. Tambahkan gula batu secukupnya, agar rasanya tidak terlalu kesat.

9. Daun keji beling

Tanaman keji beling biasanya dijadikan sebagai pagar pembatas kebun di perkampungan. Namun siapa sangka, tanaman pagar ini mempunyai khasiat untuk mengobati sakit maag. Ambil daun keji beling yang segar sebanyak 3-5 lembar, kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Minum air rebusannya lalu makan daunnya sebagai lalapan.

10. Daun alpukat kering

Manfaat buah alpukat untuk kesehatan tidak erlu diragukan lagi, sebab kandungan nutrisinya begitu melimpah. Namun, perlu anda tahu bahwa daun alpukat juga memiliki khasiat tak kalah hebat. Salah satunya sebagai obat tradisional untuk mengatasi penyakit maag. Caranya, ambil beberapa lembar daun alpukat kering kemudian dirajang kasar. Ambil 1 sendok rajangan daun alpukat tersebur kemudian diseduh dengan segelas air panas. Minum air tersebut selagi hangat.

11. Akar daruju kering

Mungkin tak banyak yang tahu seperti apa tanaman daruju. Anda bisa menanyakannya di pasar tradidional yang menjual bahan untuk obat-obatan tradisional. Untuk mengobati sakit maag, rebus 30-60 gram akar daruju kering dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Biarkan hingga dingin, lalu saring airnya dan diminum.

12. Akar bunga matahari

Sediakan 30 gram akar bunga matahari, 10 gram adas, 10 gram biji ketumbar, 5 butir kapulaga, dan 500cc air. Rebus semua bahan tersebut hingga airnya tersisa kira-kira 200cc saja. Saring airnya dan minum sekaligus selagi hangat. Lakukan pengobatan ini secara rutin 1 kali sehari.

13. Bangle, jahe, kencur, dan lempuyang

Ramuan tradisional obat sakit maag ini dibuat oleh nenek moyang kita. Caranya sediakan 1/2 ruas jari bangle, jahe, kencur dan lempuyang. Semua bahan dicuci bersih kemudian diiris tipis. Rebus dalam 5 gelas air hingga tersisa kira-kira 2 gelas. Saring airnya dan minum 2 kali sehari sebelum makan.

14. Jeruk nipis peras (Jeniper)

Salah satu manfaat jeruk nipis untuk kesehatan adalah bisa mengobati sakit maag dan asam lambung. Caranya ambil satu buah jeruk nipis kemudian belah dua. Ambil satu bagian dan peras jeruk nipis tersebut ke dalam 1 gelas air hangat. Tambahkan beberapa tetes madu, aduk lalu minum selagi hangat. Lakukan pengobatan ini pada pagi hari setelah bangun tidur, sebelum makan. Ingat, gunakan air hangat, jangan air dingin.

15. Susu kambing

Selama ini kita mungkin hanya sekedar mengenal susu yang berasal dari sapi saja, bukan kambing, adapun mungkin bukan untuk dikonsumsi melainkan digunakan sebagai bahan untuk kecantikan seperti sabun, masker, lulur atau juga body lotion. Padahal manfaatnya sangat bagus juga untuk mengatasi sakit maag, cukup dengan mengonsumsinya dalam keadaan yang segar secara teratur, bisa dikonsumsi saat gejala maag tersebut mulai terasa.

Bagaimana, mudah dan pastinya tak memakan banyak biaya bukan. Kapanpun gejala maag mulai terasa maka Anda bisa mengatasinya dengan bahan-bahan tersebut. Namun sangat penting untuk diperhatikan adalah dosisnya, jangan sampai berlebihan. Penyakit maag memang menjadi masalah yang sering kali dialami masyarakat dengan pola makan yang tak teratur, namun juga jangan disepelekan karena akibat jangka panjangnya jauh berbahaya, selain dapat merusak lambung ternyata juga dapat merusak organ di sekitarnya seperti hati.

Cara Mencegah Penyakit Maag

Dibandingkan dengan mengobati tentunya jauh lebih baik mencegah, berikut ini juga ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mencegah a gar maag tak sampai menjangkiti, yaitu:

  1. Jaga pola makan, siapapun itu baik yang memiliki berat badan kurus atau juga yang berlebih, diet memang penting untuk menurunkan berat badan anda, namun juga harus diketahui bahwa tubuh membutuhkan asupan nutrisi untuk menjadikannya sebagai energi.
  2. Hindari konsumsi makanan yang banyak mengandung asam atau terlalu pedas, jenis makanan tersebut juga dapat memicu meningkatnya produksi asam lambung dalam tubuh.
  3. Hindari stress, selain karena faktor makanan masalah lainnya yang dapat meningkatkan produksi asam lambung adalah karena stress, terlalu banyak pekerjaan atau masalah dapat menyebabkan seseorang rentan menderita maag.
  4. Rajin olahraga, olahraga memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan, salah satunya adalah untuk mengoptimalkan penyerapan zat-zat gizi dalam tubuh.
  5. Hindari rokok dan juga alkohol, dua bahan tersebut jika sudah dipertemukan maka berdampak buruk pada organ tubuh, diantaranya dapat merusak lambung secara berkala, tak hanya resiko maag, kanker juga sangat rentan menghantui Anda.

Terapkan pola hidup sehat dengan hal-hal tersebut untuk membebaskan tubuh dari penyakit maag, namun jika masih saja terjangkiti ada banyak solusi alami untuk mengatasinya.

Cara Mengobati Sakit Maag | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply