Cara Mengobati Sakit Kepala

sakit kepala

Pria sakit kepala (gambar:

Cara Mengobati Sakit Kepala – Setiap orang pasti pernah mengalami penyakit yang satu ini, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Lokasi sakit kepala bisa berada di tengah (pusat), samping kanan-kiri, sakit kepala sebelah dan di bagian belakang. Dan sebagian diantaranya menyepelekan hal ini. Padahal bisa jadi penyebab dari penyakit tersebut merupakan hal yang berbahaya, seperti misalnya kanker atau juga tumor otak. Selama ini setiap orang memang selalu menginginkan kesehatan dalam hidupnya, karena dibandingkan dengan apapun kesehatan jauh lebih mahal harganya, bahkan tak bisa dinilai dengan materi. Tak hanya ingin terhindar dari penyakit berbahaya saja, melainkan juga penyakit ringan seperti sakit kepala sekalipun. Karena melakukan aktivitas dengan kondisi kepala yang tengah sakit juga tak efektif.

Penyebab Sakit Kepala

Sebagai bagian tubuh yang memang sangat vital bagi manusia kepala tak hanya berfungsi untuk menginderakan segala macam hal yang ada di sekitarnya saja, melainkan juga menjadi pusat koordinasi bagi tubuh, untuk berjalan dan juga menjaga keseimbangannya, jadi jika terjadi sesuatu yang salah pada bagian tersebut tentunya akan menganggu kinerja dari bagian tubuh yang lain. Berikut ini ada beberapa hal yang dapat menyebabkan sakit kepala, yaitu:

Benturan benda keras, ingat bahwa meskipun kepala manusia tersusun atas tulang tengkorak yang sangat keras untuk melindungi bagian otak, namun jika terbentur oleh benda yang keras tentunya tetap akan menyebabkan rasa sakit, apalagi jika sampai mengeluarkan darah.

Vertigo, masalah yang cukup umum dialami oleh masyarakat, vertigo ini sangat jauh berbeda dengan sakit kepala biasa yang biasanya disertai dengan gejala benda-benda yang ada disekitarnya terasa berputar, bisa dialami oleh siapa saja termasuk diantaranya adalah anak-anak.

Migrain, migrain sendiri dikenal dengan sakit kepala sebelah, yaitu kondisi yang menyebabkan kepala terasa berdenyut-denyut namun hanya di sebelah bagian saja, terkadang rasa sakitnya jauh lebih terasa dibandingkan sakit kepala keseluruhan.

Tumor otak, penyebab sakit kepala yang selanjutnya juga bisa karena ada tumor dalam otak, tentunya akan jauh lebih sakit dibandingkan dengan sakit kepala biasa, kondisi ini terkadang juga memiliki efek samping lain berupa rambut yang sering kali rontok.

Tekanan darah rendah, mereka yang menderita tekanan darah rendah sangat rentan terhadap rasa sakit kepala yang berlebih, bahkan dengan sedikit gerakan saja dapat memicu rasa sakit seperti vertigo.

Dehidrasi, selama ini kita hanya mengidentikkan dehidrasi sebagai keadaan dimana tubuh kekurangan cairan sehingga menjadi kurang fokus, namun lebih dari itu ternyata dehidrasi juga dapat menyebabkan sakit pada kepala.

Cara Mengobati Sakit Kepala

Agar tak sampai pada kondisi yang berbahaya maka sangat diwajibkan bagi Anda untuk selalu melakukan check up secara teratur, hal ini berguna untuk melihat kondisi organ-organ yang ada di dalam tubuh yang tidak terlihat secara kasat mata. Namun untuk sakit kepala yang umum atau biasa terjadi berikut ini ada beberapa cara mengatasinya secara alami, yaitu:

Konsumsi air putih, ternyata selain efektif sebagai detok alami untuk tubuh air putih juga dapat meredakan rasa sakit pada kepala, mengingat bisa jadi diagnosa lain menyatakan bahwa sakit kepala yang Anda alami disebabkan karena dehidrasi atau kekurangan cairan, untuk itu biasakan konsumsi air putih minimal 8 galas perharinya.

Kentang, jenis umbi-umbian tersebut juga dapat digunakan untuk mengatasi sakit kepala, namun yang disebabkan karena kekurangan elektrolit, utamanya adalah kalium. Kentang merupakan makanan yang banyak mengandung kalium di dalamnya, namun dengan proses memasak yang salah kandungan kalium tersebut juga bisa hilang, jadi disarankan untuk merebusnya saja.

Pisang, buah ini memang dikenal banyak mengandung zat gizi, selain ada potasium kandungan magnesium di dalamnya juga sangat tinggi, efektif untuk mengatasi sakit kepala khususnya adalah sakit kepala sebelah atau yang dikenal dengan migrain.

Es batu, bahan-bahan yang dingin memang cukup efektif mengurangi rasa nyeri, baik itu karena memar atau juga yang lainnya, salah satunya adalah sakit kepala, cukup dengan menggunakan es batu dengan handuk bersih kemudian tempelkan ada bagian yang sakit secara perlahan, namun jangan terlalu lama karena es batu juga dapat menyebabkan rasa linu.

Konsumsi makanan atau juga minuman yang mengandung mint, daun mint memberikan rasa yang cukup segar di mulut, selain banyak dijadikan sebagai bahan penyegar dalam minuman, juga banyak terkandung dalam makanan, bisa dicoba untuk meredakan sakit kepala.

Advertisement

Kopi, disatu sisi kopi memang memiliki dampak yang tak begitu baik bagi tubuh, namun disatu sisi kandungan yang ada di dalamnya juga cukup efektif untuk mengatasi sakit kepala, namun dengan catatan konsumsinya juga tak berlebihan.

Biji wijen, konsumsi biji wijen memang tak bisa dilakukan secara langsung, namun bisa dengan tambahan makanan-makanan yang lainnya, kandungan yang ada di dalam biji wijen tersebut adalah vitamin E, dimana kita mengetahui fungsinya yang sangat baik untuk menormalkan esterogen yang dapat mencegah migrain.

Mengonsumsi semangka, di satu sisi buah semangka memang cukup baik bagi mereka yang dilanda dehidrasi. Namun kurang begitu baik bagi mereka yang menderita tekanan darah rendah. Jadi perhatikan porsinya sebelum memakan buah yang satu ini.

Banyak konsumsi ikan, tak hanya enak, namun kandungan gizi yang ada di dalamnya juga cukup tinggi, apalagi jenis-jenis ikan tertentu seperti makarel dan juga salmon yang kaya akan omega 3, selain bermanfaat bagi kecerdasan otak anak, omega 3 juga efektif dalam meringankan rasa sakit pada kepala.

Ramuan Tradisional Obat Sakit Kepala

1. Jeruk Nipis

Khasiat jeruk nipis seperti tidak ada habisnya. Setelah digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan, sariawan, mengatasi jerawat, hingga mengobati keputihan, sekarang masih bisa juga digunakan untuk obat sakit kepala. Jadi, jika anda mengalami sakit kepala tiba-tiba, obat saja dengan air perasan jeruk nipis. Peras air jeruk nipis ke dalam segelas teh kental, beri garam. Minum sekaligus.

2. Daun Pegagan

Tanaman pegagan sering juga disebut kaki kuda karena bentuk daunnya yang mirip telapak kaki hewan tersebut. Sebagai tanaman rambat yang bisa tumbuh di mana saja di Indonesia, khasiat daun pegagan sebagai obat tradisional cukup berarti karena gampang ditemukan. Untuk mengatasi sakit kepala, ambil segenggam daun pegagan, 1/4 sendok jintan dicuci, rebus dengan segelas air sampai tinggal setengah. Saring airnya, beri 1 sendok madu kemudian diminum.

3. Daun Landep

Dalam artikel sebelumnya, kita menggunakan daun landep untuk mengobati sakit gigi dan juga menyembuhkan gusi bengkak. Untuk menghilangkan sakit kepala, ambil 1 genggam daun landep segar, dicuci lalu digiling halus. Tambahkan air kapur sirih secukupnya sambil diaduk merata sampai menjadi seperti bubur kental. Balurkan ke bagian kening. Ramuan ini juga dapat mengobati sakit pinggang dan rematik. Caranya, balurkan saja ke bagian tubuh yang sakit.

4. Bunga Melati

Bunga melati saat ini telah banyak diolah sebagai teh celup. Bukan tanpa alasan, karena khasiatnya yang bagus untuk kesehatan. Tanaman ini juga bisa kita gunakan untuk menghilangkan demam dan sakit kepala. Segenggam daun melati muda, 10 bunga melati dicuci, diremas-remas. Beri air dan aduk sampai menjadi bubur. Borehkan/balurkan ke kening dan dada penderita.

5. Kembang Sepatu

Bunga sepatu merupakan tanamn hias yang sering ditanam di halaman rumah atau sebagai pagar hidup. Di daerah jawa, mereka menyebutnya Woro-wari. Sementara masyarakat Sunda mengenalnya dengan sebutan Kembang Wera. Tanaman hias yang satu ini juga sering dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Diantaranya sakit panas, mengobati batuk, bronkhitis, sariawan, gonorhoea, gondokan dan sakit kepala. Ambil daunnya kemudian direbus selama 1/2 jam. Air rebusan tesebut digunakan sebagai kompress.

6. Sosor Bebek

Sosor bebek merupakan salah satu tanaman hias yang sering ditanam dalam pot. Siapa sangka bahwa tanaman ini juga bisa dijadikan sebagai obat tradisional, salah satunya menghilangkan sakit kepala. Jadi, jika Anda atau keluarga terserang sakit kepala, tidak perlu panik, ambil daun sosor bebek, lalu ditumbuk hingga halus, tempelkan pada kening.

7. Bawang Putih

Bawang putih juga dapat digunakan untuk meringankan sakit kepala. Caranya, ambil beberapa siung bawang putih, kupas dan hancurkan. Setelah itu borehkan/balurkan pada dahi/kening. Cara ini juga efektif untuk mengatasi demam pada anak.

8. Cabe Jawa

Siapa sangka, tanaman hias yang satu punya banyak manfaat bagi kesehatan. Seperti yang pernah dibahas dalam artikel manfaat cabe jawa untuk pengobatan, tanaman ini berkhasiat untuk mengobati batuk, pencernaan terganggu, bronkhitis, ayan, demam sehabis melahirkan, serta menguatkan paru-paru, lambung, sakit gigi, sakit ulu hati, muntah, diare, disentri, hidung berlendir, sakit kepala dan jantung. Buah cabe jawa yang dikeringkan dan dijadikan bubuk, lalu diseduh dengan air matang panas dan diminum.

Jadi sebelum mengonsumsi obat-obatan yang bisa jadi menyebabkan ketergantungan jangka panjang akan lebih baik dengan mencoba solusi alami tersebut.

Cara Mengobati Sakit Kepala | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply