Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Cepat

sakit gigi

Lebih baik sakit hati daripada sakit gigi (gambar: skanedmd.com)

Obat Sakit Gigi – Mungkin banyak orang yang berada di sekitar Anda mengalami hal ini. Sakit gigi ini memang cenderung sangat menyiksa. Bayangkan saja, hanya gigi yang sakit namun kepala menjadi ikut pusing, hingga susah makan, sulit berbicara dan sebagainya. Banyak penyebab sakit gigi ini, seperti gigi berlubang yang diakibatkan karena seringnya memakan makanan manis, hingga kebiasaan yang salah saat menyikat gigi. Gigi berlubang ini seringnya menyerang gigi geraham. Inilah hal yang menyebabkan kita sulit saat mengunyah makanan.

Cara Mengobati Sakit Gigi

Mungkin saat mengalami sakit gigi, Anda sering membawanya langsung ke dokter. Namun Anda bisa mencoba bahan alami yang mampu menyembuhkan gigi Anda.

1. Garam

Salah satu bahan dapur yang pasti ada di rumah Anda ini bisa Anda jadikan sebagai obat alami. Perlu Anda ketahui, bila dari dulu bahkan hingga sekarang garam ini dianggap menjadi obat yang begitu manjur untuk mengatasi sakit gigi Anda. mengapa bisa begitu manjur? Hal ini disebabkan karena kandungan yodium yang berada di garam mampu menghilangkan rasa sakit dikarenakan sakit gigi. Cara meramunya dengan memasukkan sedikit garam ke air hangat. Setelah itu, Anda bisa berkumur menggunakan air tersebut.

2. Jeruk nipis

Buah ini sangat mudah Anda dapatkan. Jeruk ini mampu menjadi obat dari sakit gigi yang mengalami pelubangan. Obat alami ini Anda dengan cara meneteskan air perasan jeruk nipis ke bagian gigi berlubang. Saat Anda meneteskan jeruk ke lubang, mungkin rasanya akan sedikit sakit dan perih. Namun rasa sakit ini akan lebih cepat hilang. Mengapa jeruk nipis bisa ampuh menyembuhkan sakit di gigi Anda? hal ini dikarenakan ia memiliki kandungan vitamin C. Vitamin ini lah yang ampuh menyembuhkan sakit pada gigi berlubang.

3. Minyak Cengkeh

Cengkeh ini memiliki kandungan seperti anti inflamasi, anti bakteri serta antioksidan. Ia juga memiliki sifat sebagai anestesi serta ampuh menyembuhkan luka hingga membunuh berbagai macam bakteri yang berada di dalam gigi berlubang. Lantas bagaimana cara penggunaannya. Anda bisa meneteskan minyak cengkeh di satu gelas yang berisi air. Jadikan air tersebut menjadi obat kumur. Selain dengan menggunakan cara tersebut, Anda juga bisa meneteskan minyak cengkeh ke kapas dan menempelkannya ke gigi berlubang.

4. Bawang Merah

Selain menjadi bumbu dapur andalan para ibu, ternyata bawang merah juga ampuh digunakan menjadi obat sakit gigi pada gigi berlubang. Ia memiliki sifat antiseptic dan anti mikroba. Sifat ini akan mampu menyembuhkan sakit gigi Anda. Caranya sangat mudah. Anda hanya tinggal mengambil sebuah bawang merah, mengupas kulitnya, kunyah di mulut Anda. Bila Anda tidak sanggup mengunyah, Anda hanya tinggal mengoleskan bawang ke gigi berlubang.

5. Lada

Lada. Bumbu dapur yang memiliki sensasi pedas ini juga bisa menjadi obat yang begitu manjur ketika gigi Anda mengalami sakit. Cara menyulap lada menjadi obat sakit gigi ialah dengan mencampur garam dan lada menjadi satu, tambahkan sesendok air hingga membentuk pasta, oleskan pasta garam tersebut ke gigi berlubang. Diamkan hingga beberapa menit, kemudian kumur dengan menggunakan air bersih. Lakukan kegiatan ini dengan cara teratur hingga gigi Anda sembuh.

6. Biji Asam Jawa

Bagi Anda yang masih tinggal di daerah pedesaan, pasti Anda bisa dengan mudah menemukan asam jawa di lingkungan rumah Anda. Namun kali ini yang Anda butuhkan ialah biji asam jawa. Biasanya biji asam ini sering digunakan sebagai bumbu dapur untuk melezatkan makanan. Untuk membuat ramuan berkhasiat ini mungkin sedikit sulit. Ambil biji asam jawa, kemudian sangrai beberapa menit hingga mengering. Tumbuk biji hingga halus, dan oleskan ke gigi yang berlubang. Oleskan segera ketika gigi Anda mengalami sakit.

7. Daun Jambu Biji

Selain digunakan menjadi obat diare, ternyata daun dari jambu biji juga memiliki banyak sekali khasiat. Salah satu khasiat yang dimilikinya ialah dengan menjadikannya sebagai obat di gigi berlubang. Caranya membuat obat alami dari daun jambu biji ini ialah dengan mengambil beberapa helai daun jambu, cuci hingga bersih kemudian kunyah hingga halus. Selain menggunakan cara tersebut, Anda bisa menumbuk daun kemudian segera mengoleskan ke bagian gigi yang sedang sakit. Olesi secara teratur agar Anda mendapatkan hasil maksimal.

8. Bawang putih

Advertisement

Tidak hanya saudaranya si bawang putih yakni bawang merah. Ia sendiri sebenarnya juga bisa Anda sulap menjadi obat untuk sakit gigi Anda. Bawang putih ini memiliki sifat seperti antibiotik yang mampu membunuh bakteri di gigi yang berlubang. Segera ambil 1 siung bawang putih, kemudian tumbuk hingga halus. Setelah itu tambahkan sedikit garam, aduk hingga merata. Olesi tumbukan bawang ini ke bagian gigi yang mengalami perlubangan. Lakukan setiap hari secara rutin hingga gigi Anda berangsur sembuh.

9. Minyak Batok Kelapa

Pernahkah Anda mendengar apa itu minyak batok kelapa? Bahan ini mampu secara ampuh untuk menyembuhkan gigi Anda. Bahan yang harus Anda sediakan seperti Batok kelapa yang telah Anda bagi menjadi 2 bagian, kemudian kapas. Cara pembuatan minyak ialah, ambil sebuah bagian batok, bakar batok hingga kelapa mengeluarkan minyak. Siapkan kapas, ambil minyak batok dengan menggunakan kapas. Setelah Anda menggosok gigi, tempelkan ke gigi yang sedang sakit. Reaksi dari obat yang ditimbulkan nantinya akan sedikit perih, namun rasa sakit akan berangsur hilang. Saat gigi Anda kumat sakit, Anda bisa segera mengambil minyak kemudian mengoleskannya. Untuk perawatan teratur, lakukan sehari 3X.

10. Daun sirih

Selain dapat digunakan untuk mengobati gusi bengkak, daun sirih juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sakit gigi. Caranya mudah, ambil daun sirih dan cengkeh secukupnya, kemudian direbus hingga mendidih. Setelah dingin, air rebusan ttersebut disaring dan digunakan untuk berkumur. Daun sirih dan cengkeh bisa Anda dapatkan di pasar-pasar tradisional.

11. Getah Pepaya

Manfaat daun dan buah pepaya tentunya tidak perlu diragukan lagi. Tapi tahukah anda, bahwa getah pepaya juga bermanfaat untuk kesehatan. Ya, getah pepaya dapat dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi. Caranya, petik buah pepaya yang masih muda dan ambil getahnya dengan kapas atau cotton bud. Tempelkan pada gigi yang sakit. Setelah itu berkumurlah dengan air garam.

12. Tanaman Dadap Ayam

Tanaman dadap ayam yang bunganya mirip jengger ayam jago itu ternyata bisa juga dijadikan sebagai obat sakit gigi tradisional. Batang tanaman tersebut ditumbuk hingga halus, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit. Diamkan selama beberapa menit, lalu berkumur dengan air garam. Khasiat dari tanaman ini dapat menghilangkan rasa sakit.

13. Daun Landep

Daun landep biasa digunakan untuk mengobati gusi bengkak dan berdarah. Tapi bisa juga digunakan untuk mengobati sakit gigi akibat gigi berlubang. Caranya, ambil beberapa daun landep lalu dikunyah dengan gigi yang sakit.

14. Cabe Jawa

Cabe jawa merupakan tanaman hias yang bisa digunakan sebagai obat tradisional. Salah satunya untuk menyembuhkan sakit gigi berlubang. Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah buahnya yang sudah dikeringkan. Cara Anda terserang sakit gigi, tumbuk cabe jawa yang sudah dikeringkan hingga halus. Tambahkan sedikit air hingga membentuk adonan yang dapat dibentuk. Bulatkan adonan kemudian cocokan pada gigi yang berlubang.

15. Herba Sambiloto

Tanamn sambiloto atau sambilata digunakan daunnya untuk mengatasi berbagai penyakit. Mulai dari tipus, TBC, batuk rejan, demam, hingga menambah nafsu makan. Bisa juga digunakan sebagai obat sakit gigi tradisional. Ambil 10-15 gram tanaman herba sambiloto segar, kemudian direbus. Saringa airnya dan diminum.

16. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh adalah tanaman yang cukup terkenal karena rasanya yang super asam. Dalam jenis masakan tertentu, orang-orang lebih memilih belimbing wuluh untuk sensasi rasa asam ketimbang asam jawa sendiri. Untuk menyebuhkan sakit gigi, ambil beberapa buah belimbing wuluh, kemudian dimakan dengan garam. Ulangi sampai gigi tidak terasa sakit lagi. Peringatan: Belimbing wuluh tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita sakit maag dan asam lambung.

17. Getah Jarak

Selain getah pepaya, getah tanaman jarak juga berkhasiat untuk mengobati gigi yang sakit. Caranya, ambil getah jarak dengan mematahkan batang atau daun mudanya. Ambil getahnya dengan kapas atau cotton bud lalu tempelkan pada gigi yang sakit. Hati-hati jangan sampai terkena bagian mulut lain selain gigi yang sakit karena bisa menyebabkan rasa gatal yang luar biasa.

18. Akar Meniran

Meniran merupakan rumput liar yang daunnya mirip dengan putri malu. Tapi tanpa duri dan bisa tumbuh agak tinggi dengan batang yang lunak. Akar meniran ini biasa digunakan sebagai obat untuk menghilangkan sakit gigi. Caranya, ambil 5 gram akar meniran kemudian bersihkan. Tumbuk hingga halus lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

19. Akar Kangkung

Siapa sangka, tanaman kangkung yang jika disantap daunnya suka nyempil di sela-sela gigi ini justru bermanfaat sebagai obat sakit gigi. Namun, bukan daunnya yang akan kita gunakan melainkan akarnya. Sediakan segenggam akar kangkung, bersihkan, lalu direbus dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas. Biarkan hingga dingin kemudian saring airnya. Tambahkan 1/2 sdt cuka dan gunakan airtersebut untuk berkumur.

20. Sereh atau Serai

Sebelumnya, harus diketahui bahwa sereh atau serai berbeda dengan sirih. Untuk mengobati sakit gigi, rebus 40 gram serai dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas saja. Gunakan air rebusan serai tersebut selagi masih hangat untuk berkumur. Lakukan secara rutin setiap hari agar cepat sembuh.

Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Cepat | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply