15 Cara Mengobati Panas Dalam Dengan Bahan Alami

Cara Mengobati Panas Dalam

15 Bahan Alami untuk Mengobati Panas Dalam

Panas dalam memang sering kali dialami oleh sebagian orang. Apabila mengalami masalah ini tentu saja akan merasakan panik. Hal ini karena biasanya seseorang yang mengalami hal ini tidak akan enak makan, tidur atau pun mengalami sesuatu. Hal ini terjadi biasanya akibat seringnya mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas atau pedas. Bisa juga diakibatkan karena tubuh kekurangan beberapa vitamin seperti vitamin C. Sehingga akan merasakan panas dalam yang dirasakan.

Cara Mengobati Panas Dalam Secara Alami

Biasanya apabila seseorang terkena panas dalam tentu saja yang dirasakan adalah tenggorokan sakit, bibir pecah-pecah, bau mulut dan sariawan. Dengan demikian langkah yang dilakukan sebaiknya Anda mengetahui mengenai cara mengobati panas dalam yang ada dibawah ini:

1. Kelapa hijau muda

Kelapa hijau yang masih muda memang dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Salah satu penyakit yang biasanya diobati menggunakan bahan ini adalah panas dalam. Sehingga ada baiknya apabila Anda ingin mengobatinya. Ada baiknya apabila mengkonsumsinya dalam satu buah kelapa dengan tiga sendok madu asli. Konsumsi sekali saja tentu saja akan dapat langsung dirasakan panas dalam yang dialami.

2. Cuka sari apel organik

Sakit pada tenggorokan tentu saja akan dirasakan kurang nyaman. Sehingga ada baiknya apabila Anda mengkonsumsi cuka sari apel organik yang digunakan sebagai obat kumur. Jenis cuka ini memang biasanya akan dirasakan mengobati luka pada tenggorokan. Namun Anda tentu saja tidak akan sekeras dengan jenis cuka lainnya. Dengan demikian dapat menjadi pilihan yang membuat tenggorokan menjadi lebih nyaman.

3. Madu dan perasan lemon

Mengobati panas dalam pada tenggorokan memang hendaknya menggunakan madu, perasan jeruk lemon dan sedikit air. Konsumsi pada saat Anda merasakan tidak enak pada tenggorokan. Dengan menggunakan obat alami ini akan membantu untuk mengatasi iritasi pada tenggorokan. Untuk itu segera konsumsi pada pagi dan sore hari secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pastikan bahwa Anda mengkonsumsinya dengan maksimal yang dirasakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Rambut jagung muda

Anda dapat mengobati sakit panas dalam dengan menggunakan rambut dari jagung muda. Caranya sangat mudah hanya dengan merebus rambut jagung muda dengan air dua gelas air. Anda bisa menambahkan jahe dan gula batu yang di susut kan hingga satu gelas. Konsumsi dalam kondisi hangat yang sebaiknya diketahui. Dengan demikian ada baiknya Anda menggunakan ramuan tersebut untuk dikonsumsi. Apabila Anda mengkonsumsi secara rutin maka hasilnya akan menjadi lebih maksimal.

5. Makanan laut

Untuk membantu dalam mendapatkan cara mengobati panas dalam bisa menggunakan makanan laut. Dengan demikian Anda bisa memaksimalkan kenyamanan yang dirasakan. Hal ini karena makanan laut tersebut memiliki kenyamanan untuk mengurangi rasa sakit pada perut dan peradangan lainnya. Sehingga ada baiknya apabila Anda memaksimalkan cara tersebut dengan lebih maksimal. Sehingga akan meningkatkan kenyamanan yang dirasakan. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal dapat mengolah makanan laut ini dengan cara di rebus atau kukus.

6. Kacang hijau

Kacang hijau merupakan bahan makanan bergizi yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Paling familiar dijadikan sebagai bubur. Namun ternyata ada kegunaan lainnya, yaitu untuk mengobati panas dalam. Anda bisa membuat bubur kacang hijau bisa dibuat dengan gula batu dan jahe. Dengan demikian akan membantu dalam mengurangi panas dalam sebaiknya Anda mengkonsumsi secara rutin setiap hari. Hal ini karena dengan mengkonsumsi kacang hijau akan membantu dalam mendapatkan kenyamanan yang dirasakan karena akan dapat mengurangi panas dalam.

7. Wedhang jahe

Anda bisa mengkonsumsi wedhang jahe untuk membantu dalam mengobati panas dalam. Caranya sangat mudah hanya merebus air dengan jahe dan tambahkan sedikit gula pasir saat menyeduhnya didalam gelas. Konsumsi selagi hangat maka akan dapat membantu menyembuhkan panas dalam yang dirasakan. Selain itu Anda juga bisa untuk menambahkan susu ke dalam wedhang jahe agar rasa yang diharapkan menjadi lebih nikmat. Apabila Anda mengkonsumsinya secara rutin maka yang akan dirasakan adalah rasa terbakar di leher. Namun ini adalah reaksinya setelah Anda mengkonsumsi dua kali biasanya akan dirasakan kesembuhan.

Advertisement

8. Kubis dan wortel

Mungkin Anda banyak yang belum mengetahui bahwa mengkonsumsi kubis dan wortel memang dirasakan memiliki banyak sekali manfaatnya. Beberapa manfaat yang dirasakan adalah mengobati panas dalam. Sehingga ada baiknya apabila Anda mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat tersebut hendaknya dikonsumsi setiap hari. Anda bisa menggunakannya sebagai sayur sebagai pendamping lauk yang dikonsumsi setiap hari.

9. Oatmeal

Jenis makanan oatmeal memang mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Sehingga dapat menangkal radikal bebas yang ada mungkin saja masuk ke dalam tubuh. Namun tahukah Anda bahwa mengkonsumsi oatmeal yang cukup akan membantu menetralkan panas dalam sehingga dapat mendapatkan kemudahan dalam mengurangi asam yang memicu terjadinya panas dalam. Untuk itu pastikan bahwa mengkonsumsi oatmeal sebagai cara mengobati panas dalam.

10. Alang-Alang

Khasiat tanaman alang-alang sebagai obat panas dalam memang sudah tidak diragukan lagi. Bahkan beberapa produk minuman kesehatan untuk panas dalam yang dijual di pasaran menggunakan ekstrak alang-alang dalam pembuatannya. Namun jika Anda menginginkan proses yang lebih alami tentu saja bisa dan tidak sulit. Caranya, ambil akar alang-alang secukupnya kemudian bersihkan dan keringkan. Bila sudah kering betul, tumbuk akar alang-alang tersebut kemudian diseduh dengan segelas air panas. Saring airnya lalu minum sesudah dingin. Agar rasanya lebih enak bisa ditambahkan dengan sedikit madu atau gula aren.

Buah-Buahan Obat Panas Dalam

Selain daftar makanan diatas, masih ada hal lainnya yang bisa dijadikan sebagai penghilang panas dalam secara alami. Kali ini kita bisa menggunakan beberapa jenis buah. Kenapa dipilih buah? Karena buah mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi pada buah dapat membantu melindungi tubuh dai radikal bebas.

11. Jeruk

Usahakan untuk mengobati panas dalam bisa memilih jenis air jeruk hangat. Hal ini karena jenis minuman jeruk ini mengandung vitamin C. Dengan demikian akan membantu dalam meredakan panas dalam dan meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga Anda akan membantu dalam meningkatkan kesehatan karena zat antibody terbentuk dari dalam. Untuk itu pastikan bahwa Anda menggunakan minuman ini sebagai jenis minuman sehat yang dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan segar. Jeruk selain digunakan sebagai minuman yang dapat langsung dikonsumsi. Jenis jeruk purut juga bisa ditambahkan dengan kecap untuk dikonsumsi sebagai obat untuk mengatasi panas dalam.

12. Jambu biji

Manfaat jambu biji dalam dunia pengobatan tidak hanya digunakan untuk membantu proses penyembuhan penderita demam berdarah. Tetapi bisa juga digunakan untuk mengatasi panas dalam. Hal ini tak lepas dari kandungan vitamin C yang tinggi sehingga sangat membantu penderita. Caranya dengan mengkonsumsi beberapa buah jambu biji yang sudah matang. Atau bisa juga dijadikan jus agar khasiatnya tidak ada yang terbuang.

13. Pisang

Beberapa orang mengira bahwa kandungan vitamin C yang terbesar hanya pada buah jeruk saja. Padahal, buah pisang yang lebih dekat dengan kehidupan manusia dan juga lebih murah punya kandungan vitamin C yang tak kalah. Tidak heran jika banyak praktisi kesehatan menyarankan untuk memperbanyak konsumsi buah pisang dalam mengatasi penyakit panas dalam. Sama seperti buah-buahan lainya, cara pengobatannya bisa dikonsumsi secara langsung maupun dibuat jus.

14. Pepaya

Satu lagi buah murah dengan kandungan vitamin C tinggi yang dapat mendinginkan perut serta mengatasi panas dalam. Buah pepaya, buah brwarna kemerahan dan mengandung banyak air ini sering dijumpai bahkan di pedesaan. Sehingga tidak akan sulit untuk menemukannya karena termasuk pohon yang berbuah sepanjang tahun. Berdasarkan beberapa penelitian, kandungan vitamin C pada pepaya yang sudah masak ternyata lebih banyak dibanding jeruk. So, jangan anggap remeh buah yang satu ini.

15. Buah Delima

Saat ini sepertinya sudah cukup sulit menemukan buah delima di pekarangan-pekarangan rumah. Padahal di tahun 90-an lalu, tanaman ini sempat menjadi primadona dan hampir tidap rumah menanamnya. Selain tumbuhan tersebut kaya akan khasiat obat, buahnya pun enak dan eksotik. Dan dalam buahnya yang eksotik tersebut, delima masih menyimpan berbagai khasiat pengobatan, salah satunya meredakan panas dalam. Caranya bisa dengan dikonsumsi secara langsung atau dijadikan sebagai jus delima yang segar.

Dari 15 bahan-bahan diatas tinggal Anda pilih mana yang paling mudah didapatkan, semoga bermanfaat! Jika bosan tentu bisa saja mencoba semuanya. Namun pastinya harus dengan perhitungan dan dalam kadar yang normal. Semoga diantara beberapa obat panas dalam tersebut ada yang cocok untuk anda.

Baca Selanjutnya:

Cara Menghaluskan Tumit yang Kasar >>

15 Cara Mengobati Panas Dalam Dengan Bahan Alami | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply