Cara Mengobati Keputihan Secara Alami

keputihan pada wanita

Keputihan pada wanita (gambar: medikalogi.com)

Cara Mengobati Keputihan – Keputihan bagi kalangan wanita merupakan suatu hal yang biasa. Sekalipun bukan merupakan jenis penyakit, akan tetapi keputihan sendiri sebenarnya merupakan tanda-tanda dari adanya masalah di dalam organ intim wanita.

Keputihan (flour albus) yaitu keluarnya cairan yang menyerupai lendir dari dalam organ intim wanita yang disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur, virus maupun parasit. Ini jika terus dibiarkan dapat menyebabkan timbulnya peradangan pada saluran kencing, dengan begitu akan menimbulkan rasa perih yang mengganggu ketika sedang buang air kecil.

Tanda-tanda ketika Anda sedang mengalami keputihan membutuhkan penanganan yang serius yaitu dengan munculnya cairan berwarna bening sedikit kehijauan yang dikeluarkan oleh organ intim  secara berlebihan layaknya sedang haid. Cairan organ intim yang keluar ini sendiri biasanya cukup kental serta memiliki bau amis, daerah sekitar organ intim juga akan terasa gatal hingga akan muncul rasa panas di sekitar organ tersebut.

Cara Mengobati Keputihan

Hingga saat ini perbincangan mengenai solusi guna membantu menghilangkan keputihan merupakan pembahasan yang penting bagi wanita. Di era modern dengan perkembangan alat-alat medis yang juga semakin canggih, berbagai macam cara dapat digunakan di dalam mengatasi keputihan. Seperti beberapa penemuan obat keputihan alami yang ada dibawah ini.

1. Daun sirih

Piper betle atau daun sirih adalah tanaman asli dari Indonesia yang mengandung minyak atsiri, pati, seskuiterpen, diatase, zat samak, gula serta kavikol dengan manfaat untuk membunuh kuman. Daun sirih juga memiliki kandungan antioksidan serta anti jamur. Sehingga daun sirih sangat bermanfaat di dalam mengatasi keputihan. Caranya yaitu dengan mengambil 10 lembar daun sirih yang sudah lebih dahulu dibersihkan lalu direbus menggunakan dua liter air selama kurang lebih lima menit. Silahkan tunggu sampai dengan air rebusan hangat, selanjutnya gunakan air rebusan tersebut basuhkan untuk organ intim kewanitaan secara teratur tiga kali dalam seminggu. Akan tetapi jangan terlalu sering di dalam membasuh organ intim Anda menggunakan daun sirih. Karena hal ini justru dapat membuat bakteri baik menjadi hilang. Bakteri ini sendiri semestinya berguna menjaga Ph dari organ intim Anda.

2. Lidah buaya

Tumbuhan dengan khasiat utama menyuburkan rambut yang juga dikenal sebagai aloe vera memiliki kandungan vitamin C tinggi serta vitamin E sebagai antioksidan alami. Lidah buaya juga mengandung antiseptik, anti bakteri, anti jamur serta antivirus. Sehingga tumbuhan yang satu ini bermanfaat untuk mengatasi keputihan dengan kandungan antiseptiknya. Cara menggunakannya adalah dengan Anda mengambil bagian daging dari lidah buaya, selanjutnya silahkan potong-potong kecil dan haluskan menggunakan blender. Jika sudah selesai Anda tinggal merebusnya dengan dua gelas air serta lima lembar daun sambiloto. Tunggu sebentar hingga air rebusan hangat dan gunakanlah untuk mencuci atau membasuh organ kewanitaan. Baik untuk digunakan dua kali dalam sehari.

3. Sambiloto

Tumbuhan dari Asia tropika dengan nama latin andrographis paniculata ness ini memiliki kandungan laktone, flavanoid, homoandrografolid, keton, alkane, aldehid, asam kersik, mineral dan juga damar. Sementara cara menggunakan sambiloto untuk mengatasi keputihan adalah dengan merebusnya (3 batang sambiloto) ke dalam 4 gelas air. Biarkan hingga air rebusan menyusut menjadi dua gelas saja. selanjutnya saring kemudian minum tiga kali per hari dengan takaran ¾ gelas untuk satu kali minum.

4. Bawang Putih

Bawang putih sudah bukan bahan alami yang asing lagi dalam dunia obat-obatan tradisional. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki sifat antibiotik alami. Untuk mengatasi bakteri pada organ intim kewanitaan sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi bawang putih sebagai sumber suplemen serta menggunakan ekstrak dari bawang putih sekitar 400 mg sebanyak dua hingga tiga kali di dalam satu hari. Ini sangat berguna mengganti antibiotik guna mengatasi bakteri pada organ kewanitaan. Akan tetapi Anda perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum mengonsumsi ramuan ini.

5. Kunyit

Sediakan kunyit sebanyak 20 gram yang dipotong-potong serta dicuci bersih, 10 gram daun sambiloto kering serta 15 gram kulit kering buah delima. Selanjutnya bahan-bahan tersebut direbus dengan menggunakan 800 cc air, rebus hingga tersisa 300 cc air saja. Saring kemudian konsumsi sebanyak 2 kali sehari, Anda juga dapat menambahkan gula aren maupun madu guna memberikan rasa.

5. Tea tree oil

Advertisement

Tea tree oil atau melaleuca alternifoila adalah pengobatan yang sudah digunakan sejak beberapa tahun silam. Direkomendasikan untuk dapat menggunakan tea tree oil ini guna mengatasi bakteri, yaitu di setiap malam selama kurun waktu tujuh hari berturut-turut. Bahan yang satu ini sangat mudah untuk dapat Anda temukan di apotik terdekat tempat tinggal Anda.

6. Kulit pohon beringin

Rebusan bahan ini dapat digunakan sebagai semprotan saluran ke dalam organ kewanitaan yang efektif mengatasi adanya masalah keputihan pada wanita. Rebus kulit pohon beringin bersama kulit pohon ara masing-masing 1 sendok makan ke dalam satu liter air hingga tersisa setengahnya. Kemudian semprotkan dengan air hangat yang bermanfaat menjaga saluran organ kewanitaan tetap sehat.

7. Daun pepaya

Selain dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi cacingan, daun pepaya juga bisa dipakai sebagai obat untuk mengatasi keputihan. Ambil satu lembar daun pepaya muda, kemudian dirajang halus. Bersihkan 50 gram akar alang-alang, pulasari secukupnya. Rebus semua bahan dengan 1,5 liter air hingga mendidih. Dinginkan dan saring airnya lalu diminum satu gelas setiap hari.

8. Asam jawa

Sediakan asam kawak (yang hitam) sebesar kelereng, 25 lembar daun beluntas dicuci bersih, kunyit 5 cm dicuci bersih, dan sedikit gula aren. Daun beluntas dan kunyit dilumatkan, diseduh dengan 1/2 gelas air panas. Masukkan asam kawak dan gula aren. Aduk-aduk sampai gula larut. Saring airnya, lalu diminum pada saat menjelang tidur malam. Ramuan asam jawa juga baik untuk mengobati sariawan.

9. Daun jambu biji

Siapa sangka daun jambu biji sangat banyak kegunaannya. Selain bisa mengobati sariawan dan sakit gigi, daun jambu biji juga bisa digunakan untuk mengobati keputihan pada wanita. Sediakan 2 genggam daun jambu biji yang muda dan 7 helai daun sirih. Semua bahan dicuci bersih, lalu rebus dengan segelas air. Saring air rebusan tersebut, tunggu agak dingin lalu minum. Cukup untuk diminum 2 kali sehari.

10. Delima putih

Buah delima termasuk buah yang eksotik dengan berbagai khasiat di dalamnya. Semua bagian tanaman mulai dari akar, kulit batang, daun, buah hingga bunganya dapat dimanfaatkan sebagai obat. Berbagai penyakit yang bisa disembuhkan oleh tanaman ini antara lain sariawan, keputihan, cacingan pada anak, diare, muntaber, gangguan pencernaan, perut kembung, masuk angin, hingga membantu menurunkan berat badan. Untuk mengobati keputihan, ambil 30 gram kulit buah delima kering, lalu direbus dengan 1 liter air sampai airnya tinggal setengah. Setelah dingin, airnya diminum 2 kali sehari.

11. Daun beluntas

Diam-diam, tanaman herbal yang satu ini mempunyai banyak manfaat sebagai obat tradisional. Mulai dari mengobati demam, bau badan dan bau mulut, pegal-linu, nyeri pinggang, rematik, sakit perut, nyeri haid sampai gangguan pencernaan pada anak. Untuk mengatasi keputihan, ambil 20 helai daun beluntas, 1 akar tapak liman, bersihkan. Semua bahan direbus dengan 1 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Setelah dingin, airnya disaring dan minum 1 kali sehari.

12. Alang-alang

Tanaman alang-alang atau ilalang lebih banyak diberantas karena menggangu tanaman lain dalam penyerapan unsur hara. Namun disamping perannya sebagai “penjahat”, alang-alang juga punya sifat baik, yaitu digunakan sebagai obat. Salah satunya menyembuhkan keputihan pada wanita. Caranya, sediakan 500 gram akar alang-alang, 2 tangkai daun pepaya, dan 5 gram pulasari. Semua bahan direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring airnya untuk diminum 2 kali sehari. Tanaman alang-alang ini juga sangat ampuh untuk mengobati sakit tenggorokan akibat adanya peradangan.

13. Jintan hitam

Kalau menyebut nama jintan hitam, pasti hampir semua orang tidak pernah mendengarnya. Tapi kalau menyebut habatussauda mungkin ada beberapa yang pernah mendengar dari iklan. Padahal keduanya adalah tanaman yang sama. Jintan hitam ini sangat bagus untuk mengobati keputihan pada gadis remaja. Caranya, sediakan 3 sendok teh penuh jintan hitam, 3 tangkai pucuk beluntas, dan garam. Semua bahan ditumbuk hingga halus dan beri segelas air. Saring airnya dengan perasan kain. Minum air ramuan tersebut pada pagi hari sebelum sarapan. Setelah sembuh pun sebaiknya sekali-sekali minum ramuan ini untuk mencegah keputihan datang lagi.

Lakukan konsultasi dengan dokter spesialis

Saat Anda memiliki masalah dengan organ kewanitaan, maka jangan segan untuk mendatangi dokter spesialis atau ahli guna melakukan konsultasi. Anda dapat mencoba untuk mengkonsultasikan kepada dokter tersebut mengenai keputihan yang Anda alami. Dokter ahli dengan berbagai peralatan dokter yang canggih akan membantu Anda dalam mengatasi masalah Anda. Dalam beberapa kasus pihak dokter mungkin akan memberikan suntikan atau hanya memberikan resep obat-obatan tertentu yang akan membantu Anda dalam mengatasi keputihan secara lebih tepat.

Cara Mengobati Keputihan Secara Alami | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply