Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Gusi Berdarah

gusi bengkak

Gusi bengkak (Gingivitis)

Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Gusi Berdarah – Sakit gigi, bisa juga disebabkan oleh gusi yang bengkak atau gusi berdarah. Secara medis, kondisi seperti ini dikenal dengan Jika sudah tersrang dan parah, bahkan sampai disertai demam dan sakit kepala. Sakit kepala dan rasa nyeri yang terjadi membuat makan dan berbicara tidak enak. Kondisi ini sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari adanya bakteri di dalam mulut yang merusak kondisi gigi, infeksi dari gigi karena plak yang mengeras dan lantas menjadi karang di gigi, dan lain-lain.

Penyebab Gusi Bengkak

Penyebab gusi bengkak yang paling umum adalah karena terjadinya peradangan di gusi, atau dikenal juga dengan Gingivitis. Saat Gingivitis menyerang, maka jaringan gusi akan terinfeksi dan meradang. Tanda-tanda dari Gingivitis ini sendiri adalah:

  • Jaringan gusi terlihat bengkak dan warnanya menjadi merah, lebih tua daripada bagian gusi yang lain.
  • Saat menyikat gigi, bagian gusi tersebut rentan mengalami pendarahan.
  • Terasa nyeri atau sakit yang amat sangat pada gusi.
  • Mulut terasa tidak nyaman.
  • Bau mulut yang tak sedap.
  • Muncul nanah di antara gusi dan gigi.

Selain Gingivitis di atas, ada beberapa hal lain yang menyebabkan gusi Anda bengkak. Inilah beberapa pemicunya:

Kehamilan – Ketika hamil, hormon akan membuat aliran darah menuju gusi meningkat, membuatnya mudah iritasi dan gusi bengkak.

Kurang vitamin CKekurangan asupan vitamin C sangat berpengaruh pada daya tahan tubuh. Anda akan lebih mudah terserang infeksi karena sistem imun melemah.

Kurang Asam Folat – Selain vitamin C, kurangnya Asam Folat akan membuat fungsi sel tidak normal, dan meningkatkan resiko Gingivitis.

Bakteri – Bagian sela-sela gigi tempat sisa makanan terselip rentan bakteri dan membentuk plak.

Kawat gigi atau gigi palsu – Peletakan kawat gigi ataupun gigi palsu yang tak tepat akan membuat sisa makanan mudah menempel, menjadi sarang bakteri di sela-sela gigi.

Obat gusi bengkak tardisional

Selain memeriksakan diri ke dokter, Anda juga bisa melengkapi perawatan tersebut dengan mengonsumsi obat alami di bawah ini:

Bayam duri

Bakar bayam duri tersebut menggunakan alas dari atap rumah. Tumbuk sampai halus, lalu oleskan di gusi yang membengkak. Ini merupakan ramuan obat gusi bengkak tradisional yang paling terkenal di daerah saya.

Asam jawa

Asam jawa sangat berguna untuk menghilangkan karang gigi penyebab gusi bengkak. Sangrai biji asam jawa selama beberapa menit, tumbuk sampai halus, oleskan di karang gigi menggunakan sikat gigi.

Krokot

Cuci kulit dari krokot ini, rebuslah dengan air sejumlah 3 gelas, didihkan sampai sisa air hanya 1 gelas saja. Tunggu hingga mendingin, lalu minum.

Jeruk nipis

Peras jeruk nipis yang sudah matang, tambahkan segelas air hangat, aduk, dan berkumurlah dengan ramuan tersebut. Lakukan sebelum tidur dan saat bangun pagi.

Bawang merah

Haluskan bawang merah, lalu oleskan di bagian gusi bengkak. Jika tidak kuat dengan bau atau rasanya, campurkan sedikit garam. Manfaat lain dai bawang merah selain mengobati gusi bengkak adalah sebagai perawatan rambut.

Kulit andong

Bersihkan kulit andong, kupas, tambahkan garam sejumput, aduk, lalu oleskan ke gusi yang sakit. Andong merupakan tanaman yang biasa dijadikan pagar, namu sekarang sudah banyak yang menanamnya di pekarangan rumah.

Advertisement

Cara Mengobati Gusi Bengkak

Selain ramuan tradisional di atas, cara berikut ini juga akan membantu dalam mengurangi pembengkakan di dalam gusi:

Minum air putih

Banyak penyakit yang bisa dicegah dan diatasi dengan meminum air putih 2 liter sehari. Air juga akan mengurangi bakteri di mulut penyebab gusi bengkak.

Memijat gusi

Cara ini adalah cara yang mudah. Cuci tangan sampai bersih, lalu pijat gusi yang bengkak dengan telunjuk menggunakan gerakan melingkar. Lakukan berulang.

Kurangi stress

Stress adalah salah satu pemicu berkurangnya kesehatan di mulut. Cari waktu untuk menenangkan pikiran Anda.

Obat kumur alamiah berikut ini juga akan membantu gusi yang bengkak kembali normal lagi:

Air garam

Campur garam dengan air hangat, lalu kumur-kumur. Pastikan semua bagian mulut terkena, agar garam bisa membunuh bakteri.

Baking soda

Campuran antara air dengan baking soda atau hidrogen peroksida akan meredakan rasa nyeri, dan juga menghalangi bakteri tersebar.

Cara Mengobati Gusi Berdarah

Selain gusi bengkak, masalah gusi lainnya yang dapat menyebabkan rasa sakit tak tertahankan adalah gusi berdarah atau gusi bernanah. Namun tak perlu terlalu khawatir, sebab ramuan tradisional berikut ini dapat mengatasinya.

Daun landep

Tanaman landep biasa mempunyai bunga berwarna kuning. Dan daunnya bisa digunakan untuk mengobati gusi berdarah. Caranya, daun landep segar dicuci bersih lalu ditumbuk hingga halus. Tambahkan sedikit madu. Ambil airnya untuk mengoles gusi yang sakit.

Belimbing wuluh

Untuk mengobati gusi berdarah dengan belimbing wuluh caranya mudah sekali. tinggal makan saja dua buah belimbing wuluh setiap hari, baik yang masih segar, maupun yang sudah dijadikan manisan.

Daun sirih

Rebus 4 lembar daun sirih hijau hingga mendidih. Setelah dingin, airnya digunakan untuk berkumur. Lakukan dua kali sehari agar gusi berdarah Anda segera sembuh.

Tomat

Mengkonsumsi jus tomat sangat cocok untuk penderita gusi berdarah yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C. Karena tomat merupakan buah yang kaya kandungan vitamin C. Jus tomat bisa diganti dengan buah-buahan lain yang mengandung banyak vitamin C seperti pepaya.

Cara Pencegahan

Tidak ada orang yang senang mengalami sakit gigi. Karena itu, setelah Anda sembuh dari pembengkakan gusi ini, atau bahkan sebelum mengalaminya, sebaiknya Anda lakukan ini agar gusi yang bengkak tidak lagi jadi masalah:

Sikat gigi dengan bersih atau lakukan flossing setelah makan, sebelum tidur, dan saat bangun.
Minum air putih 2 Liter sehari, air akan membantu membersihkan mulut dan membantu meningkatkan produksi air liur yang membunuh bakteri.
Hindari bahan-bahan yang bisa membuat mulut iritasi, seperti obat kumur yang keras, alkohol, dan juga rokok.

Makan makanan yang sehat juga akan membantu Anda dalam mengurangi resiko gusi bengkak. Selain karena nutrisi di dalamnya, memilih makanan yang tepat juga bisa mencegahnya menempel di gigi. Makanan seperti roti putih akan sangat mudah menjadi plak, sementara sayuran dan buah cenderung lebih mudah dibersihkan, apalagi dengan bonus banyaknya vitamin di dalamnya.

Check-up ke Dokter

Pastikan bahwa Anda merawat gigi dengan baik. Lakukan oral care dengan teratur setiap hari, dengan sikat gigi dan flossing seperti yang telah disebutkan di atas. Tidak hanya itu saja, jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Kunjungan ke dokter ini akan memberikan kesempatan bagi dokter untuk membersihkan karang gigi atau plak yang telah menumpuk di gigi.

Biasanya pembengkakan gusi ini akan mereda setelah beberapa hari, terutama jika Anda melakukan pengobatan seperti yang telah disebutkan di atas, Namun jika ternyata bengkak masih berlangsung selama lebih dari 2 minggu, maka inilah saatnya Anda ke dokter. Dokter akan memeriksa dan melakukan tes darah. Jika ternyata nanah telah muncul, maka terpaksa dilakukan drainase, atau membuat sayatan kecil di gusi yang bengkak untuk mengeluarkan nanah.

Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Gusi Berdarah | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply