Cara Mengobati Flu Secara Alami

sakit flu

Sakit flu bisa menyerang pria dan wanita (gambar: donateblood.com.au)

Cara Mengobati Flu – Penyakit Flu secara umum akan sembuh seiring dengan adanya kemampuan dari pertahanan tubuh yang akan terus menerus meningkat. Biasanya flu dapat mereda di antara 3 hari atau hingga satu minggu, tapi ini sangat tergantung pada kondisi tubuh dari sang penderita. Kendati demikian, flu juga dapat coba disembuhkan menggunakan obat-obatan alami atau tradisional.

Cara Mengobati Flu Secara Alami

Tujuan dari pengobatan ini sendiri adalah sama yaitu bermanfaat membantu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh dan juga mengurangi gejala yang ada. Berikut merupakan beberapa cara yang dapat Anda lakukan membantu mengatasi flu serta gejala yang muncul.

Memperbanyak asupan cairan

Dengan mengonsumsi banyak air menjadi obat terbaik yang akan membantu mengatasi influenza. Di saat terserang flu, maka Anda dapat mencoba untuk meminum air putih hangat atau sayur berkuah semacam sup kaldu ayam yang merupakan sumber cairan efektif di dalam meredakan gejala-gejala flu. Selain dari banyak minum air hangat dan juga sayur berkuah, Anda juga dapat mencoba kompres dingin di bagian dahi sebagai cara menurunkan demam yang diakibatkan oleh flu jika memang nanti akan dibutuhkan.

Mengonsumsi vitamin c lebih banyak

Anda perlu meningkatkan konsumsi makanan dengan kandungan vitamin C tinggi. Karena hal ini juga sangat berguna dalam memberikan dorongan kepada tubuh guna meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh serta meningkatkan jumlah darah putih yang bermanfaat melawan virus flu. Untuk dapat meningkatkan asupan vitamin C, maka Anda dapat memperbanyak konsumsi jus jeruk, buah pepaya, jeruk segar maupun buah-buahan lain yang kaya akan kandungan vitamin C.

Zinc atau seng

Zinc merupakan mineral yang sangat penting dan selalu dibutuhkan tubuh. Zinc dapat lebih mudah diperoleh dari sejumlah makanan yang memang kaya akan zinc seperti halnya kacang buncis, daging, seafood, telur serta kedelai. Makanan dengan kandungan zinc tinggi bermanfaat di dalam membantu meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga pada akhirnya sistem kekebalan tubuh itu sendiri dapat mengurangi gejala pilek sekaligus flu.

Istirahat dengan cukup

Tidak cukup dengan mengonsumsi beberapa bahan alami yang membantu meredakan gejala flu di atas saja. Karena ketika terserang flu Anda juga perlu mendapatkan istirahat yang cukup. Hal ini akan sangat berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh sekaligus mempercepat penyembuhan flu. Akan lebih baik lagi jika Anda juga menggunakan sebagian besar waktu Anda untuk beristirahat. Ini sangat penting bagi Anda yang terbiasa untuk tidur larut malam, sebaiknya hindari kebiasaan Anda tersebut sementara waktu paling tidak sampai tubuh Anda kembali sehat dan terbebas dari flu serta gejala-gejala yang mengikutinya.

Mandi menggunakan air hangat

Ketika Anda sedang demam akibat dari serangan influenza, biasanya seluruh persendian akan terasa sangat sakit serta demam. Meskipun demikian mandi akan tetap dibutuhkan oleh tubuh agar tetap bersih sepanjang hari. Untuk dapat menghindari rasa maupun gejala demam yang mungkin semakin parah, memang sebaiknya Anda mandi menggunakan air hangat. Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa air hangat sendiri akan membantu Anda untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, air hangat juga dikenal bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri di seluruh persendian.

Ramuan Obat Flu Tradisional

Sebagian masyarakat indonesia masih banyak yang meyakini keampuhan ramuan tradisional untuk mengobati sakit flu. Karena pengobatan ini sudah diturunkan dari generasi ke generasi selanjutnya. Dan yang paling penting, khasiatnya sudah terbukti. Berikut ini beberapa ramuan tradisional yang bisa digunakan untuk mengobati flu.

Advertisement

Cabe rawit

Cabai rawit dikenal memiliki kandungan capsaicin yang akan membantu untuk meningkatkan aliran atau sirkulasi darah dalam tubuh, sehingga tubuh lebih cepat untuk mengirimkan vitamin dan nutrisi ke seluruh tubuh. Pedas dan juga panas dari capsaicin ini sendiri juga bermanfaat untuk membantu mengurangi atau mengencerkan cairan yang menyumbat rongga hidung. Akan tetapi jika memang di saat ini Anda memiliki maag atau gangguan lambung, akan lebih baik untuk tidak menggunakan cara yang satu ini.

Jahe

Ambil 3 potong jahe segar berukuran sedang, kemudian bersihkan dan tumbuk jahe tersebut hingga halus. Selanjutnya silahkan masukkan tumbukan jahe tersebut ke dalam air hangat, tambahkanlah satu sendok madu dan sedikit merica bubuk ke dalam minuman tersebut. Jahe sendiri mengandung senyawa yang bermanfaat sebagai antivirus alami yang sudah barang tentu akan membantu Anda di dalam menyingkirkan virus penyebab dari pilek atau influenza. Selain itu, jahe dapat juga membantu meningkatkan sistem imun tubuh serta mempromosikan proses pembentukan senyawa antibakteri.

Bawang putih

Meskipun memiliki bau menyengat yang kurang sedap serta rasa yang cukup aneh. Bawang putih ini sendiri memiliki senyawa kimia dengan sifat antibiotik yang sangat kuat, sehingga akan menawarkan kemampuan antivirus secara alami. Bawang putih dikenal juga sebagai bahan yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, dengan demikian proses pengiriman nutrisi penting bagi tubuh dapat terbantu lebih cepat menuju ke seluruh sel-sel tubuh. Silahkan sertakan bawang putih ke dalam tiap asupan makanan Anda. Dapat juga Anda coba untuk mengonsumsi bawang putih secara mentah di saat perut masih dalam kondisi kosong pada pagi hari.

Kunyit

Kunyit dikenal sebagai rempah-rempah yang membantu melancarkan haid dan juga menghilangkan rasa sakit perut yang timbul akibat dari haid itu sendiri. Bukan hanya itu, kunyit juga termasuk salah satu bahan alami yang sangat baik dalam membantu meningkatkan sistem imun tubuh, antioksidan alami dan juga melancarkan sirkulasi darah. Cukup dengan mengambil satu cangkir susu hangat yang Anda campurkan dengan perasan kunyit ditambah satu sendok makan madu dapat membantu Anda di dalam mencegah gejala-gejala yang timbul akibat dari influenza. Bahkan dengan meminumnya 3 kali per hari, ramuan ini juga akan membantu mengaktifkan fungsi hati.

Daun Pepaya

Di atas sudah dijelaskan salah satu cara mengobati flu adalah mengkonsumsi makanan kaya vitamin C. Dan pepaya adalah salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Namun, ternyata bukan hanya buahnya yang dapat mengobati sakit flu tapi juga daunnya. Nenek moyang kita menggunakan daun pepaya sebagai ramuan tradisional untuk mengatasi flu. Cuci 2-3 helai daun pepaya muda, tumbuk hingga halus, peras airnya dan beri sedikit garam. Minum 2 kali sehari untuk anak-anak, dan 4 kali sehari untuk orang dewasa.

Jeruk Nipis

Lagi-lagi jeruk nipis, khasiat buah yang satu ini memang tak pernah ada habisnya. Sampai bosan saya menulis jeruk nipis untuk kategori pengobata tradisional. Hehe, tapi tentu ini sebuah berkah dari alam. Karena buah yang kaya akan khasiat ini tidak begitu sulit didapatkan. Apalagi jika anda berada di perkampungan dimana masih banyak penduduk yang menanam pohon ini di pekarangan atau kebun belakang rumah. Untuk mengobati sakit flu, kita cukup menggunakan satu buah jeruk nipis saja. Satu jeruk nipis dicuci, kemudian dipanggang sebentar. Kalau sudah agak dingin dibelah dan langsung diperas ke dalam mulut.

Oke, itua dia beberapa tips bagaimana cara mengobati flu menggunakan bahan alami. Penyakit flu datang karena sistem kekebalan tubuh yang menurun sehingga virus atau bakteri dapat mengalahkan sistem inum kita. Oleh karena itu, untuk mencegah virus dan bakteri penyebab flu datang lagi, jagalah selalu kebugaran tubuh dan pikiran anda.

Cara Mengobati Flu Secara Alami | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply