Cara Mengobati Campak dan Cacar Air

cacar air

Gambar bayi terkena cacar air (source: cdn.tmpo.co)

Cara Mengobati Campak dan Cacar Air – Ada banyak penyakit yang bisa menyerang banyak orang terutama dalam kehidupan mereka yang seringkali bertemu banyak orang dan juga ada berbagai virus yang ada di udara bebas. Salah satu penyakit yang sering menyerang seseorang adalah campak atau yang biasa disebut juga dengan penyakit tampek. Ini adalah penyakit yang sangat sering menyerang mereka yang tinggal di iklim tropis terutama. Penyebab dari penyakit ini juga bermacam-macam dan juga biasa disebabkan oleh udara luar yang ada.

Pada saat penularan penyakit campak ini sebenarnya disebabkan oleh seseorang yang sudah lebih dahulu terkena campak lalu dekat dengan orang yang masih sehat. Jika orang yang sehat tersebut sedang tidak baik kondisi tubuhnya maka orang tersebut bisa saja terserang penyakit campak pada beberapa hari setelahnya. Selain itu penyakit ini juga dapat disebabkan oleh virus yang bisa saja datang kapan saja melalui udara ataupun orang yang ada di sekitar kita.

Fase penyakit campak

Penyakit ini juga memiliki beberapa fase yang akan membuat mereka yang menderitanya lebih mudah untuk mendeteksinya. Berikut ini adalah beberapa fase yang aka dialami antara lain:

Fase inkubasi, pada masa ini masih belum tampak sekali penyakit ini menyerang Anda karena penyakit masih masuk dalam tahap awal.

Fase Prodormal, pada tahap ini sudah mulai ada gejala-gejala yang akan menggambarkan penyakit sudah muncul seperti adanya flu, batuk ataupun demam.

Fase Makulopapuler, pada tahap ini bercak-bercak merah sudah mulai muncul dan juga demam yang akan semakin meningkat bisa mencapai 38 derajat.

Fase penyembuhan, pada tahap ini bercak merah sudah mulai mengelupas dan pada akhirnya rontok sendiri dan akhirnya sembuh.

Mengatasi penyakit campak

Selama mengalami penyakit ini pastinya harus ada penanganan yang serius karena akan membuat penyakit tidak menyebar. Salah satu cara terbaik untuk menangani penyakit ini adalah menggunakan cara alami. Berikut ini adalah cara alami yang bisa digunakan antara lain:

Biji buah nangka, cara mudah untuk mengatasi ini adalah dengan merebus biji ini dengan air putih sampai mendidih. Setelah itu air rebusan ini bisa membantu untuk mengatasi penyakit campak.

Kunyit dan daun asam muda, tumbuk kunyit dan daun asam jawa yang masih muda hingga halus, lalu balurkan pada tubuh yang terkena penyakit campak ini.

Ubi singkong, pada saat menggunakan ini bisa dihancurkan terlebih dahulu lalu diperas sarinya dan dibalurkan ke tubuh menjadi seperti bedak.

Jeruk, minumlah air jeruk secara sering karena akan membuat vitamin C semakin mudah masuk ke dalam tubuh dan memperbaiki kulit.

Air kelapa hijau, ini memang memiliki banyak sekali khasiat yang akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan penyakit campak akan semakin sembuh seiring waktu.

Penyakit cacar air adalah salah satu penyakit lain yang hampir mirip dengan penyakit campak. Hanya perbedaan yang tampak antara penyakit ini adalah bercak yang muncul. Pada penyakit campak, bercak merah kering seperti sisik sementara itu pada penyakit cacar air bercak tersebut keluar dengan adanya kandungan air atau nanah pada bercak tersebut. Oleh karena itu seringkali dibilang bahwa penyakit cacar air lebih terasa lebih menyiksa karena bercaknya bisa pecah kapan saja. Serta mengakibatkan rasa perih dan gatal.

Gejala cacar air

Sebelum mempelajari bagaimana sebenarnya cara mengatasi penyakit ini, ada baiknya mengetahui apa saja gejala yang akan muncul. Berikut ini adalah gejala penyakit cacar air antara lain:

Advertisement

  • Demam yang tinggi,
  • Nafsu makan semakin berkurang,
  • Flu,
  • Kulit mulai gatal dan sangat gatal pada saat sudah mulai masuk beberapa fase,
  • Mulai keluar bercak merah pada tubuh yang berisi nanah.

Baca juga artikel tentang cara menghilangkan bekas cacar, karena penyakit ini akan meninggalkan bekas seumur hidup jika tidak ditanggulangi dengan benar.

Mengatasi penyakit cacar air

Ada sedikit perbedaan pada saat mengatasi penyakit cacar air ini karena ada bercak yang bernanah tersebut. Berikut ini adalah cara alami mengatasi penyakit ini antara lain:

Buah mengkudu, buah ini bisa dijus lalu diminum pada saat sedang mengalami cacar ini. Buah mengkudu adalah salah satu buah yang baik karena mengandung banyak zat yang bisa membuat tubuh menjadi lebih baik. Salah satu zat yang bisa membantu adalah zat Terpenoid yang akan memulihkan sel yang ada di dalam tubuh. Selain itu zat anti bakteri juga bisa membuat tubuh menjadi terlindung dari bakteri dan virus yang ada di udara.

Daun sirih hijau, beberapa lembar daun sirih hijau dirumbuk hingga halus kemudian campurkan dengan beberapa tetes minyak kelapa. Balurkan ramuan tersbut pada kulit yang gatal akibat cacar air.

Air kelapa muda, campurkan satu gelas air kelapa muda dengan satu sendok makan madu lalu minum. Ramuan ini efektif melawan cacar air dari dalam tubuh.

Buah semangka, ambil bagian daging yang menempel pada kulit buah semangka (berwarna putih). Lalu diparut dan tempelkan pada kulit yang terkena cacar.

Daun jarak, selain dapat menyembuhkan perut kembung manfaat daun jarak juga bisa digunakan sebagai obat cacar alami. Caranya, ambil 7 lembar daun jarak kemudian direbus selama 10 menit. Gunakan air rebusan daun jarak tersebut untuk mandi selagi masih hangat.

Kunyit, pengobatan bisa dilakukan dengan cara diminum atau sebagai obat oles. Untuk pengobatan luar, kunyit diparut hingga halus kemudian tempelkan pada kulit yang terkena cacar. Untuk pengobatan dalam, kunyit ditumbuk hingga halus lalu diperas airnya. Tambahkan 2 sendok makan madu, kemudian diminum sebanyak 1 gelas.

Temulawak, ambil 1/2 ruas jari rimpang temulawak kemudian diiris tipis dan dikeringkan. Setelah kering, ambil sebanyak 1 sendok kemudian direbus dengan 1 liter air hingga mendidih bersama satu tangkai asam jawa. Setelah dingin, airnya disaring lalu diminum 2 kali sehari.

Lada, ambil 10 butri lada hitam lalu ditumbuk hingga benar-benar halus dan dicampur dengan air hangat. Aduk rata hingga membuat sebuah adonan agak kental. Oleskan ramuan tersebut sedikit demi sedikit pada kulit yang terkena cacar.

Soda kue, ini bisa mengatasi gatal yang muncul akibat dari cacar. Caranya adalah dengan menambahkan sedikit baking soda pada air yang akan digunakan untuk mandi.

Kacang hijau, rendamlah di dalam air sampai mengembang lalu hancurkan dan balurkan pada tubuh yang terdapat bercak.

Jagung muda, jagung bisa diparut lalu diperas sampai air perasannya keluar dan pada akhirnya air tersebut bisa dioleskan pada tubuh.

Waktu selama 3 minggu ini memang akan sangat membuat kita sedikit merasa terganggu karena harus berulang kali menggunakan obat alami ini. Namun waktu 3 minggu ini adalah paling cepat karena kedua penyakit ini memang sangat lama penyembuhannya yaitu sekitar berminggu-minggu. Karena ada fase yang harus dilewati oleh penderitanya.

Ada beberapa mitos yang mengatakan bahwa penyakit ini hanya bisa terjadi satu kali dalam seumur hidup. Sampai saat ini belum ada yang membuktikan fakta ini karena ada beberapa orang yang sudah terkena penyakit ini pada akhirnya bisa terkena kembali. Salah satu cara mencegah penyakit ini adalah dengan melakukan suntik pencegahan (vaksin) pada saat usia bayi.

Cara Mengobati Campak dan Cacar Air | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply