Cara Mengobati Cacingan Pada Anak

cacingan

Cacing dalam tubuh manusia (gambar ilustrasi)

Cara Mengobati Anak Cacingan – Apa yang Anda ketahui mengenai cacingan? Istilah ini memang sangat sering kita dengar pada saat masih kecil karena menyangkut dengan kondisi tubuh terutama perut yang sangat sensitif pada saat kita masih kecil. Untuk dapat membuktikan bahwa seseorang menderita cacingan memang bukan hal yang mudah. Karena ada beberapa orang yang mengalami gejala cacingan namun pada saat sudah diperiksa ternyata tidak ada cacing yang ada sama sekali.

Jenis-Jenis Cacing

Cacing yang bisa menyerang manusia ini sebenarnya tidak hanya ada satu jenis melainkan ada beberapa jenis yang bisa membuat kita bisa terkena penyakit ini. Berikut ini adalah beberapa cacing yang bisa menyerang antara lain:

Cacing Kremi, cacing ini paling sering melanda anak-anak yang biasanya menyerang anus dan bisa dibilang ukuran cacing ini paling kecil diantara yang lain.

Cacing Pita, ini adalah salah satu jenis cacing yang bisa menyerang kapan saja terutama pada saat meminum air.

Cacing Gelang, cacing ini memiliki ukuran yang cukup besar dan juga bisa masuk ke dalam sistem pencernaan manusia yang ada pada usus besar dan juga usus kecil.

Cacing Tambang, ini adalah salah satu jenis cacing yang bisa menyebabkan penyakit yang cukup serius pada manusia.

Penyebab Anak Cacingan

Ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan penyakit cacingan ini semakin menyebar. Penyebab ini bisa saja menjadi salah satu cara untuk mengenali apakah sebenarnya kita terdeteksi penyakit cacingan ini. Berikut ini adalah penyebab dari penyakit ini antara lain:

  • Tidak mencuci tangan setelah beraktivitas, ini bisa membuat kotoran ataupun bakteri yang ada pada tangan kita menempel terus.
  • Kurangnya kebersihan, hal ini juga bisa karena makanan yang tidak dicuci dahulu sebelum memasaknya.
  • Makanan atau minuman kotor, ini bisa saja terdapat larva atau telur dari cacing yang menempel pada makanan dan minuman yang kita konsumsi dan pada akhirnya masuk ke dalam tubuh.

Kebanyakan cacing ini memang masuk melalui tubuh menggunakan makanan ataupun minuman yang kita konsumsi. Hal ini tidak memperhatikan apakah makanan itu mahal ataupun murah. Cacing ini biasanya tumbuh dengan tahapan yaitu telur terlebih dahulu. Telur ini memang bisa saja ada pada bahan makanan dan tidak tampak pada saat akan dimasak. Satu hal lagi yang bisa membuat kita merasa sangat kaget karena bisa saja telur cacing ini tidak musnah pada saat dimasak. Setelah cacing itu masih ada pada bahan makanan dan pada akhirnya masuk ke dalam tubuh dan membuat cacing tumbuh di dalam perut ataupun usus.

Ciri-Ciri Anak Cacingan

Ada beberapa ciri yang bisa dipelajari untuk mengenali apakah kita terkena penyakit cacingan atau tidak. Berikut ini adalah ciri-ciri yang sering muncul antara lain:

  • Diare,
  • Peradangan pada usus,
  • Buang air besar berdarah,
  • Gatal pada sekitar area anus,
  • Muntah,
  • Mual,
  • Perut terasa nyeri,
  • Berat badan turun secara drastis.

Cacing ini memang bisa sangat membahayakan jika tidak ditangani secara cermat dan cepat karena cacing ini bisa berkembang secara cepat di dalam tubuh manusia. Bahkan beberapa cacing bisa sangat membuat manusia menjadi rusak penampilannya, seperti cacing tambang yang bisa muncul di permukaan kulit. Cacing ini akan membuat peradangan di kulit sehingga cacing akan menonjol pada permukaan kulit yang berbentuk berliku.

Cara Mengobati Cacingan

Salah satu jenis pengobatan yang bisa dilakukan oleh setiap orang adalah dengan pengobatan alami. Pengobatan ini sangat sering dipilih karena aman dan juga tidak menimbulkan efek samping. Berikut adalah pengobatan alami yang bisa dipilih antara lain:

Lidah Buaya

Advertisement

Manfaat lidah buaya bukan hanya untuk dunia kecantikan seperti menyuburkan rambut, tapi juga bagi dunia kesehatan. Lidah buaya bahkan dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Kali ini kita akan menggunakannya untuk mengobati cacingan. Akar lidah buaya dicuci dan dijemur sampai kering. Rebus dengan segelas air sampai airnya tinggal setengah. Setelah dingin, saring airnya dan diminum sekaligus.

Wortel

Wortel merupakan sayuran yang baik untuk kesehatan karena memiliki banyak kandungan vitamin A. Tapi nenek moyang juga memanfaatkan wortel sebagai obat tradisional untuk mengatasi cacingan. Caranya, 5 buah wortel dikeringkan hingga benar-benar kering. Kemudian diparut, parutan wortel tersebut sebanyak 5 gram, lalu diseduh dengan segelas air panas. Minum 2 kali sehari.

Bawang putih

Manfaat bawang putih untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Bumbu dapur yang satu ini termasuk ke dalam kumpulan obat-obatan keluarga yang harus ada di dapur. Untuk mengobati cacingan, ambil dua siung bawang putih, cuci bersih dam kupas kulitnya. Kunyah sebentar lalu telan. Setelah itu, minum segelas air hangat.

Daun pepaya

Daun pepaya biasanya diambil yang masih mudah kemudian ditumis. Rasanya yang agak pahit seperti pare, justru membuatnya digemari. Banyak manfaat daun pepaya bagi kesehatan. Dari mulai mengobati demam berdarah, mengetasi nyeri haid, hingga mengobati cacingan. Rebus daun pepaya tersebut bersama dengan akar melati. Air rebusannya disaring, lalu minum.

Kulit mangga

Rebus kulit mangga tersebut lalu minum hasil air rebusannya. Pada kulit mangga terdapat zat antelmintik yang akan membantu untuk membasmi beberapa cacing yang ada pada tubuh seseorang. Zat ini hanya bisa muncul jika kulit ini direbus dalam beberapa waktu yang cukup singkat yaitu 15 menit.

Akar delima putih

Manfaat buah delima untuk kesehatan tak perlu diragukan lagi. Namun selain buahnya, akarnya juga ternyata bermanfaat untuk pengobatan. Salah satunya memberantas cacing dalam perut. Ambil 1 ruas jari akar delima dan 1 ruas jari temu giring, lalu rebus dengan 1 liter air hingga tersisa setengah. Saring airnya, lalu minum setiap pagi sebelum sarapan.

Daun senggugu

Daun senggugu biasa digunakan sebagai gurah untuk menjernihkan suara dan menghilangkan lendir. Tapi, bagus juga digunakan untuk mengobati cacingan pada anak dan dewasa. Daun senggugu, temu lawak, dan garam diseduh dengan segelas air panas. Setelah dingin, airnya disaring lalu minum sekaligus.

Lempuyang wangi

Tanaman lempuyang memiliki rimpang seperti jahe dan temulawak. Dan merupakan salah satu tanaman liar yang berkhasiat sebagai obat. Bunganya berbentuk seperti ujung ekor ular gurun atau ualr derik. Tumbuk hingga halus 2 ruas jari lempuyang dan 3 butir bawang merah, lalu seduh dengans etengah gelas air. Peras airnya dan minum dua kali sehari masing-masing 2 sendok makan setiap kali minum.

Daun putri malu

Ada beberapa cara alami lain yang juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit cacingan ini. Pengobatan ini juga menggunakan bahan-bahan yang alami, salah satu cara lain adalah dengan menggunakan daun putri malu yang banyak tersebar di jalanan. Rebus daun ini sampai keluar sarinya dan lalu minum sari daun ini sebelum tidur dan akan membuat cacing tersebut mati yang ada di dalam tubuh kita.

Pengobatan untuk cacingan ini memang sebagian besar adalah dengan menggunakan air rebusan yang lalu diminum. Hal ini dikarenakan cacing hanya bisa mati jika diobati dengan pengobatan dengan air yang masuk ke dalam tubuh kita dan juga dengan beberapa zat yang ada dalam ramuan tersebut. Selain itu dalam beberapa bahan alami tersebut terdapat beberapa zat yang penting dan sangat bisa membasmi adanya cacing. Pengobatan diatas bisa diterapkan pada beberapa cacing yang ada pada tubuh manusia. Sebagai contoh adalah kulit mangga yang mungkin sedikit asing bagi sebagian orang karena biasa dibuang.

Cara Mengobati Cacingan Pada Anak | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply