Cara Mengobati Amandel Secara Alami

penyakit amandel

Pemeriksaan penyakit amandel (ilustrasi: privatehealth.co.uk)

Cara Mengobati Amandel – Meskipun penyakit amandel tergolong penyakit yang tidak terlalu berbahaya, namun tentu saja bagi siapapun yang terserang penyakit ini akan merasakan sakit serta pengalaman yang menyakitkan. Sebenarnya amandel sendiri bukanlah sejenis penyakit, tapi merupakan bagian tubuh yang terdapat pada bagian belakang rongga mulut, tepatnya pada sebelah sisi kanan dan kiri rongga. Fungsi utamanya bagi anak-anak adalah sebagai penyaring bagi kuman atau bakteri yang hendak masuk ke dalam tubuh melalui rongga mulut.

Penyebab Amandel

Seiring dengan perkembangan usia, fungsi amandel ini kemudian bisa digantikan oleh organ tubuh lain. Namun bila tubuh kemasukan bakteri yang berbahaya, maka bisa jadi muncul peradangan pada amandel tersebut, sehingga sering dinamakan sakit amandel. Peradangan ini biasanya akan muncul disebabkan karena:

  • Terlalu sering mengkonsumsi makanan atau minuman dengan tingkat pengawet yang ekstrim dan juga mengandung bahan-bahan kimia.
  • Asupan air putih dan juga vitamin C yang kurang pada tubuh.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan cita rasa berlebihan, seperti terlalu manis ataupun terlalu pedas.
  • Kurangnya menjaga kebersihan anggota tubuh seperti tangan dan mulut juga bisa menjadi penyebab peradangan ini.

Biasanya untuk mengatasi penyakit ini, banyak orang yang langsung menggunakan jasa medis untuk menyembuhkannya seperti dengan melakukan pembedahan ringan atau memakai obat-obatan kimia dengan efek samping tertentu. Padahal sebenarnya disekitar kita banyak terdapat bahan yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit satu ini.

Obat Amandel Tradisional

Berikut ini kami informasikan beberapa ramuan tradisional yang bisa digunakan untuk mengobati radang amandel, diantaranya:

Air perasan jeruk nipis

Seperti kita tahu, jeruk nipis mengandung banyak senyawa yang sangat baik untuk tubuh termasuk vitamin C dengan kadar yang cukup. Untuk mengkonsumsinya, peraslah 2 butir jeruk nipis hingga benar-benar habis airnya, kemudian dicampur dengan sedikit larutan kapur sirih. Aduklah hingga merata campuran tersebut, kemudian minumlah hingga habis. Buatlah campuran ini setiap hari dan diminum ketika menjelang tidur, pasti pembengkakan yang Anda alami akan berangsur-angsur kembali normal.

Ramuan dari kulit manggis

Penelitian paling baru menyatakan bahwa kulit manggis mengandung banyak zat antioksidan yang sangat baik untuk mempertahankan kondisi tubuh agar tetap sehat. Tidak hanya itu, kandungan Xanthon pada bahan alami juga dipercaya mampu mengatasi berbagai penyakit yang sulit disembuhkan seperti jantung ataupun diabetes. Adapun untuk mengatasi peradangan amandel, cukup oleh kulit manggis seperti ini:

  • Sediakan 15 gram kulit manggis yang sudah dikeringkan, kemudian rebuslah kulit tersebut dengan dua liter air bersih hingga mendidih.
  • Saringlah air rebusan tersebut, kemudian campur dengan minyak daun mint sedikit saja. Tunggu hingga benar-benar dingin.
  • Setelah dingin, gunakan campuran tersebut untuk berkumur-kumur secara rutin dua kali sehari hingga radang mulai mengempes.

Campuran mengkudu dan madu

Advertisement

Bila Anda pernah merasakan mengkonsumsi buah mengkudu, tentu anda akan sedikit mengerutkan dahi bila harus kembali mengkonsumsinya. Ini disebabkan rasanya yang tidak enak dan bau yang khas. Namun dibalik itu, Anda juga akan mendapatkan banyak sekali manfaat buah ini karena kandungan zat Iridoid di dalamnya sangat ampuh untuk memperbaiki jaringan sel tubuh yang menurun kualitasnya. Untuk mengkonsumsinya ikuti cara berikut:

  • Sediakan dua buah mengkudu ukuran sedang yang sudah dicuci bersih, kemudian parutlah hingga habis.
  • Hasil parutan tersebut kemudian diperas hingga muncul airnya, sambil disaring.
  • Beri sedikit air panas pada perasan mengkudu tersebut kemudian aduk hingga tercampur.
  • Setelah agak hangat, beri madu secukupnya dan kembali diaduk. Madu ini untuk mengurangi rasa yang tidak enak pada mengkudu.
  • Minumlah tiga kali sehari ramuan tersebut secara rutin hingga radang Anda sembuh.

Ramuan dari daun benalu

Meskipun benalu adalah tanaman yang merugikan bagi tanaman lain yang jadi inangnya, ternyata daun benalu bisa bermanfaat untuk penyakit amandel ini. Pertama-tama ambillah daun benalu secukupnya serta adas (bumbu/rempah untuk masakan) sedikit saja. Tumbuklah kedua bahan tersebut hingga halus kemudian saring hasil tumbukan tersebut. setelah diperoleh hasil tumbukan, seduh dengan air panas setengah gelas saja. Setelah ramuan tersebut mulai hangat, segera minum ramuan tersebut. Bila dikonsumsi secara rutin, pasti amandel bengkak akan mudah diatasi dengan cepat.

Ramuan dari jahe

Selain sebagai bumbu penyedap cita rasa pada masakan, ternyata jahe bisa juga dimanfaatkan untuk mengatasi radang pada amandel ini. Hal ini disebabkan sifat jahe sendiri yang mengandung anti inflamasi sehingga mampu mengatasi radang secara efektif. Caranya adalah dengan mengkeprek atau memenyet jahe yang sudah dikupas kulitnya serta dicuci bersih. Keprekan tersebut, kemudian diseduh dengan sedikit air panas kemudian agar rasanya manis bisa ditambahkan sedikit gula. Mengkonsumsi ramuan ini minimal sehari dua kali secara rutin, pasti akan membuat radang amandel Anda bisa diatasi.

Mengunyah bawang merah

Mungkin agak terdengar sedikit aneh, namun sebenarnya sifat anti inflamasi pada bawang merah bisa digunakan sebagai senjata ampuh untuk mengalahkan radang amandel. Cukup kupas kulit bawang hingga tidak ada yang menempel, kemudian dicuci sampai terasa bersih. Kunyah bawang tersebut hingga lembut, kemudian telan hingga habis. Kunyahlah bawang merah minimal dua kali sehari sampai radang amandel Anda kembali normal.

Ramuan Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang kaya akan khasiat. Khasiat kunyit sudah saya jelaskan di artikel-artikel sebelumnya. Sekarang kita akan menggunakan kunyit untuk membuat ramuan obat tradisional untuk penyakit amandel. Seibu jari kunyit diparut, seduh dengan segelas air panas, kemudian beri perasan air jeruk nipis dan sesendok makan madu. Minum ramuan tersebut sekali sehari.

Daun Sosor Bebek

Daun sosor bebek juga banyak digunakan untuk bahan pengobatan tradisional. Diantaranya mengobati ambeien atau wasir. Ada juga yang memanfaatkan daun sosor bebek untuk mengobati bisul. Namun kali ini kita akan menggunakan tanaman ini untuk mengobati amandel. Ambil 5-10 lembar daun sosor bebek lalu dicuci bersih dan bilas dengan air masak. Tumbuk sampai halus, peras, airnya disaring. Gunakan air tersebut untuk berkumur.

Selain menggunakan bahan-bahan alami tersebut diatas, anda juga harus mengkombinasikannya dengan pola hidup yang lebih sehat. Istirahatlah secara teratur dan cukup (minimal 6 jam sehari) dan selama radang tersebut usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang lembek. Mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari, juga harus dilakukan untuk menjaga metabolisme tetap terjaga. Tidak lupa hindari makanan terlalu pedas maupun terlalu panas agar radang amandel yang diderita bisa segera normal kembali.

Cara Mengobati Amandel Secara Alami | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply