Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami

cara menghitamkan rambut

Menghitamkan rambut bisa dilakukan secara alami menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita (foto: disilgold.com)

Ulasan menarik mengenai cara menghitamkan rambut dengan menggunakan ramuan alami dari tumbuhan atau tanaman yang dapat dengan mudah didapatkan.

Rata-rata penduduk di negara-negara Asia Tenggara memiliki rambut yang berwarna hitam. Beda halnya dengan negara-negara Eropa yang mayoritas penduduknya berambut pirang. Menurut para ahli, hal demikian dapat terjadi karena penduduk yang berasal dari negara-negara Asia Tenggara memiliki kadar melanin rambut yang lebih banyak, sehingga warna rambut rata-rata hitam pekat.

Rambut hitam bagi pria atau pun wanita merupakan keindahan alami yang cukup sulit untuk diraih, pasalnya segala sesuatu yang ada pada zaman modern kini dibuat serba praktis, tapi berefek samping yang merugikan di lain hari. Mewabahnya produk perawatan rambut untuk ini itu terkadang membuat banyak orang tidak berpikir panjang akan dampak buruk akibat penggunaan produk-produk tersebut.

Rambut beruban adalah salah satu reaksi kurang menyenangkan dari rambut karena keseringan menggunakan wax atau minyak rambut. Adapun rambut yang berwarna kecoklatan akibat tidak terawat dengan betul, menjadi mudah rontok dan mengalami berbagai masalah serupa terkait dengan rambut.

Cara Menghitamkan Rambut

Dengan rambut yang hitam alami sudah pasti sehat dan tampak indah. Yang menjadi masalah di sini adalah kebiasaan masyarakat mengikuti trend fashion dari negara lain yang semestinya tidak cocok apabila ditiru karena beberapa faktor, seperti suhu, musim, pola hidup, dan masih banyak lagi.

Apabila Anda berminat untuk mewujudkan mimpi mewarnai rambut menjadi hitam dengan metode alami, berikut beberapa ramuan tradisional yang dapat menghitamkan rambut sekaligus mengatasi berbagai masalah berhubungan dengan rambut.

Advertisement

Daun Kembang Sepatu

Tentu Anda tidak asing dengan bunga sepatu yang berwarna putih dengan ukuran cukup besar. Pada bagian daun tanaman kembang sepatu terdapat zat yang membantu menumbuhkan rambut hitam secara bertahap.

Pertama sediakan minimal 10 helai daun tanaman kembang sepatu. Apabila telah dikumpulkan, cuci dengan air dalam satu wadah, kemudian remas-remas sampai keluar cairan yang menyerupai lendir. Gunakan untuk mengoles rambut yang sebelumnya telah dibasahi dengan air. Diamkan hingga kering, terakhir bilas rambut dengan keramas.

Daging Buah Alpukat

Buah alpukat dapat dijadikan krim wajah dan juga masker rambut untuk perawatan. Anda tidak perlu khawatir karena penggunaan masker alpukat untuk rambut tidak memberi efek samping yang merusak struktur rambut.

Caranya siapkan satu buah alpukat ukuran sedang, setelah itu keruk dagingnya dan lumatkan dalam wadah. Tuangkan beberapa tetes air perasan jeruk nipis, kemudian aduk beberapa kali. Aplikasikan pada rambut yang telah dibasahi, kemudian tutup dengan shower cap, diamkan selama satu jam, terakhir keramas hingga rambut tidak lengket.

Kantung Teh Yang Telah Digunakan

Kantung teh celup yang telah dipakai dapat digunakan untuk membuat rambut tampak berkilau dan hitam alami dengan syarat, telah didiamkan semalaman. Mengistirahatkan kantung teh basi semalaman membantu mengeluarkan nutrisi yang terkandung di dalamnya seperti seng, fosfor, dan vitamin yang baik untuk menutrisi rambut.

Sebelum digunakan, Anda buka terlebih dahulu kantungnya dan ambil ampas teh, tempatkan pada mangkuk kecil. Jika ada, tambahkan dengan sedikit minyak kemiri. Kemudian balurkan kedua bahan yang telah tercampur pada rambut secara merata, diamkan sekitar 15 menit, kemudian keramas dengan shampo.

Tingkat keberhasilan dari cara menghitamkan rambut di atas mencapai 80%, meskipun berkurang setidaknya rambut Anda lebih terasup nutrisi sehingga terhindar dari berbagai masalah yang mengancam keindahan rambut. Lihat juga artikel tentang cara meluruskan rambut dengan bahan alami.

Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply