Cara Menghilangkan Rambut Beruban

rambut beruban

Rambut beruban adalah hal lumrah pada orang tua, namun jika anak muda sudah mengalaminya maka perlu dibasmi.

Uban merupakan rambut putih yang kerap kali tumbuh pada kulit kepala. Menurut penelitian, berubahnya warna rambut menjadi putih tidak hanya karena usia melainkan karena keturunan, stress yang terlalu berebihan, dan juga karena efek rokok. Meski begitu, banyak orang yang menganggap bahwa keberadaan rambut putih penyebabnya hanyalah usia. Padahal Hal itulah yang kemudian membuat banyak orang merasa kurang percaya diri untuk berhadapan dengan orang lain terlebih dengan lawan jenis.

Cara Mencegah Rambut Beruban

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Pepatah tersebut adalah benar dan tidak perlu dipertentangkan lagi. Untuk itu, sebelum anda mengalami rambut beruban, ada baiknya melakukan langkah pencegahan agar hal tersebut tidak terjadi. Caranya dengan menjalankan pola hidup sehat, konsumsi makanan sehat, hindari stres dan istirahat yang cukup.

Menjaga Pola Makan

Makanlah makanan yang mengandung banyak kandungan gizi seperti vitamin A, vitamin B dan protein. Vitamin A berperan penting untuk menjaga kesehatan rambut agar tidak rapuh dan berganti warna. Vitamin A banyak dikandung oleh sayuran seperti wortel dan sawi. Selain sayuran, buah – buahan juga banyak mengandung vitamin A seperti buah apel dan anggur. Sedangkan vitamin B berperan penting dalam menjaga jumlah minyak yang diproduksi untuk menjaga kelembapan rambut. Vitamin B banyak dikandung oleh sayur mayur, buah dan sereal.

Protein juga merupakan sumber gizi yang tak kalah penting untuk menunjang performa rambut. Protein mampu menjaga rambut untuk tetap konsisten terhadap warna hitam yang dimilikinya. Untuk mendapatkan manfaat protein, anda cukup mengkonsumsi kacang – kacangan, susu, telur, daging dan lain – lain.

Hindari Stres

Selain itu, menghilangkan rambut beruban juga dapat anda lakukan dengan cara menghindari stress. Stress memang membawa banyak dampak buruk bagi kesehatan seseorang. Bahkan, munculnya uban diantara rambut – rambut hitam juga merupakan salah satu akibat dari stress yang berlebihan. Karena itulah, sebaiknya anda selalu mengkondisikan pikiran anda dalam keadaan yang tenang dan rileks. Pikirkan masalah anda dengan tenang dan berfikir secara jernih. Dengan begitu, uban di rambut anda akan dapat berkurang sedikit demi sedikit.

Istirahat yang Cukup

Advertisement

Untuk mencegah munculnya uban di rambut, istirahat yang cukup juga sangat diperlukan. Dengan istirahat yang cukup, sel pada rambut akan beregenerasi sehingga menjadikannya lebih sehat. Selain baik untuk kesehatan rambut, istirahat juga bermanfaat untuk menghindari stress pada kulit. Dengan menjalankan cara ini, anda dapat melakukan satu usaha yang memiliki banyak manfaat.

Cara Menghilangkan Rambut Beruban

Menghilangkan rambut beruban bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang cara penggunaan dan pembuatannya bisa kita lakukan sendiri di rumah. Lebih tepat jika disebut cara tradisional untuk menagtasi uban di rambut.

Minyak Kelapa/Kemiri

Pijat rambut dapat membuat rambut anda menjadi semakin tenang. Pijatan – pijatan yang menenangkan tersebut juga akan melancarkan peredaran darah dikulit kepala sehingga rambut dapat selalu sehat. Karena otot dikulit kepala menjadi tenang, perubahan warna pada rambut akan dapat dicegah dengan mudah. Maka dari itu, sering–seringlah anda memijat kulit kepala anda menggunakan pelumas seperti minyak kemiri atau minyak kelapa.

Gunakan Air Kelapa

Waktu kecil saya sering keramas dengan menggunakan air kelapa yang sudah tua, karena menurut ibu saya itu bagus untuk rambut. Belakangan saya tahu bahwa air kelapa memang sangat berkhasiat untuk rambut, terutama dalam mencegah dan mengatasi uban. Caranya dengan keramas menggunakan air kelapa yang sudah tua yang sudah layak diambil santannya.

Teh Hitam

Selain nikmat disajikan sebagai minuman sehari-hari, teh hitam juga bagus jika digunakan untuk perawatan rambut. Termasuk mengatasi uban di rambut Anda. Caranya, ambil air teh sebanyak satu gelas besar dan biarkan semalaman di luar rumah, tapi jangan sampai terkena air hujan. Keesokan harinya, air teh tersebut digunakan untuk membasuh rambut pada pagi harinya. Setelah itu keramas seperti biasa.

Jus Lemon dan Minyak Almond

Selain minyak kelapa, minyak almond juga berkhasiat untuk menghilangkan uban di rambut. Agar khasiatnya lebih terasa, padukan dengan jus lemon. Caranya, campurkan minyak almond dengan jus lemon lalu aplikasikan pada rambut sebagai masker rambut alami. Diamkan selama 30 menit lalu bilas hingga bersih dan keramas seperti biasa.

Warnai Rambut

Mewarnai rambut memang langkah yang paling cepat dan solusi terakhir untuk membuat rambut bebas dari uban. Namun, pemilihan pewarna rambut yang tepat juga sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut. Pewarna rambut yang paling tepat untuk menghilangkan rambut beruban adalah pewarna yang terbuat dari bahan alami. Anda dapat mengetahui susunan bahan alami dengan membaca komposisi produk yang berada di belakang kemasan pewarna rambut.

Itulah beberapa cara menghilangkan rambut beruban yang dapat anda coba dirumah. Semua cara diatas sudah terbukti ampuh dalam menangani pertumbuhan uban pada rambut. Untuk melakukan pijatan, anda dapat melakukannya disalon kecantikan. Selamat mencoba 😉

Baca juga artikel mengenai cara menghilangkan kutu rambut dan cara mengatasi rambut rontok menggunakan bahan alami.

Cara Menghilangkan Rambut Beruban | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply