Cara Menghilangkan Panu Dengan Alami

panu

Penyakit panu yang menyerang bagian punggung

Cara Menghilangkan Panu – Panu merupakan salah satu jenis penyakit yang merakyat, dikatakan merakyat karena penyakit ini bisa menyerang siapa saja. Bagian tubuh yang iserang pun bisa dimana saja. Tai lebih banyak menyerang bagian tubuh seperti punggung, dada, selangkangan, wajah dan lengan.

Penyakit yang dalam dunia kedokteran disebut dengan istilah Tinea Versicolor atau Pitiriasis Versicolor ini disebabkan oleh tumbuhnya jamur Candida Albicans dan pada umumnya menyerang pada bagian kulit yang sering berkeringat. Bagian-bagian seperti punggung, wajah, lengan dan leher biasa dijadikan sasaran tumbuh dan berkembangnya penyakit ini.

Panu bisa disembuhkan dengan menggunakan produk-produk penghilang panu yang bisa didapatkan di pasaran. Akan tetapi adanya bahan kimia yang terkandung di dalam produk-produk tersebut menyebabkan penggunaannya menjadi tidak bersahabat dan kurang baik bagi kulit. Ada baiknya anda memanfaatkan bahan-bahan alami yang bisa dijumpai disekitar sebagai obat. Berikut beberapa contoh bahan alami yang bisa anda manfaatkan sebagai obat untuk menghilangkan panu:

Bawang Putih

Selain digunakan sebagai pelengkap dalam bumbu masakan, bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan panu secara alami.

Caranya menggunakannya adalah seperti berikut: Ambil 1-2 siung bawang putih, potong masing-masing bawang putih menjadi 2 bagian. Gosokkan bawang putih tersebut pada bagian tubuh yang ditumbuhi panu. Ulangi secara rutin 2 kali sehari sampai panu benaar-benar hilang.

Lengkuas

Advertisement

Seperti halnya bawang putih, lengkuas lazimnya dijumpai di dapur sebagai rempah-rempah untuk melengkapi bumbu masakkan. Selain biasa digunakan untuk memberikan aroma yang sedap pada makanan ternyata lengkuas juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk menghilangkan panu.

Caranya yaitu: Ambil beberapa lengkuas yang masih segar. Potong lengkuas menjadi 2 atau 3 bagian. Oleskan air lengkuas pada bagian tubuh yang ditumbuhi panu. Lakukan secara rutin setiap sehabis mandi.

Belimbing wuluh

Jenis buah yang masuk kedalam keluarga belimbing ini memiliki rasa yang cukup asam dan cenderung pahit dan biasa digunakan sebagai pengganti asam didalam masakan sayur asam. Selain bisa dimanfaatkan dalam olahan masakan belimbing wuluh juga bisa membantu menghilangkan panu.

Caranya adalah sebagai berikut: Ambil beberapa buah belimbing segar. Haluskan dengan menggunakan blender. Campurkan belimbing wuluh yang sudah halus dengan air kapur. Aduk merata kemudian oleskan pada bagian tubuh yang ditumbuhi panu. Ulangi secara rutin 2 kali sehari.

Jeruk nipis

Siapa yang tidak mengenal buah yang satu ini. Cita rasa segar yang ditimbulkannya membuat buah yang masuk dalam keluarga jeruk ini tidak jarang dimanfaatkan sebagai minuman. Jeruk nipis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, oleh karena itu jeruk nipis juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati panu.

Caranya adalah sebagai berikut: Ambil 1 buah jeruk nipis, belerang dan minyak kelapa. Haluskan belerang dan potong jeruk nipis menjadi beberapa bagian. Tuangkan sedikit minyak kelapa pada wadah berisi belerang yang sudah dihaluskan tadi. Aduk rata, lalu celup-celupkan potongan jeruk nipis pada wadah tersebut. Oleskan jeruk nipis yang sudah terkena campuran belerang dan minyak kelapa ke bagian kulit yang ditumbuhi panu. Ulangi secara rutin setiap sehabis mandi.

Memanfaatkan bahan-bahan alami yang terdapat disekitar bisa menjadi alternatif yang hemat dan efisien dalam mengobati segala penyakit. Begitu juga untuk mengobati atau menghilangkan panu yang bisa timbul sewaktu-waktu pada tubuh anda. Rajinlah untuk selalu menjaga kebersihan serta hindari hal-hal yang bisa menyebabkan tumbuhnya panu karena panu merupakan jenis penyakit yang bisa menular pada siapa pun. Demikian tips-tips menghilangkan panu yang bisa anda coba, semoga bermanfaat.

Cara Menghilangkan Panu Dengan Alami | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply