Cara Menghilangkan Komedo

cara menghilangkan komedo

Salah satu cara menghilangkan komedo di hidung adalah dengan menggunakan masker putih telur

Komedo adalah kotoran yang menumpuk pada pori-pori kulit wajah dengan jumlah banyak dan berukuran kecil. Biasanya, komedo terdapat di sekitar hidung dan bawah mata atau epilet kulit. Ini merupakan masalah kecil yang dapat mempengaruhi penampilan seseorang, apabila tidak dibersihkan dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Komedo terbagi dalam dua jenis, pertama komedo putih (whiteheads) dan komedo hitam (blackheads). Keduanya sama-sama berupa tumpukan kotoran pada kulit wajah, namun komedo putih cenderung sulit dihilangkan dibanding komedo hitam karena butuh bantuan dokter untuk membersihkannya.

Dikatakan bahwa whiteheads (komedo putih) sulit dihilangkan karena kulit harus ‘dilukai’ dengan cara-cara dokter, salah satu metode yang digunakan adalah dengan menyuntik komedo yang berada di bagian mata, suntik yang digunakan semacam jamur suntik berukuran tipis dan harus steril agar terhindar dari infeksi.

Sementara komedo hitam mudah dihilangkan, namun akan datang kembali dihari-hari berikutnya. Meskipun begitu, bukan berarti tidak perlu membersihkannya, karena lama kelamaan komedo yang tidak dibersihkan akan menumpuk hingga berdampak pada masalah lain seperti jerawat, kulit berminyak, dsb.

Cara Menghilangkan Komedo

Terlepas dari penjelasan mengenai komedo, mungkin Anda sudah kebingungan untuk mengatasi masalah ini. Sangat sering setiap orang mengeluh bahwa selama ini cara menghilangkan komedo yang diterapkan dirasa tidak berhasil, karena komedo terus datang.

Memang komedo akan terus datang selagi Anda jarang merawat kesehatan kulit bagian wajah. Atau bisa jadi karena Anda belum tahu hal-hal yang harus dihindari agar terbebas dari komedo dalam jangka panjang, seperti.

Advertisement

Hindari makan makanan berlemak. Kalau Anda tidak bisa stop makan sesuatu yang digoreng alias berlemak, kemungkinan besar Anda terbebas dari komedo nol besar.

Jarang cuci muka. Karena setiap hari Anda berkeliaran sana sini, maksudnya bekerja. Sangat mungkin bila wajah diterpa banyak kotoran yang memicu timbulnya komedo. Oleh sebab itu, sangat penting untuk rutin membersihkan wajah, apalagi sehabis kerja. Jika Anda malas cuci muka, say hello to blackheads.

Setidaknya komedo akan takut hinggap di wajah Anda apabila kedua poin diatas bisa Anda hindari. Meskipun begitu, kecil kemungkinan bila komedo tidak datang kembali, karena kotoran akan terus berterbangan dan menempel di kulit wajah Anda.

Untuk itu lebih baik Anda gunakan bahan-bahan alami penghilang komedo hitam, misalnya:

Putih Telur

Masker dari putih telur dikenal mampu mengatasi berbagai problem wajah, seperti jerawat, kusam, berminyak, hingga komedo.

Cara menggunakan:

 Basuh wajah dengan air hangat.
 Pecahkan telor, dan ambil bagian putih atau pisahkan kuningnya.
 Gunakan kuas atau tangan yang dilapisi plastik untuk mengoleskan putih telur pada wajah.
 Hadapkan wajah ke atas selama 10 menit hingga masker kering.
 Bersihkan wajah dengan air hangat, terakhir gunakan air dingin agar pori-pori kulit tertutup.

Lakukan 2 – 3 kali dalam seminggu.

Lidah Buaya (Aloe Vera)

Lidah buaya (aloe vera) adalah tumbuhan berdaging berupa gel yang sering dipakai para wanita untuk menghitamkan rambut. Jika Anda punya masalah dengan komedo, gel lidah buaya siap membantu juga.

Cara menggunakan:

 Bilas wajah dengan air hangat.
 Patahkan tanaman lidah buaya yang masih segar.
 Tekan sedikit hingga keluar gel atau lendir.
 Usap atau gosok perlahan gel tersebut pada wajah.
 Biarkan selama 15 menit.
 Bersihkan wajah dengan air bersih.

Agar hasil maksimal, lakukan rutin 2 – 3 kali dalam seminggu.

Ada cara menghilangkan komedo lain yang lebih ampuh, tepatnya pilihan terbaik. Untuk mencobanya Anda harus pergi ke klinik kecantikan, perawatan facial, peeling dan chemical peeling adalah perawatan ampuh untuk mengusir komedo adalah jenis perawatan yang hanya bisa dilakukan oleh ahli kecantikan.

Cara Menghilangkan Komedo | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply