Cara Menghilangkan Bau Mulut

bau mulut tak sedap

Cara menghilangkan bau mulut tak sedap

Mulut dapat mengeluarkan aroma tidak sedap apabila kurang terawat kondisi kesehatannya. Begitu Anda bicara ataupun menghembuskan napas melalui mulut, hidung akan merespon aroma menyengat yang keluar dari mulut Anda, itu yang dinamakan sebagai bau mulut. Bau mulut bisa menjadi masalah dalam kehdupan sehari-hari terutama ketiga bergaul dengan orang lain.

Lebih jauh lagi, bau mulut juga bisa menjadi indikator adanya penyakit tertentu di dalam tubuh. Misalnya radang tenggorokan, diabetes, kanker lambung dan masalah pencernaan lainnya.

Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

Menurut orang banyak, bau mulut dapat terjadi karena gigi terlapisi oleh plak dan karang gigi sehingga sulit dibersihkan. Penyebab bau mulut tersebut memang benar, tetapi para dokter mengatakan hal utama yang memicu mulut mengeluarkan aroma tidak sedap adalah bakteri yang tertimbun dalam gusi ataupun gigi.

Ada pula penyebab lain yang mungkin belum Anda ketahui, seperti berikut misalnya.

Sariawan.

Bibir kering, pecah-pecah, dan sariawan adalah masalah serius yang membuat mulut jadi bau karena terbentuk cairan nanah pada mulut serta adanya infeksi bakteri.

Gusi Berdarah.

Darah yang keluar dari gusi terkadang menumpuk di dalam mulut sehingga berisiko menciptakan bau yang kurang sedap dari dalam. Gusi berdarah juga salah satu indikasi kemungkinan adanya penyakit lain yang lebih serius.

Makanan Tertentu.

Beberapa jenis makanan dapat mengeluarkan aroma tajam menyengat yang tidak disukai orang lain. Misalnya bawang merah dan bawang putih, jengkol, petai, durian dan lain-lain. Setelah mengkonsumsi makanan tersebut, sebaiknya dinetralkan dengan mengkonsumsi mentimun.

Alkohol.

Minuman dengan kdar alkohol akan menghambat produksi air liur atau ludah, bahkan mengeringkannya jika Anda minum dengan jumlah banyak. Dengan berkurangnya air liur maka bakteri yang memicu bau pada mulut tidak dapat dibasmi dengan baik.

Jarang Sikat Gigi.

Jelas Anda tahu, gigi yang tidak pernah disikat akan memancing bakteri menempel dan menciptakan plak yang berujung pada karang gigi. Apabila kondisi karang gigi sudah parah, bau mulut akan terasa menyengat bahkan Anda sendiri tidak kuat menahan bau yang dikeluarkan.

Advertisement

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Pada beberapa orang, ada yang mengalami masalah bau mulut yang sulit dihilangkan. Karena itu drg. Citra Kusumasari, SpKG menjawab konsultasi salah satu pasiennya mengenai masalah ini dengan membagikan tips mengatasi sekaligus mencegah bau mulut seperti berikut.

Rawat Mulut Agar Tetap Bersih.

Langkah awal yang dapat Anda lakukan tentunya menjaga kebersihan mulut dengan berbagai tindakan seperti sikat gigi teratur, menggosok lidah, bila perlu pakai alat bantu benang ggi untuk mengangkat kotoran yang melapisi gigi.

Rebusan Daun Sirih

Manfaat daun sirh untuk kehidupan sehari-hari memang cukup banyak, salah satunya bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut. Caranya, rebus 6 lembar daun sirih dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring airnya, selagi hangat digunakan untuk berkumur. Lakukan hal ini secara rutin.

Madu dan Jeruk Nipis

Campuran madu dan jeruk nipis tidak hanya bagus digunakan untuk perawatan wajah dan mengatasi jerawat, tapi juga bisa digunakan untuk mengatasi bau mulut tak sedap. Caranya, larutkan satu sendok makan madu dalam segelas air hangat. Kemudian tambahkan air perasan jeruk nipis, minum pada waktu pagi hari. Mulut Anda akan terbebas dari bau tak sedap selama seharian.

Obat Kumur.

Ada satu jenis obat kumur yang bersifat sebagai antibakteri kuat dengan kegunaan efektif dalam membunuh bakteri pada rongga mulut. Dokter mengatakan obat kumur tersebut adalah obat kumur klorheksidin yang hanya boleh digunakan dua minggu sekali.

Konsumsi Buah dan Sayur.

Cara mengatasi bau mulut yang mengasyikkan adalah makan beraneka ragam buah-buahan berserat dan sayuran hijau seperti apel, pir, sawi, brokoli, dan masih banyak.

Perbanyak Minum.

Para ahli kesehatan menyarankan setiap orang untuk minum paling sedikit 7 gelas air dalam sehari. Air putih akan memperlancar metabolisme tubuh, selain itu kegunaan air mineral adalah membasahi mulut, lidah, dan gigi saat kondisi kering sehingga bau mulut terhindarkan.

Bahan Herbal.

Banyak tumbuhan herbal yang dapat Anda konsumsi ibarat lalapan sehabis atau saat makan, seperti cengkeh, kapulaga, atau biji adas. Kedua bahan herbal tersebut dapat menyegarkan napas dan mulut Anda.

Teh Hijau.

Green tea banyak memberikan khasiat kesehatan, termasuk membunuh bakteri pada mulut. Ini karena di dalam teh hijau terdapat senyawa yang bertugas sebagai anti oksidan untuk membunuh agen bakteri dalam rongga mulut.

Periksa Gigi Secara Rutin.

Apabila mulut Anda rentan terhadap bakteri yang menyebabkan bau mulut, cobalah rutin mengunjungi dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan. Para ahli sepakat bahwa setiap orang sebaiknya memeriksakan kondisi mulut dan giginya pada konsultan kesehatan gigi dan mulut minimal 2 bulan sekali.

Selain bau mulut, masalah lainnya yang sering dihadapi adalah bau badan dan bau kaki. Cara untuk menanganinya sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya.

Cara Menghilangkan Bau Mulut | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply