Cara Menghilangkan Bau Kaki

bau kaki

Merendam kaki dengan air lemon dapat menghilangkan bau kaki

Pernah sesekali mencium aroma bau menyengat dari kaki Anda? Seperi bau mulut, kita terkadang tidak menyedarinya, tapi ini membuat orang-orang yang berada di dekat Anda merasa tidak nyaman. Itulah masalah yang harus segera Anda tangani dengan cara menghilangkan bau kaki berikut.

Bau kaki dapat terjadi kapan dan di mana saja, Anda tidak bisa menghindarinya selagi kurang memperhatikan kesehatan serta kelembaban kaki. Kemunculan aroma tersebut juga terjadi akibat Anda tidak menjauhi sesuatu yang sebetulnya menjadi faktor pemicu bau kaki.

Penyebab Bau Kaki

Pada dasarnya, bau kaki terjadi karena banyak bakteri yang mengendap pada kaki. Bakteri tersebut lama kelamaan akan berkembang biak dan menciptakan jamur pada kaki. Dalam waktu singkat, kaki Anda akan terasa gatal sehingga membuat Anda terus menggaruk dan tak jarang yang berujung pada alergi.

Pernahkan Anda menggunakan sepatu dan kaos kaki ketika hujan deras? Kondisi tersebut akan memperburuk kebersihan kaki Anda, bakteri lebih cepat tumbuh kembang dan menciptakan aroma bau yang benar-benar tidak sedap.

Cara Menghilangkan Bau Kaki

Mudah saja, langkah awal untuk mengurangi bau pada kaki yang dapat Anda lakukan adalah menjauhi sekecil apapun faktor yang memungkinan kaki menjadi beraroma tidak sedap. Selanjutnya Anda bisa mencoba beberapa tips berikut hingga bau kaki hilang.

Cuci atau Rendam Kaki.

Sepulang kerja, biasakan untuk membersihkan kaki secara rutin. Apalagi jika seharian Anda tidak melepaskan kaos kaki dan sepatu yang dikenakan, tentu membuat kaki jadi lembab dan menimbulkan bau. Membersihkan kaki bisa dengan sekedar mencuci atau melakukan perendaman dengan air dan sabun antibakteri selama beberapa menit.

Ganti Kaos Kaki.

Advertisement

Sebetulnya ini termasuk langkah pencegahan timbulnya bau pada kaki. Mengganti kaos kaki berbahan dasar katun atau wol akan membantu Anda terhindar dari problem ini, sebab bahan tesebut dapat menyerap keringat dengan efektif tanpa terkontaminasi dengan bakteri.

Manjakan Sepatu.

Anda harus memperlakukan sepatu Anda seperti apa yang Anda lakukan pada diri sendiri. Ketika malam hari, masukkan kepingan kayu cedar ke dalam sepatu agar menciptakan aroma semerbak. Sebelum mengenakan sepatu, semprotkan minyak wangi pada sepatu Anda.

Oleskan Antiperspirant.

Antiperspirant adalah kosmetik yang biasa digunakan untuk mengatasi bau ketiak, tetapi Anda bisa membelinya khusus untuk kaki. Fungsi dari kosmetik ini adalah mencegah keringat keluar berlebih dengan cara mengecilkan pori-pori kaki dan memblok saluran yang menuju kelenjar keringat.

Letakkan Kertas Pengering.

Jika kaki Anda benar-benar gampang berkeringat, sebaiknya letakkan beberapa lembar kertas pengering agar membantu penyerapan keringat. Memang sedikit aneh, tapi cara ini cukup membantu banyak orang.

Obat Kumur.

Obat kumur juga dapat membantu mengatasi bau kaki, karena sifatnya tetap sebagai pembunuh bakteri seperti pada mulut. Anda bisa merendam kaki pada air yang telah dicampurkan obat kumur, atau oleskan kaki dengan kapas yang telah direndamkan ke dalam obat kumur.

Kue Kaki.

Tahukah Anda kalau untuk menghilangkan bau kaki, Anda bisa menganggap bahwa kaki adalah kue. Yang dimaksud disini, Anda bisa melumuri atau menaburi kaki dengan tepung maizena yang biasa digunakan untuk membuat kue putri salju. Sebelum ditaburi pada kaki, pastikan kaki Anda benar-benar kering.

Gunakan Ukuran Pas.

Saat membeli sepatu dan kaos kaki, carilah yang muat untuk kaki Anda, kalau perlu biarkan longgar sedikit. Apabila sepatu yang Anda gunakan bekerja terlalu sempit, maka kaki sulit menerima angin dari luar yang membantu menjaga kelembaban pada kaki. Oleh karena itu, pakai sepatu berukuran sesuai dengan kaki Anda.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau kaki, beberapa poin diatas juga termasuk sebagai tips mencegah bau kaki, semoga berguna untuk Anda yang mengalami masalah dengan bau kaki. Baca juga artikel mengenai cara menghilangkan bau badan secara alami.

Cara Menghilangkan Bau Kaki | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply