Cara Menghilangkan Bau Badan

bau badan tak sedap

Bau badan bisa disebabkan oleh makanan, penyakit dan jarang membersihkan tubuh.

Bau badan adalah aroma tidak sedap yang keluar dari tubuh, biasanya bersumber dari kaki, ketiak, dan tiap lempitan bagian tubuh luar. Ini hanya masalah kecil, dan tidak dikategorikan sebagai suatu penyakit ringan ataupun kronis karena tidak memberikan gejala yang meresahkan, sama tidak butuh obat untuk mengatasinya,

Penyebab Bau Badan

Anda wajib mengetahui apa saja yang menjadi penyebab bau badan, mulai dari makanan yang Anda konsumsi dan kebiasaan hidup tidak sehat.

Daging. Tidak hanya menyebabkan bau mulut, tetapi juga bau badan. Pernyataan tersebut didapat berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh beberapa peneliti dari Republik Ceko, tahun 2006 yang mengumpulkan sampel keringat orang yang makan daging lebih bau dibanding vegatarian.

Bawang Putih. Ketika Anda mencacah bawang putih untuk dijadikan bumbu masakan, senyawa alicin yang terkandung akan dilepaskan. Setelah Anda konsumsi makanan dengan bumbu bawang putih, senyawa alicin berevolusi menjadi senyawa lain dalam tubuh sehingga bakteri terkontaminasi oleh keringat yang berujung pada bau badan tidak sedap.

Malas Membersihkan Tubuh. Bau badan biasa menimpa orang-orang yang malas merawat kebersihan tubuhnya. Jarang mandi dan tidak mengganti pakaian maksimal dua hari sekali adalah contoh kemalasan dalam melakukan perawatan kesehatan.

Penyakit. Diabetes adalah penyakit yang membuat penderita mengalami bau badan. Menurut ranah medis, hal ini dikarenakan kadar gula darah tidak terkendali sehingga disaat ketoadosis terjadi, timbul bau menyengat dari badan. Penyakit lain yang membuat penderita mengalami hal serupa adalah liver, sebab tubuh tidak mampu mengeluarkan racun dengan baik.

Cara Menghilangkan Bau Badan

Agar Anda menjadi percaya diri lagi untuk berkencan dengan kekasih, ikuti beberapa cara menghilangkan bau badan berikut.

Kunyit dan Bumbu Lain.

Advertisement

Bahan: 20 gram kunyit, iris tipis dan bersihkan. 5 lembar daun sirih, asam jawa dan gula aren secukupnya.
Cara pemakaian: Bersihkan semua bahan, kemudian didihkan dalam 600 cc air sampai tersisa 200 cc. Saring dan minum air rebusan sekaligus.

Daun Kemangi

Bahan: Segenggam daun kemangi atau daun beluntas muda, cuci bersih.
Cara pemakaian: Bahan yang telah dicuci Anda konsumsi sebagai lalap mentah ketika makan ayam goreng atau pecel lele, agar lebih sedap tambahkan sambal. Perawatan ini harus Anda lakukan setiap hari sampai bau badan berkurang.

Temu Lawak

Bahan: 20 gram temulawak, 25 gram daun beluntas, dan 15 gram temu giring.
Cara pemakaian: Bersihkan semua bahan dengan air, kemudian tumbuk secara terpisah. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 400 cc air sampai tersisa 150 cc, saring dan minum air rebusan ketika dingin.

Daun Kedondong

Bahan: Daun kedondong dari laut secukupnya.
Cara pemakaian: Rebus semua bahan, jadikan lalap mentah sambil makan nasi dengan lauk yang renyah.

Akar Wangi

Bahan: 30 gram akar wangi (larasetu).
Cara pemakaian: Bersihkan akar wangi, kemudian didihkan dalam panci berisi 600 cc air sampai tersisa 300 cc. Minum air rebusan ketika dingin sebanyak 2 kali dalam sehari.

Jeruk Nipis

Siapkan 5 buah jeruk nipis, peras dan air tampung dalam mangkuk kecil. Tambahkan sedikit kapur sirih, kemudian campur. Gunakan tangan untuk menggosok pada permukaan kulit tubuh yang diduga menjadi sumber bau badan, seperti ketiak.

Daun Sirih

Seduh daun sirih dengan segelas air panas, sambil diaduk beberapa menit. Tunggu air dingin, saring untuk memisahkan daun sirih, minum air rebusan sehari satu kali sampai bau badan teratasi.

Cara menghilangkan bau badan di atas mudah dilakukan. Dan, apabila bau badan tidak sedap sudah teratasi, Anda harus rutin menjaga kebersihan tubuh seperti mandi teratur, menggunakan deodoran sehabis mandi, menyemprot parfum khusus badan, dan masih banyak lagi.

Cara Menghilangkan Bau Badan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply