Cara Menghaluskan Tumit yang Pecah-Pecah

tumit kasar dan pecah-pecah

Tumit yang kasar dan pecah-pecah

Cara Menghaluskan Tumit – Tumit adalah bagian tubuh yang sering menimbulkan masalah bagi pemiliknya, seperti pecah-pecah dan kasar. Lapisan kulit pada lutut, siku dan tumit cenderung tebal. Sehingga sering kali jika kering akan menjadi kasar dan keras. Jika tidak dirawat dengan baik bisa menimbulkan retakan-retakan. Memang retakan ini tidak berbahaya. Tapi sangat mengganggu penampilan bukan? Terutama jika retakan tersebut terjadi pada tumit. Kebanyakan orang tidak mengetahui cara menghaluskannya. Padahal menghaluskan tumit ini lumayan mudah. Simak beberapa cara untuk merawat kulit tumit yang kasar berikut:

1. Air Garam dan Batu Apung

Mencuci kaki dan tangan adalah salah satu cara untuk menghaluskan kulit tumit. Dengan mencucinya, tumit dan situ menjadi lebih lembab. Sehingga resiko untuk timbul retakan-retakan lebih berkurang. Anda bisa mencuci tumit kaki setiap pulang dari kantor dan sebelum anda tidur. Jika perlu cuci kaki menggunakan air hangat dan diberi sedikit garam. Selain bisa menghaluskan tumit anda juga bisa berelaksasi. Untuk tumit anda bisa mengusapnya menggunakan batu apung yang sangat berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Bila dilakukan secara teratur, kulit pada tumit yang pecah-pecah bisa kembali pulih.

2. Getah Pepaya

Anda mungkin hanya mengetahui jika pepaya hanya bisa dimanfaatkan daun dan buahnya. Biasanya orang-orang hanya menyukai pepaya ketika buah ini sudah masak. Tapi ternyata buah ini juga memiliki manfaat lain. Yakni untuk menghaluskan tumit yang kasar. Bukan bagian dagingnya yang dimanfaatkan. Melainkan getah yang ada didalam buahnya. Caranya mudah, petik buah pepaya yang muda atau hampir masak. Potong pada bagian pangkal buah pepaya. Pada pangkal buah pepaya akan keluar getah. Ambilah getah yang keluar tersebut. Sebelum mengoles, basahi tumit anda menggunakan air hangat. Lalu oleskan getah pepaya pada tumit. Biarkan mengering lalu bilas. Dengan melakukan perawatan ini secara teratur, tumit anda yang pecah-pecah akan kembali halus.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga bisa digunakan untuk menghaluskan kulit sisik dan tumit yang kasar. Anda hanya perlu mengoleskannya pada tumit yang pecah-pecah sebelum beraktivitas dan sebelum tidur. Minyak zaitun juga bisa melembabkan kulit sekitar tumit anda yang kasar. Jika anda tidak punya minyak zaitun, anda juga bisa menggunakan baby oil. Baby oil juga memiliki fungsi yang sama dengan zaitun, yakni untuk melembabkan kulit yang pecah-pecah.

4. Susu dan Madu

Campuran madu dan susu sepertinya akan jadi minuman yang paling menyehatkan di dunia. Tapi, kita tidak akan meminumnya kali ini. Campuran madu dan susu akan kita gunakan untuk merawat kulit pada daerah tumit yang kasar dan pecah-pecah agar kembali halus dan mulus seperti saat kita masih balita. Caranya, pijat tumit secara lembut menggunakan madu beberapa menit. Setelah itu rendam tumit dalam baskom berisi susu sapi. Gunakan batu apung untuk menggosok tumit secara lembut.

5. Mentega dan Gula Pasir

Mentega merupakan salah satu bahan makanan yang cukup digindari pemakaiannya karena beberapa masalah kesehatan yang ditimbulkannya. Terutama oleh penderita kolesterol dan obesitas. Tapi tenang, disini kita tidak akan mengkonsumsi mentega, tapi akan menggunakannya untuk menghaluskan tumit yang kasar dan pecah-pecah. Gunakan mentega untuk memijat tumit secara lembut. Untuk mendapatkan manfaat lebih, campurkan gula pasir secukupnya. Ramuan ini akan menjadi scrub alami yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati di tumit.

Advertisement

6. Ampas Kopi

Selain menggunakan mentega dan gula pasir, scrub alami untuk menghaluskan tumit bisa juga memanfaatkan ampas kopi. Jadi, setelah anda minum kopi, ampasnya jangan langsugn dibuang karena bisa digunakan untuk menghaluskan tumit yang pecah-pecah. Lakukan massage secara melingkar di daerah tumit yang kasar menggunakan ampas kopi. Kopi ini mempunya kemampuan untuk meremajakan kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati.

7. Labu Siam

Labu siam merupakan salah satu buah yang dijadikan sebagai sayuran. Biasanya dikonsumsi dengan cara ditumis dengan cabe hijau, tahu, tempe dan kecambah. Namun, sayuran yang satu ini juga bisa kita gunakan untuk mengobai tumit yang pecah-pecah, kering atau kasar. Caranya, labu siam dibelah dua dan ambil getahnya yang berwarna putih lalu oleskan pada tumit. Biarkan hingga kering, lalu bersihkan dengan air dingin.

8. Scrub Alpukat

Buah alpukat juga bisa dijadikan sebagai scrub alami untuk mengangkat sel-sel kulit mati penyebab tumit kasar. Ambil satu buah alpukat dan dagingnya dijadikan scrub untuk menggosok daerah tumit yang kasar. Lakukan pemijatan secara perlahan selama 5 menit. Biarkan selama 20 menit, lalu bersihkan.

9. Pisang Cavendish

Pisang yang akan kita gunakan adalah jenis pisang Cavendish atau kita menyebutnya sebagai pisang ambon. Untuk menghaluskan tumit yang kasar dan pecah-pecah, ambil satu buah pisang Cavendish lalu dihaluskan hingga menjadi bubur pisang. Oleskan bubur pisang tersebut pada tumit yang kering dan kasar. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Rendam sebentar kaki anda dalam air dingin, bersihkan dan keringkan dengan handuk lembut.

10. Minyak Sayur

Minyak sayur yang bisa digunakan untuk menghaluskan tumit adalah minyak kelapa atau minyak wijen. Pertama-tama, gosok tumit dengan batu apung lalu oleskan minyak sayur pada daerah yang sudah digosok tadi. bungkus kaki dengan kaos kaki yang bersih. Perawatan ini cocok dilakukan pada malam hari menjelang tidur.

11. Garam dan Ampas Kelapa

Parut kelapa secukupnya seperti hendak membuat santan tapi tidak dicampur dengan air, cukup parutan kelapanya saja. Masukkan satu sendok teh garam ke dalamnya. Gosokkan campuran parutan kelapa dan garam tadi pada tumit yang kasar atau pecah-pecah. Garam dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, sedangkan parutan kelapa memberikan kelembaban alami pada kulit. kombinasi yang juara untuk menghaluskan tumit.

12. Lemon

Bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk menghaluskan tumit yang pecah-pecah adalah lemon. Caranya, ambil air dalam baskom, lalu tambahkan perasan satu buah jeruk lemon ke dalamnya. Rendam kaki dalam larutan tersebut selama 15 menit. Gosok tumit dengan batu apung kemudian bilas. Oleskan pelembab untuk mencegah tumit pecah-pecah.

13. Pemakaian alas Kaki

Selain melakukan perawatan khusus ada yang perlu diperhatikan yakni pemakaian alas kaki. Untuk menjaga tumit tetap halus gunakan sandal yang terbuat dari bahan yang tidak kasar, contohnya sandal dengan bahan karet. Sandal dengan bahan kasar akan memperparah retakan-retakan pada tumit anda. Jika anda beraktivitas menggunakan sepatu, sebaiknya anda menggunakan kaos kaki. Jadi, kaki anda tidak menyentuh langsung permukaan sepatu yang kasar.

Setelah mengetahui bagaimana cara menghaluskan tumit, diharapkan anda bisa merawatnya sehingga menjadi mulus. Cukup mudah sekali bukan caranya? Tumit yang kasar sering terjadi ketika musim panas. Jadi, pada musim panas anda disarankan untuk lebih sering melakukan perawatan ini. Semoga tips ini bisa membantu anda. Selamat mencoba tips ini dan semoga tumit kaki yang pecah-pecah bisa segera menghilang.

Cara Menghaluskan Tumit yang Pecah-Pecah | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply