Cara Mengecilkan Perut Buncit

perut buncit

Perut buncit (foto: viva)

Perut adalah salah satu dari ketiga bagian tubuh (perut, paha dan tubuh) yang paling banyak menimbun lemak jahat penyebab obesitas dan kolesterol. Ketiga bagian tersebut adalah tempat yang paling disukai oleh lemak karena bagian kulitnya yang paling luas dalam meregang dibanding tempat lain.

Kegendutan atau perut buncit merupakan gangguan kesehatan pada perut akibat terlalu banyak menyimpan lemak yang dihasilkan oleh makanan cepat saji (fast food) dan junk food (makanan sampah) yang kurang menyehatkan. Hal ini dapat membuat seseorang malas untuk keluar karena tersandung rasa malu, apalagi jika berjanjian dengan kawan sebaya untuk adu cerita.

Penyebab Perut Buncit

Rajin berolahraga saja tidak cukup untuk mengontrol lemak pada perut jika Anda masih suka melakukan hal yang mengancam kesehatan seperti berikut.

Minum-minuman bersoda

Buih soda yang menyegarkan terkadang membuat Anda tidak pernah bosan untuk mengonsumsinya. Tetapi ada hal yang perlu Anda ketahui, minum-minuman bersoda banyak mengandung gula yang merangsang nafsu makan lebih sering dengan porsi banyak. Berdasarkan penelitian, seseorang yang minum minuman bersoda setiap hari berisiko memperlebar lingkar pinggang lima kali lebih besar ketimbang mereka yang tidak.

Makan larut malam

Ketika begadang hanya demi menyaksikan acara yang telah lama ditunggu membuat Anda disibukkan untuk mempersiapkan segala sesuatunya kan? Tak tertinggal adalah makanan.

Dokter tidak menyarankan kita untuk makan terlalu banyak di malam hari, karena perut tidak bisa membakar lemak saat Anda tidur karena terisi oleh makanan yang baru saja Anda telan, untuk itu hindarilah.

Cara Mengecilkan Perut Buncit

Sama konteksnya dalam program menurunkan berat badan, untuk memperoleh perut rata Anda hanya perlu menjaga pola makan dan biasakan berolahraga. Ada cara yang cepat dan menjadi alternatif paling banyak diminati, yaitu Tummy Tuck. Banyak artis yang mencobanya dan berhasil, jika Anda tertarik cukup siapkan dana dan ‘berani ambil risiko’.

Sementara disini akan dijelaskan cara yang alami saja, yaitu tadi: olahraga dan menjaga pola makan. Seperti apa? Mari bahas satu per satu.

Advertisement

1. Olahraga

Untuk mendapatkan bentuk tubuh seperti gitar spanyol dengan jalan mengecilkan perut tidak sama dengan program penurunan berat badan. Anda harus berolahraga setiap hari dan selamanya (selagi mampu) agar nanti bentuk perut tetap terjaga.

Olahraga yang dapat Anda lakukan tidak selalu terkait dengan fisik seperti angkat besi. Langkah awal untuk berolahraga dengan tujuan melangsingkan perut cukup dengan:

Sit up

Lakukan Sit Up dengan posisi kedua kaki ditekuk dan saat melakukan gerakan mengangkat tubuh bagian atas, pusatkan pikiran atau konsentrasi pada perut Anda.

Push Up

Untuk wanita, lakukan push up dengan posisi kedua lutut menempel matras dan kedua tumit diangkat. Sementara pria yang bentuk perut buncitnya masih memungkinkan untuk melakukan gerakan push up seperti biasa, maka lakukan yang seperti biasa karena lebih efektif dan cepat.

Squat

Olahraga ini memilih kaki sebagai tumpuannya. Gerakan tubuh naik – turun selama beberapa kali dengan membayangkan ketika Anda turun, bokong mengenai kursi bayangan. Untuk permulaan Anda bisa melakukan setidaknya 50 kali dalam sehari, biasanya seseorang yang jarang melakukan gerakan ini akan merasakan sakit pada kaki.

2. Makanan dan Pola Makan

Ketika Anda hendak mengecilkan perut, konsumsilah makanan yang tidak akan memperbanyak kadar lemak dalam tubuh berikut:

Protein
Roti gandum
Sayur-sayuran
Buah-buahan segar
Daging
Kacang-kacangan

Jika Anda ingin hadir ke suatu acara yang membutuhkan waktu cukup lama, konsumsilah makan berikut agar perut tahan kenyang lebih lama.

Wortel
Apel
Kembang kol
Timun
Pir
Brokoli
Tomat merah
Pisang
Seledri
Stroberi
Bluberi

Jangan lupa hindari konsumsi makanan atau minuman seperti berikut:

Bersoda
Alkohol
Banyak mengandung gula (teh, es buah, minuman berperasa, dsb)
Garam
Fast food
Goreng-gorengan dari minyak yang telah lama digunakan (jarang diganti)

Agar cara mengecilkan perut buncit ini semakin besar peluang suksesnya, Anda harus menghindari kebiasaan buruk yang dapat memancing perut gendut kembali seperti ngemil dan begadang. Lihat juga artikel tentang cara menambah berat badan dan cara meningkatkan nafsu makan dengan jamu tradisional warisan nenek moyang.

Cara Mengecilkan Perut Buncit | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply