10 Cara Mengatasi Terlambat Haid (Datang Bulan)

Terlambat Haid

Terlambat datang bulan sering dialami oleh beberapa wanita, namun tak perlu khawatir karena ada cara mengatasinya.

Wanita normal setiap bulannya mengalami datang bulan atau istilah kedokteran dikenal haid.. Apabila tidak mengalaminya tentu saja ada beberapa faktor penyebab mengapa masalah ini timbul. Biasanya penyebab terlambat datang bulan karena haid yang tidak teratur, hamil, stress, sakit, perubahan pola hidup dan masih banyak lainnya. Untuk itu apabila Anda terlambat haid ada baiknya mulailah untuk mengetahui mengenai penyebabnya terlebih dahulu. Apabila terlambat bukan karena penyakit, hamil atau pun penyebab lainnya. Hendaknya Anda mengatasi hal ini dengan segera. Dengan demikian akan membantu dalam melancarkan haid yang dirasakan tersebut. Sehingga ada baiknya apabila Anda mengatasi masalah ini.

Cara Mengatasi Terlambat Haid

Jika dibiarkan terus menerus, maka siklus haid akan terganggu sehingga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti nyeri haid. Berikut ini beberapa cara mengatasi terlambat haid yang sebaiknya diketahui ada di bawah ini:

1. Ramuan wijen dan gula palem

Anda bisa memilih jenis wijen yang berwarna hitam dan putih. Sangrai hingga matang dan hancurkan menjadi bubuk. Anda bisa mencampurkan dengan gula palem atau gula aren untuk menjadi satu. Langkah selanjutnya dengan menyeduh ramuan ini dengan air panas dan akan berubah bentuk menjadi sebuah permen. Cara ini untuk membantu dalam meningkatkan kemudahan untuk melancarkan adanya menstruasi yang dilakukan.

2. Ramuan pepaya

Apabila Anda mengalami masalah haid tidak teratur akan dapat digunakan ramuan pepaya. Dengan ramuan ini akan membantu dalam melancarkan haid yang dirasakan. Anda bisa mengkonsumsi 250 gram buah pepaya sebelum tidur atau pagi hari. Untuk itu hendaknya Anda mengkonsumsi buah ini hingga haid yang diharapkan datang. Apabila Anda menggunakan cara alami ini akan membantu dalam memaksimalkan kenyamanan yang dirasakan. Pastikan bahwa mengkonsumsi buah pepaya yang rutin.

3. Ramuan kunyit asam

Untuk meningkatkan kemudahan dalam segera mendapatkan haid bisa dilakukan dengan mengkonsumsi kunyit asam. Dengan demikian akan dapat mengkonsumsi ramuan alami ini secara rutin. Minuman ini dapat dibuat dengan cara memilih jenis kunyit yang segar. Siapkan juga mengenai jenis bahan minuman lainnya misalnya saja asam jawa. Jika Anda ingin mendapatkan khasiat yang banyak pastikan bahwa mengkonsumsinya setiap hari secara rutin. Manfaat lainnya apabila mengkonsumsi kunyit asam antara lain yaitu melangsingkan tubuh dan membuat kulit menjadi lebih sehat.

4. Menjalani olah raga

Untuk membantu dalam meningkatkan kenyamanan yang dilakukan dalam melancarkan haid yang dirasakan. Dengan demikian akan membantu dalam mendapatkan kenyamanan yang dirasakan dan haid akan cepat datang. Untuk itu pastikan bahwa apabila Anda menjalani olah raga pastikan untuk memilih jenis olah raga ringan. Beberapa jenis olah raga ringan antara lain yaitu jalan kaki, senam dan masih banyak lainnya. Hal ini karena apabila Anda menjalani olah raga berat hanya akan menyebabkan kemungkinan haid menjadi tidak teratur.

5. Menjalani istirahat

Advertisement

Ada baiknya Anda hendaknya cara mengatasi terlambat haid dengan menjalani istirahat secara rutin. Dengan menjalani istirahat ini tentu saja akan membantu dalam meredakan stress yang ada. Biasanya apabila Anda kurang istirahat yang akan dirasakan adalah stress menjadi mudah datang. Sehingga istirahat yang cukup akan mengurangi tingkat stress yang dapat memicu terjadinya terlambat haid.

6. Menggunakan pakaian dalam yang nyaman

Hendaknya Anda memilih jenis pakaian dalam yang nyaman. Ciri-ciri jenis pakaian dalam yang nyaman adalah menyerap keringat, tidak terlalu ketat dan tidak panas dirasakan. Sehingga ada baiknya apabila Anda menggunakan jenis pakaian dalam yang demikian. Dengan demikian saat menstruasi baik bagian celana dalam atau pun bra mendukung terjadinya PMS. Pastikan bahwa Anda menggunakan jenis pakaian yang demikian untuk mendukung kenyamanan yang dirasakan.

7. Makanan yang dapat melancarkan menstruasi

Dalam mendukung kenyamanan untuk melancarkan menstruasi dilakukan dengan mengkonsumsi makanan. Anda bisa memilih dari jenis makanan sehat antara lain yaitu sayuran hijau yang dapat melancarkan pencernaan dan menstruasi. Selain itu konsumsi makanan yang mengandung omega 3 berupa kacang-kacangan, ikan serta daging merah. Hindari mengkonsumsi makanan yang tidak sehat misalnya saja junk food atau makanan siap saji.

8. Mengelola stress

Untuk mengelola stress dapat dilakukan dengan menjalani segala kegiatan yang disukai. Misalnya saja dengan menonton televisi, jalan-jalan dan masih banyak lainnya. Dengan mengelola stress dengan cara yang baik akan membantu dalam meningkatkan kenyamanan yang dirasakan. Usahakan untuk menyerahkan diri kepada Tuhan YME untuk dapat membuat hati menjadi lebih tenang. Pastikan bahwa Anda menggunakan cara ini untuk meningkatkan ketenangan sehingga mengelola stress yang ada.

9. Konsultasikan ke dokter

Untuk mengatasi terlambat haid hendaknya mulailah dengan mengkonsultasikan ke dokter. Dengan mengkonsultasikan ke dokter akan membantu dalam mendapatkan pengetahuan apakah Anda mengetahui mengenai terlambatnya haid. Untuk itu hendaknya apabila Anda mengkonsultasikan ke dokter. Tentu saja apabila sudah diketahui mengenai hal tersebut pastilah akan mendapatkan pengobatan yang dilakukan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

10. Konsumsi jamu

Budaya masyarakat Jawa khususnya Yogyakarta memang mengajak untuk kembali ke alam. Sehingga ada baiknya tentu saja akan memaksimalkan dengan konsumsi jamu. Dengan mengkonsumsi setiap pagi dan sore hari akan membantu memicu kelancaran siklus menstruasi. Salah satu jamu yang direkomendasikan untuk mengatasi terlambat haid adalah kunyit asam. Cara membuatnya adalah memilih jenis kunyit asam yang segar. Kupas dan cuci bersih untuk kemudian digeprek. Masukkan ke dalam gelas jenis gula jawa dan kunyit yang sudah digeprek. Seduh dengan air panas untuk mendapatkan jamu yang sehat sebagai cara mengatasi terlambat haid yang dialami.

Demikianlah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi terlambat haid, semoga bermanfaat! Jangan lupa baca juga cara mengobati nyeri haid dengan ramuan tradisional.

Save

10 Cara Mengatasi Terlambat Haid (Datang Bulan) | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply