Cara Mengatasi Rambut Patah dan Rapuh

rambut rapuh mudah patah

Memiliki rambut yang rapuh dan mudah patah.

Rambut bercabang dapat menjadi penyebab utama yang mengakibatkan rambut menjadi rapuh dan mudah patah. Hal tersebut terjadi karena kurangnya nutrisi dan kelembaban pada rambut. Batang rambut yang tidak mendapat cukup nutrisi akan menjadi kering, bercabang, rapuh, dan warnanya berubah menjadi lebih kekuningan. Selain karena kurangnya nutrisi pada rambut, faktor-faktor lingkungan seperti cuaca yang tidak menentu, terlalu sering terkena paparan sinar matahari, terlalu sering melakukan bleaching, penggunaan produk kimia berlebih pada rambut, dan beberapa faktor lain dapat menyebabkan rambut bercabang, rapuh, dan patah-patah.

Cara Mengatasi Rambut Patah dan Rapuh

Masalah-masalah diatas sebenarnya dapat diantisipasi dengan beberapa cara yang tepat seperti menggunakan shampoo bebas alkohol dan memiliki kandungan bahan lembut. Cuci rambut sebanyak 2-3 hari sekali, mencuci rambut secara terjadwal dan teratur akan menjaga kelembaban rambut. Membiarkan rambut mengering secara alami serta menjauhi produk-produk untuk styling akan mengurangi kerusakan yang terjadi pada rambut. Selain itu ada beberapa resep yang dapat anda coba untuk mengatasi rambut patah, diantaranya seperti dibawah ini:

Madu

Madu dapat dijadikan sebagai kondisioner alami untuk mengatasi rambut bercabang dan patah. Meskipun terasa lengket, madu memberikan begitu banyak manfaat yang baik bagi rambut. Cara menggunakannya adalah: Keramaslah dengan menggunakan shampoo kemudian bilas hingga bersih. Oleskan madu secara merata dari bagian kulit kepala hingga ke ujung rambut. Diamkan beberapa menit. Cuci atau bilas hingga bersih.

Advertisement

Perawatan secara rutin dengan menggunakan madu ini akan membuat rambut menjadi lebih lembut dan kelembaban rambut menjadi lebih terjaga.

Telur

Telur memiliki manfaat yang sangat penting bagi kesehatan rambut. Gunakan kuning telur sebagai masker rambut untuk mengurangi terjadinya rambut patah. Caranya yaitu: Ambil satu butir telur pisahkan antara bagian putih dan kuningnya. Campur kuning telur dengan 3 sendok makan minyak zaitun serta satu sendok madu. Aduk merata dalam satu wadah. Oleskan secara merata ke seluruh bagian rambut. Tutup kepala dan rambut menggunakan shower cap. Diamkan selama 60-90 menit. Cuci rambut menggunakan shampoo bayi, lalu bilas hingga bersih.

Pepaya

Kandungan protein yang terdapat didalam buah pepaya akan melembutkan dan merawat pertumbuhan rambut sehingga sangat baik digunakan untuk mengurangi rambut bercabang dan patah-patah. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu: Haluskan 200 gram buah pepaya. Campurkan dengan 2 sendok makan yogurt. Oleskan pada seluruh bagian rambut. Tutup kepala dengan menggunakan shower cap. Diamkan selama 30 menit. Bersihkan rambut dengan keramas seperti biasa.

Minyak alami

Melakukan message dengan menggunakan minyak alami akan membuat rambut anda terjaga kelembabannya. Minyak yang dapat digunakan antara lain adalah minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak almond. Lakukan message selama 30-60 menit, kemudian bersihkan rambut dengan keramas. Sebaiknya cara ini dilakukan rutin setiap minggu agar hasil yang didapatkan lebih maksimal dan tentunya rambut akan menjadi sehat, lebih indah, dan tidak mudah patah lagi.

Selain mencoba resep-resep diatas ada baiknya anda juga memperhatikan perawatan-perawatan penting bagi rambut anda. Keramaslah secara rutin menggunakan shampoo yang tepat, rawat rambut dengan bantuan bahan-bahan alami, lakukan creambath secara rutin, dan gunakan produk-produk yang tidak mengandung terlalu banyak bahan kimia tentu akan membantu anda untuk mendapatkan rambut indah yang terbebas dari cabang dan mudah patah.

Cara Mengatasi Rambut Patah dan Rapuh | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply