Cara Mengatasi Rambut Lepek

rambut lepek

Kelebihan minyak dapat menyebabkan rambut lepek.

Beberapa Cara Mencegah Rambut Lepek – Melakukan aktivitas diluar ruangan memang menyenangkan. Namun karena sering terpapar sinar matahari secara langsung, biasanya membuat rambut menjadi lepek dan berkeringat. Rambut lepek tentu membuat kita merasa tidak nyaman. Selain itu rambut lepek juga tentunya akan mengurangi keindahan penampilan anda.

Pada dasarnya rambut lepek disebabkan karena ketidak seimbangan antara kelenjar sebaceous yang menyebabkan produksi sebum yang berlebih. Sebum sendiri adalah kandungan minyak alami yang dihasilkan kulit kepala untuk melembabkan kulit kepala dan rambut serta melindungi dari polusi.

Cara Mengatasi Rambut Lepek

Lalu bagaimana cara mencegah rambut agar tidak lepek, berikut ada beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mencegah rambut lepek:

Cuci rambut dengan benar

Mencuci rambut adalah salah satu perawatan rambut yang paling mudah. Namun seringkali orang melakukan kesalahan saat mencuci rambut. Banyak dari kita yang hanya mengusap-usapkan shampoo saja pada rambut. Padahal yang perlu anda ketahui, bakteri dan jamur itu juga berada di kulit kepala. Jika anda tidak membersihkannya, tentu saja akan menumpuk dan semakin banyak.

Cara mencuci rambut yang benar adalah dengan menggunakan shampoo yang tepat untuk rambut anda, kemudian gunakan sambil memijat kulit kepala. Tujuannya adalah agar nutrisi pada shampoo juga terserap akar rambut dan kulit kepala juga menjadi bersih.

Sebagai tambahan jika anda mencuci rambut setiap hari, hindari juga penggunaan kondisioner setiap hari. Buat variasi dalam penggunaannya. Karena penggunaan kondisioner setiap hari juga akan membuat rambut terlalu lembab sehingga membuat rambut menjadi lepek. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel cara keramas/mencuci rambut yang benar.

Advertisement

Hindari penggunaan produk styling setiap hari

Penggunaan produk styling memang penting untuk menunjang penampilan anda. Namun anda perlu memperhatikan juga waktu penggunaannya. Penggunaan hair styling yang terlalu sering juga akan membuat rambut tidak sehat. Misalnya penggunaan gel rambut setiap hari, apalagi jika anda tidak rajin mencuci rambut, tentu akan membuat rambut anda menjadi tidak sehat dan lepek.

Gunakan minyak jojoba

Minyak jojoba sangat baik untuk melembabkan rambut anda secara alami. Jika rambut anda sudah lembab secara alami, tentu anda tidak perlu menggunakan produk-produk untuk rambut yang justru akan membuat rambut anda tidak sehat. Minyak zaitun dan minyak kelapa adalah beberapa yang dapat anda gunakan. Caranya adalah panaskan sebentar minyak zaitun atau minyak kelapa dengan menggunakan api kecil. Kemudian oleskan pada rambut anda sambil dipijat-pijat. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan shampoo. Lakukan selama beberapa minggu dan anda akan mendapatkan hasilnya.

Biarkan rambut kering secara alami

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan beberapa orang pada rambutnya adalah cara mengeringkan rambut yang salah setelah berkeramas. Jangan gosok rambut terlalu kencang sehingga membuat rambut anda rusak. Tekan-tekan perlahan rambut basah anda, dan selanjutnya biarkan kering dengan sendirinya. Jika memang dibutuhkan, anda dapat menggunakan hair dryer. Gunakan hair dryer dengan suhu rendah dalam jarak sekitar 15 cm dari rambut. Jangan biarkan hair dryer lebih dari 15 menit dalam satu bagian rambut.

Gunakan jeruk nipis

Jika rambut anda termasuk rambut berminyak, tentu akan membuat rambut anda gampang lepek. Kandungan minyak yang berlebihan yang menjadi penyebab rambut cepat lepek. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Caranya yaitu dengan mencampurkan jeruk nipis, cuka, dan sedikit air. Campurkan ketiga bahan tersebut dan aduk hingga merata. Aplikasikan pada rambut anda dan bilas dengan shampoo hingga bersih setelah menggunakannya. Lebih jelasnya silahkan baca artikel mengenai cara mengatasi rambut berminyak.

Demikian artikel mengenai cara mengatasi rambut lepek. Semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

Cara Mengatasi Rambut Lepek | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply