Cara Mengatasi Kulit Kering

kulit wajah kering

Cara merawat dan mengatasi kulit kering terutama untuk daerah wajah, tangan dan kaki

Kulit kering biasa disertai dengan warna yang kusam dan tekstur bersisik. Sebagian orang ada yang kulitnya gampang kering, alias tingkat kelembabannya rendah. Hal tersebut dapat ditangani dengan melakukan perawatan kulit khusus bagi orang yang kulitnya mudah kering.

Untuk mengetahui kulit Anda kering atau tidak, biasanya permukaan kulit kasar, tipis, dan terasa tegang. Jika digaruk akan keluar garis parut putih yang biasa disebut “gusik atau busik” disertai bersisik. Terkadang cenderung gatal dan terdapat keriput-keriput halus meski usia Anda masih muda. Kulit menjadi sensitif dan tidak kenyal (elastisitas kulit berkurang).

Penyebab Kulit Kering

Faktor pemicu kulit menjadi kering sangat banyak, namun yang paling umum adalah penggunaan sabun berdeterjen tinggi, kosmetik dengan kadar alkohol tinggi, kulit sering tersorot sinar matahari tanpa perlindungan, kebiasaan merokok, terlalu lama beraktifitas di ruangan ber-AC, kekurangan vitamin C, dan jarang minum air.

Genetik.

Adalah wajar apabila Anda mengalami kulit kering yang sama seperti yang orang tua Anda rasakan, itu merupakan faktor genetik atau keturunan yang sulit Anda hindari.

Dehidrasi.

Tadi telah disebutkan bahwa jarang minum air dapat membuat kulit kering, itu benar. Kenapa? Karena kulit yang dehidrasi membuat kelenjar kulit tak dapat memberikan lubrikasi yang cukup untuk kulit.

Penyakit.

Eksim adalah salah satu penyakit kulit yang membuat kulit menjadi kering, jika demikian Anda harus mengunjungi dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan medis.

Cara Mengatasi Kulit Kering

Jika dibiarkan, maka Anda tidak akan dipandang buruk oleh banyak orang, termasuk teman. Oleh sebabnya Anda butuh perawatan khusus yang dapat mengatasi kulit kering, seperti menggunakan masker untuk kulit kering yang terbuat dari tumbuhan atau tanaman alam, silahkan mencoba.

Advertisement

Masker Putih Telur.

Pecahkan satu butir telur, kemudian ambil bagian putihnya atau pisahkan kuningnya. Kocok putih telur sampai agak berbusa, kemudian tuangkan 1 sdt madu dan minyak bunga matahari. Aduk semua bahan, oleskan masker pada wajah selama 15 menit. Bilas dengan air hangat, dan terakhir air dingin, keringkan dengan telapak tangan.

Masker Pisang.

Kupas kulit 2 buah pisang, kemudian haluskan bagian dagingnya. Tambahkan 1 sdm madu dan 118 yogurt dalam pisang tadi, kemudian lumatkan hingga tercampur. Jadikan sebagai masker wajah selama 20 menit, diamkan mengering. Terakhir bersihkan wajah dengan air hangat dan biarkan kering sendiri.

Masker Alpukat.

Belah satu buah alpukat, keruk bagian dagingnya, kemudian lumatkan. Tambahkan sedikit madu dan oleskan merata ke seluruh kulit wajah tipis-tipis. Biarkan masker kering beberapa menit dan bersihkan dengan air hangat.

Masker Susu.

Rebus atau didihkan 2 sendok makan susu full cream dalam 1/2 glas air, kemudian tunggu air dingin. Gunakan krim kental yang terdapat pada permukaan air susu, gunakan sebagai masker dengan cara digosok perlahan pada wajah. Setelah itu biarkan mengering dan bilas dengan air hangat sampai bersih.

Cara mengatasi kulit kering selain dengan masker adalah menjauhi ruangan ber-AC, meskipun Anda bekerja seharian di ruangan AC ada baiknya keluar sebentar atau bawa satu botol air putih untuk mencegah dehidrasi kulit. Perlu juga menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF 15 saat bekerja di hawa terbuka. Ketika hari libur atau weekend, ajak kerabat Anda olahraga, atau setiap hari jika ada waktu sedikit lebih baik pergunakan untuk berolahraga.

Baca juga artikel lainnya tentang cara mengatasi wajah berminyak dan cara merawat rambut kering serta kusam. Semoga bermanfaat dan jagalah selalu kesehatan Anda serta orang-orang tercinta.

Cara Mengatasi Kulit Kering | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply