Cara Mencuci Rambut yang Benar

mencuci rambut

Mencuci rambut dengan benar

Cara Keramas atau Mencuci Rambut yang Benar – Keramas merupakan salah satu aktivitas yang kita lakukan pada saat mandi yang bertujuan untuk membersihkan kuman-kuman yang terdapat pada rambut anda. Namun dalam berkeramas anda juga harus memperhatikan hal-hal kecil yang sering luput dari pandangan orang lain seperti bagaimana cara berkeramas yang baik dan shampo apa yang digunakan apakah sesuai atau tidak dengan jenis rambut anda.

Bagaimana cara memilih shampoo yang sesuai dengan jenis rambut anda?

Setiap jenis rambut pasti memiliki jenis shampo yang berbeda-beda karena dari berbagai jenis rambut tersebut memiliki kebutuhan yang berbeda akan nutrisi rambut mereka. Berikut ini adalah beberapa jenis rambut dan jenis shampo yang sesuai dengan mereka:

Rambut berketombe. Untuk jenis rambut ini anda dapat menggunakan shampo yang mengandung ketoconzale dan efek menthol. Bahan tersebut dapat mencegah munculnya ketombe pada rambut dan kadar pH kulit dapat menjadi normal.

Rambut normal. Gunakanlah daily shampo karena rambut anda tidak memiliki masalah apapun yang membuat anda menjadi sulit memilih shampoo. Gunakanlah secara teratur untuk hasil yang maksimal.

Rambut berminyak. Gunakanlah clarifying atau shampoo yang memiliki kandungan asam yang mampu melawan minyak dan kulit dalam kulit kepala anda.

Bagaimana cara keramas yang baik?

Keramas tidak dapat dilakukan dengan begitu saja. Untuk tetap mendapatkan hasil rambut yang indah anda harus memperhatikan bagaimana cara anda berkeramas. Berikut adalah beberapa langkah keramas yang baik dan benar:

Advertisement

  • Ambil shampo anda tuangkan pada tangan anda secukupnya jangan berlebihan dan jangan terlalu sedikit,
  • Tambahkan sedikit air pada tangan anda,
  • Lumurkan shampo tersebut ke rambut anda,
  • Lalu gosok dan pijat kepala anda dengan pijatan ringan agar shampo dapat merata keseluruh bagian rambut anda,
  • Jangan gunakan kuku anda,karena dapat melukai kulit kepala anda,
  • Setelah itu bilaslah rambut anda menggunakan air bersih dan bilaslah sampai bersih jangan sampai ada sisa shampo yang tersisa.

Untuk mendapatkan rambut terbaik memang membutuhkan waktu dan membutuhkan perawatan yang cukup. Tetapi dengan berkeramas dengan baik dapat membuat rambut kita terlihat lebih baik.

Kapan waktu terbaik untuk keramas?

Keramas dapat dilakukan kapan saja baik pagi,siang,sore maupun malam. Tapi lebih baik jika keramas dilakukan pada sore hari karena rambut sudah kotor sehingga pada sore hari kita dapat membersihkan rambut kita dari kuman-kuman. Keramas juga tidak perlu setiap hari, anda dapat keramas 2 hari sekali itu dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda masing-masing.

Lihat juga artikel lainnya tentang perawatan rambut di bawah ini:

Tips berkeramas yang baik

Berkeramas yang baik tidak memerlukan shampoo yang mahal melainkan hanya membutuhkan beberapa hal yang penting seperti hal berikut. Berikut ini adalah beberapa tips untuk berkeramas:

  • Gunakan air hangat dan air dingin. Air hangat dapat digunakan pada saat mulai keramas untuk membuka pori-pori rambut anda. Dan air dingin dapat digunakan pada saat selesai keramas untuk menutup kembali pori-pori rambut.
  • Menyisir terlebih dahulu. Jika rambut sudah tersisir rapi kemungkinan untuk rapuh saat terkena air akan semakin kecil.
  • Jangan gunakan air panas. Air yang terlalu panas dapat membuat rambut anda menjadi kering dan tidak indah dilihat.

Setelah menyimak beberapa tips dan penjelasan di atas tentunya anda dapat melakukan keramas sebaik mungkin serta dengan cara yang benar bukan? Selamat mencoba!

Cara Mencuci Rambut yang Benar | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply