Cara Menambah Berat Badan

menambah berat badan

Cara menambah berat badan pria (foto: seputarfitnes.com)

Pria bertubuh mungil tetapi usia sudah tidak terbilang muda akan merasa terpojoki dengan keadaan tersebut. Beda halnya dengan wanita yang semakin kurus dan ramping akan membuat tingkat percaya diri semakin melonjak drastis, karena langsing termasuk ‘modal kebahagiaan’ bagi para wanita, bukan pria.

Pria lebih suka memiliki bentuk tubuh yang ideal. Ideal disini diartikan dengan tubuh yang berpostur tinggi, dengan kedua pundak tegap, dan dilengkapi dengan otot (tangan, dada, paha, hingga betis) yang bisa menjadi ‘alat pemikat’ wanita. Tetapi untuk mendapatkan bentuk tubuh yang seperti itu butuh waktu yang tidak sebentar dan usaha yang tidak gampang.

Banyak orang (khususnya pria kurus) yang mengira bahwa cara menambah berat badan itu sulit, tetapi tidak bagi mereka yang mempunyai tingkat keyakinan tinggi. Semua yang diharapkan bisa terjadi tergantung dengan seberapa besar kerja keras kita dalam mencapai harapan tersebut.

Apabila Anda benar-benar serius untuk mendapatkan berat badan dan bentuk tubuh yang diidam-idamkan, berikut akan saya beri sedikit tips untuk Anda. Syaratnya hanya dua, rutin dan tetap fokus pada tujuan Anda.

Cara Menambah Berat Badan

Hanya ada tiga hal yang perlu Anda pahami, pertama adalah nutrisi, kedua olahraga, dan terakhir adalah istirahat. Dengan mengetahui apa maksud dari ketiga hal tersebut tujuan Anda untuk menciptakan postur tubuh yang ideal semakin besar tingkat keberhasilannya.

Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Setiap orang membutuhkan nutrisi dan vitamin agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah sakit. Kekurangan nutrisi dapat mengakibatkan kelainan, entah itu penyakit ataupun bukan.

Kekurangan berat badan (kurus) terjadi akibat tubuh kekurangan nutrisi yang dibutuhkan untuk menambah massa otot, seperti protein. Jika terjadi berkepanjangan bisa berujung pada gangguan kesehatan yang cukup serius.

Oleh karena itu jika Anda benar-benar ingin membentuk tubuh layaknya para aktor di film action luar negeri, penuhi kebutuhan gizi seperti protein, karbohidrat, dan kalori (yang akan dibakar ketika olahraga).

Advertisement

Untuk mendapatkan panduan yang lebih jelas, alangkah baiknya Anda berkonsultasi pada dokter gizi dan tanyakan berapa kebutuhan gizi harian yang Anda perlukan untuk menambah berat badan. Jangan lupa tanyakan sumber makanan yang menyediakan nutrisi ataupun vitamin tersebut agar Anda tidak kebingungan lagi.

Olahraga Teratur

Setelah gizi terpenuhi Anda perlu juga berolah raga. Olahraga tidak hanya bermanfaat untuk menambah berat badan, tetapi tinggi badan juga. Untuk langkah awal Anda bisa lari pagi setiap hari, berenang di hari minggu, dan beragam jenis olahraga menyenangkan lain seperti futsal, basket, voli, dsb.

Apabila Anda punya uang lebih, tidak ada salahnya untuk mendaftarkan diri di salah satu tempat fitnes. Setelah menjadi member Anda akan dibimbing terus sampai berat badan Anda meningkat perlahan, selain itu biasanya para instruktur juga menyarankan Anda untuk konsumsi ini itu pada hari ini itu dengan rutin.

Istirahat yang Cukup

Biasakan untuk beristirahat sehabis olahraga, jika ingin tidur lebih baik beri jarak sekitar 30 menit setelah berolah raga. Sambil menunggu waktu tidur Anda bisa meluruskan kaki dengan tujuan menghindari varises dan mengembalikan cairan tubuh yang terkuras dengan minum air putih (tidak dingin) minimal tiga gelas.

Ketika tidur, otot yang ‘hancur’ saat Anda gunakan untuk fitnes akan menyatu kembali, tetapi ukurannya semakin membesar dan bentuknya semakin terlihat. Jika Anda tidak yakin dengan ini, silahkan tanya kepada instruktur fitnes Anda, apa yang terjadi pada otot ketika Anda tidur sehabis berolahraga, khususnya fitnes/angkat besi.

Makan Lebih Sering

Beberapa orang memiliki metabolisme tubuh yang lebih tinggi dibanding manusia kebanyakan. Hal ini menyebabkan nutrisi yang masuk cepat dipakai dan habis. Terutama bagi mereka yang mempunyai aktifitas yang menguras tenaga. Akibatnya tubuh tidak bisa menyimpan kalori yang menyebabkan tubuhnya sulit gemuk.

Cara untuk menyiasatinya sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan makan lebih sering. Bisa dicoba dengan makan 5-6 kali sehari dengan jarak waktu tiap 3-4 jam. Dengan begitu tubuh punya kesempatan untuk menyimpan cadangan makanan. Baca juga artikel tentang cara menambah nafsu makan dengan jamu tradisional.

Itulah ketiga cara menambah berat badan yang sekarang ini paling efektif. Sebagai tambahan saja, Anda jangan mudah terpancing dengan produk berupa suplemen untuk menambah berat badan, karena ada beberapa jenis tubuh yang sensitif terhadap obat dengan nutrisi berdosis tinggi.

Cara Menambah Berat Badan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply