Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

memutihkan gigi

Gigi putih dan sehat

Gigi adalah bagian keras pada mulut yang mempunyai banyak jenis dengan fungsi berbeda. Warna gigi yang baru tumbuh umumnya putih dan lama kelamaan dapat berubah menjadi kuning bahkan hitam akibat ketidak rutinan dalam merawat kesehatan gigi.

Mempunyai gigi yang putih seperti para artis adalah sebuah impian besar. Gigi putih saat ini bisa dibilang sebagai aset berharga sekaligus modal untuk setiap orang yang hendak melamar pekerjaan atau berniat main olah tubuh (akting) dalam sebuah serial drama.

Namun sayang, faktanya modern ini banyak orang yang giginya tidak terawat sehingga mengalami kerusakan (gigi berlubang) dan pada lapisan luar gigi terdapat kerak yang berwarna kuning, itulah yang disebut gigi kuning sebagai pemicu terkikisnya rasa percaya diri pada setiap insan. Nah, setelah kemarin kita membahas mengenai cara menjaga kesehatan gigi, kali ini kita ulas yuk apa saja penyebab gigi kuning dan bagaimana cara memutihkan gigi.

Penyebab Gigi Menjadi Kuning

Pada ulasan ini akan dibahas mengenai penyebab gigi kuning dan cara memutihkan gigi dengan alami (bukan cepat). Hal pertama yang harus Anda ketahui tentunya penyebab, berikut ini beberapa faktor yang membuat warna gigi menjadi kuning.

Rokok

Rokok sengaja dicantumkan pada poin pertama. Sebab rokok adalah pemicu kerusakan gigi paling utama, ini dikarenakan terdapat banyak kandungan racun dan nikotin yang dapat membuat gigi rusak dan berubah warna menjadi kekuningan.

Gosok Gigi Setelah Makan Makanan Yang Manis

Meski ada sisa makanan yang terselip pada gigi, Anda tidak diperkenankan untuk sikat gigi tepat sehabis makan sesuatu yang manis. Sebab, saat proses penghancuran makanan, mulut akan bersifat asam. Kemudian gigi menetralisir keadaan mulut dengan mengeluarkan enamel yang melindungi gigi. Jika Anda langsung sikat gigi, maka enamel yang terbentuk akan terbuang begitu saja.

Pemutih Gigi

Jangan mudah tertarik dengan produk pemutih gigi, apapun. Karena ada beberapa yang justru berpeluang besar membuat warna gigi jadi kuning. Ditulis demikian karena pada dasarnya cara kerja obat pemutih gigi adalah mengikis lapisan gigi sehingga membuat gigi jadi tipis dan terlihat menguning.

Advertisement

Penyebab gigi kuning lainnya adalah terlalu sering minum minuman yang banyak mengandung gula dan asam seperti minuman penambah energi, diabetes, anggur putih (white wine), berenang (akibat kandungan klorin pada air), dan penggunaan obat mata yang bisa mempengaruhi produksi saliva.

Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan Alami

Dikutip dari beberapa sumber, berikut cara memutihkan gigi dengan metode alami yang terbilang aman dengan hasil yang terjamin.

Stroberi

Anda bisa menggosok gigi dengan stroberi segar dengan rasa yang tidak terlalu manis, guna mencegah terjadinya kerusakan. Perlu Anda ketahui, banyak zat yang dapat mengembalikan warna cerah pada gigi, contohnya adalah zat malat yang bisa Anda temukan dalam buah stroberi.

Baking Soda

Baking soda yang dicampur dengan madu dan santan kelapa bisa digunakan untuk menghaluskan kulit tumit yang pecah-pecah. Namun, siapa sangka kalau baking soda juga dapat dijadikan pasta gigi untuk menetralkan sifat asam pada gigi serta mempertahankan email gigi Anda.

Minyak Kelapa

Daripada menggunakan obat kumur terlalu sering untuk memberi kesegaran pada mulut dan gigi, lebih baik gunakan minyak kelapa. Selain mendapatkan gigi yang tampak segar, juga terlihat lebih cerah. Sebelum digunakan untuk berkumur, campurkan minyak kelapa dengan air jernih dan mulailah berkumur beberapa kali.

Cuka Apel

Ya, apel yang diambil sarinya (perasannya) dapat digunakan untuk memutihkan gigi. Jika Anda ingin hasil lebih maksimal, tambah atau campurkan cuka sari apel dengan beberapa tetes minyak zaitun, setelah itu gunakan untuk berkumur atau gosok gigi.

Nanas

Daging buah berduri ini mengandung banyak citrus yang dapat menstimulasi produksi air liur. Anda tidak perlu mengolahnya menjadi obat kumur, cukup makan beberapa potong buah nenas sehabis makan (sebagai pencuci mulut) dan apabila dilakukan secara teratur dapat mencerahkan warna gigi.

Wortel dan Seledri

Cara memutihkan gigi yang satu ini terbilang sangat mudah. Ya, mudah didapatkan bahannya dan mudah prosesnya. Dengan konsumsi sayuran seperti wortel dan seledri ini, Anda membantu lebih banyak terproduksinya air liur serta menjaga kebersihan gigi.

Apabila Anda telah mencoba salah satu tips diatas dan tidak terlihat hasilnya meski telah melakukannya dengan rutin, bisa jadi ada gangguan serius pada kesehatan gigi Anda.

Jika benar demikian, alangkah baiknya Anda berkonsultasi pada dokter gigi untuk mempertanyakan kondisi kesehatan gigi Anda. Karena gigi yang tidak sehat juga berpeluang menghadirkan penyakit kanker pada diri Anda.

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply