Cara Membuat Scrub Alami untuk Wajah dan Kulit

scrub alami

Scrub alami terbuat dari buah stroberi untuk wajah dan kulit tubuh

Scrub adalah produk kecantikan yang memiliki butiran-butiran kasar yang fungsinya untuk mengangkat sel kulit yang mati, mengangkat kotoran dan bisa menghaluskan permukaan kulit. Apakah anda seorang wanita yang suka menggunakan scrub? Jika iya anda bisa membuat scrub sendiri di rumah.

Cara Membuat Scrub Alami Di Rumah

Membuat scrub sangat mudah. Jika anda bisa membuatnya dirumah sendiri mengapa harus ke salon atau bahkan membeli scrub. Mau tahu cara membuat scrub sendiri? Simak caranya berikut ini:

1. Buah Strawberry

Buah kecil dan berwarna merah ini biasanya hanya dijadikan jus atau bahkan dimakan secara langsung. Kandungan vitamin C di dalamnya bisa membantu menyegarkan kulit anda dan memperbaiki kulit rusak yang terjadi karena terpapar sinar matahari. Cara membuatnya mudah:

 Blender buah strawberry secukupnya. Jangan menghaluskan sampai menjadi halus seperti jus.
 Tuangkan hasil blender tadi ke dalam sebuah wadah.
 Campur dengan madu dan ratakan hingga tercampur.
 Setelah itu oleskan campuran tadi ke seluruh permukaan wajah dan kulit anda.
 Lalu biarkan kering dan bilas dengan air dingin.

2. Minyak Zaitun

Minyak yang terbuat dari rempah ini ternyata memiliki banyak manfaat. Minyak zaitun biasanya diolah untuk kebutuhan dapur hingga kecantikan. Untuk kecantikan, minyak zaitun biasanya diolah menjadi lotion, masker wajah hingga srub yang bermanfaat sekali untuk kulit anda. Minyak zaitun ini sangat cocok digunakan anda yang memiliki kulit kering. Lalu bagaimanakah cara membuat scrub dengan minyak zaitun? Berikut caranya:

Advertisement

 Tuangkan minyak zaitun ke dalam sebuah wadah sesuai kebutuhan anda.
 Tambahkan sedikit gula kedalamnya lalu aduk rata.
 Setelah rata, oleskan ke wajah dan tubuh anda hingga merata. Sambil dioles, pijatlah dengan pelan.
 Biarkan selama beberapa saat lalu bilas hingga bersih.
 Lakukan perawatan ini secara rutin untuk menjaga kelembaban kulit anda.

3. Kopi

Kopi biasanya hanya diseduh menjadi minuman untuk menemani malam anda. Kafein yang terkandung dalam kopi bukan hanya berguna untuk membuat mata anda terjaga. Ternyata kafein ini juga berguna untuk menghancurkan lemak yang ada pada bawah permukaan kulit anda. Fakta lain juga menyebutkan jika kopi bisa digunakan menjadi scrub. Cara membuatnya:

 Ambil kopi secukupnya kurang lebih satu genggam tangan anda
 Letakkan kopi pada cawan
 Campurkan sedikit gula ke wadah kopi tadi lalu beri sedikit air dan aduk hingga rata
 Setelah menjadi seperti pasta, oleskan pada wajah anda dan diamkan selama beberapa saat
 Setelah beberapa saat atau tepatnya sudah mengering, bersihkan wajah anda dengan cara membilasnya menggunakan air dingin.

4. Garam

Garam biasanya hanya digunakan untuk bumbu dapur yang fungsinya memberi rasa asin pada masakan. Tapi ternyata garam juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Garam berfungsi memperbaiki kulit mati wajah anda, menghaluskan kulit wajah anda dan melancarkan aliran sirkulasi darah pada tubuh anda. Membuat scrub garam ini juga mudah. Pertama ambil garam secukupnya dan letakkan pada wadah. Lalu campur garam dengan minyak zaitun atau baby oil secukupnya. Setelah itu campur hingga rata. Setelah tercampur rata, oleskan pada wajah anda. Biarkan beberapa saat hingga meresap dan bilas dengan air hangat.

Itulah cara membuat scrub secara alami dengan menggunakan bahan-bahan yang gampang didapat di sekitar lingkungan anda. Gunakan scrub ini secara teratur agar hasil yang didapat lebih maksimal. Cukup mudah bukan cara membuat scrub dengan bahan alami. Sekarang anda bisa mencobanya di rumah dan tentunya lebih menghemat biaya. Sekian tips ini semoga membantu anda.

Cara Membuat Scrub Alami untuk Wajah dan Kulit | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply