Cara Meluruskan Rambut dengan Alami

meluruskan-rambut

Cara meluruskan rambut dengan bahan-bahan alami

Bagaimana rasanya memiliki rambut yang berantakan, keriting, dan sulit ditata menggunakan sisir? Berbagai langkah telah Anda lakukan untuk mengatasi problem tersebut, namun hasil masih belum terlihat? Tenanglah sejenak, perhatikan dengan cermat cara meluruskan rambut berikut.

Rambut yang lurus sejalur memancarkan pesona kecantikan yang luar biasa, segala jenis pakaian terasa cocok apabila dikenakan dengan style rambut yang lurus. Tetapi tidak banyak orang yang merasakan kebahagiaan tersebut, beberapa wanita masih disibukkan dengan masalah seperti rambut keriting, berantakan, dan sulit untuk ditata.

Rambut keriting dan sulit untuk diluruskan dapat terjadi akibat genetik (bawaan lahir), penggunaan obat-obatan yang mempengaruhi struktur rambut, serta tidak pernah memotong rambut yang panjangnya tidak wajar. Sementara rambut yang sulit ditata dan berantakan bisa terjadi karena rambut tidak lembab alias kering, sehingga setiap kali ingin dirapikan harus dibasahi dahulu.

Perawatan yang salah kerapkali menjadi pemicu terbesar terjadinya kerusakan rambut, seperti berlebihan dalam menggunakan vitamin rambut, dalam sehari keramas lebih dari tiga kali, rambut selalu tertutup sehingga tidak mendapatkan oksigen yang cukup dari luar, dan masih banyak lagi.

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

Menangani setiap masalah yang berkenaan dengan rambut sebenarnya gampang-gampang sulit, karena hasilnya tergantung dari seberapa serius sang pemilik melakukan perawatan.

Advertisement

Untuk meluruskan rambut agar nantinya mudah ditata, lebih halus, tampak indah, terurai rapi, tidak keriting, terhindar dari kekeringan, serta terbebas dari masalah rambut mengembang dapat Anda coba dengan menerapkan beberapa perawatan untuk mendapatkan rambut lurus secara alami berikut.

Meramu Santan dan Jeruk Nipis

Santan kelapa berkhasiat untuk membantu merangsang pertumbuhan rambut dan membuat rambut lebih halus. Campuran antara santan dan air perasan jeruk nipis akan melembabkan rambut jangka panjang sehingga membuat rambut lebih halus dan lurus.

Persiapkan mangkuk kecil, kemudian tuang santan dan air jeruk nipis secukupnya. Aduk hingga tercampur, setelah itu dinginkan ke dalam lemari es hingga berbentuk krim. Ketika sudah siap digunakan, oleskan krim pada seluruh rambut dan kulit kepala. Tutup rambut dengan handuk panas, diamkan selama 60 menit, terakhir bilas. Perawatan rambut ini dapat Anda jalani tiga kali seminggu sampai rambut lurus dan halus.

Meramu Pisang, Pepaya, dan Madu

Persiapkan ketiga bahan, pisang dan pepaya ambil dagingnya, kemudian madu tuang secukupnya pada mangkuk. Pisang dan pepaya dilumarkan, kemudian campur ke dalam madu, aduk sampai semua bahan tercampur. Aplikasikan pada rambut dengan tangan, diamkan selama minimal 45 menit, kemudian gunakan shampo untuk membilas.

Meluruskan Rambut dengan Susu

Buatlah secangkir susu, kemudian tambahkan lagi dengan 100 ml air hangat. Campuran susu dan air dituangkan ke dalam botol semprot, kemudian semprot ramuan pada rambut secara merata. Tunggu selama 25 menit sampai campuran bahan menyerap pada kulit kepala dan rambut, setelah itu bilas dengan shampo dan akhiri menggunakan kondisioner.

Rambut Lurus Berkat Daun Seledri

Cuci daun seledri secukupnya, kemudian tumbuk hingga sedikit halus. Campurkan daun seledri dengan air, kemudian peras dengan kain bersih. Diamkan air perasan daun seledri selama setengah hari (12 jam), kemudian gunakan untuk creambath.

Cara meluruskan rambut yang paling mudah sebenarnya menggunakan kondisioner sehabis keramas pakai shampo. Pemakaian kondisioner secara rutin dapat membantu meluruskan rambut dari waktu ke waktu. Rambut lurus yang didapatkan bisa bertahan sepanjang hari, terlebih ketika beraktivitas Anda tetap memperhatikan kelembaban rambut.

Cara Meluruskan Rambut dengan Alami | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply