101 Cara Alami Menghilangkan Kutu Rambut

Kutu Rambut

Menghilangkan kutu rambut dengan ramuan alami

Cara Menghilangkan Kutu Rambut – Memiliki kutu rambut yang hidup di kepala memang sesuatu yang sangat menjengkelkan. Gigitan – gigitan kecil di kepala yang dilakukannya membuat kulit kepala terasa sangat gatal. Belum lagi perkembangbiakannya yang sangat cepat sehingga membuat kulit kepala anda akan semakin gatal. Telur – telur kutu yang menempel di hampir semua helaian rambut juga dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Malangnya, tidak semua orang dapat cocok dengan obat pembasmi kutu yang beredar di pasaran. Jika tidak cocok, ketombe justru akan menambah penderitaan anda.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Untuk itulah, di sini saya akan membagikan tips menghilangkan kutu rambut secara alami sehingga tidak akan memberi efek buruk bagi kesehatan rambut dan kulit kepala anda.

1. Bawang Merah

Tips menghilangkan kutu rambut yang pertama adalah dengan memanfaatkan bawang merah. Aroma menyengat yang keluar dari bawang merah mampu membuat kutu rambut menjadi mati seketika di kepala anda. bawang merah juga bisa membunuh telur – telur kutu yang tadinya hendak menetas. Baca juga mengenai manfaat bawang merah untuk kesehatan.

Cara menggunakannya adalah dengan menghaluskan bawang merah kemudian membalurkannya ke seluruh bagian kulit kepala dan rambut. Biarkan beberapa saat agar kutu rambut mati karena tak tahan mencium aroma menyengat dari bawang merah. Jangan takut aroma bawang tidak dapat hilang dari rambut anda karena sekarang sudah ada shampo yang mengandung parfum yang siap menghilangkan aroma bawang di rambut anda. Perlu anda ketahui, tips menghilangkan kutu rambut dengan bawang merah ini merupakan tips turun menurun dari nenek moyang kita.

2. Minyak Kelapa

Tips menghilangkan kutu rambut yang kedua adalah dengan minyak kelapa. Tak kalah dengan bawang merah, minyak kelapa juga merupakan salah satu pembasmi kutu rambut yang sudah terbukti ampuh. Minyak kelapa akan membuat kutu di rambut anda menjadi dehidrasi sehingga lama kelamaan ia akan mati. Baca juga artikel manfaat minyak kelapa untuk kesehatan.

Cara menggunakannya adalah dengan meratakan minyak kelapa keseluruh bagian rambut anda. Setelah merata, tutuplah kepala anda dengan menggunakan handuk agar kutu semakin mengalami dehidrasi. Setelah dibiarkan semalaman, anda dapat mencuci rambut anda pada pagi harinya dengan menggunakan shampo.

3. Cuka Putih

Tips menghilangkan kutu rambut yang berikutnya adalah dengan menggunakan cuka putih. Cuka putih sangat ampuh untuk membasmi kutu rambut yang hidup dikepala anda. Selain membunuh kutu, cuka putih juga mampu membuat telur kutu yang menempel di rambut menjadi tidak menetas.

Cara pemakaiannya adalah dengan meratakan cuka putih dirambut dan kulit kepala anda kemudian biarkan hingga sekitar 3 jam. Setelah itu, anda dapat segera mencucinya dengan menggunakan shampo. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara diatas sebanyak setidaknya 3 kali untuk memastikan kutu dirambut anda dapat hilang secara menyeluruh.

4. Jeruk Nipis + Minyak Kayu Putih

Cara menghilangkan kutu rambut yang keempat adalah dengan menggunakan kombinasi antara jeruk nipis dan minyak kayu putih. Aroma yang dihasilkan oleh kedua bahan tersebut mampu membunuh kutu secara permanen. Lihat juga apa saja manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan.

Cara membuat ramuannya adalah dengan mencampurkan air jeruk nipis dan minyak kayu putih dengan perbandingan yang sama. Oleskan campuran bahan alami tersebut ke rambut dengan rata. Lakukan pijatan – pijatan kecil untuk membuat aroma kombinasi jeruk nipis dan minyak kayu putih semakin kuat. Setelah rata, tutup rambut anda menggunakan handuk kering dan diamkan selama 3 jam. Setelah 3 jam, anda bisa membilas rambut dengan menggunakan shampo.

5. Kacang Almond

Kacang Almond atau kacang badam merupakan jenis kacang yang sangta populer dalam dunia kecantikan. Bukan hanya rasanya yahng lezat, kandungan gizinya yahng banyak, tapi juga minyaknya yang berkhasiat. Salah satu khasiat minyak almond adalah menghilangkan kutu di kepala anda.

Caranya, ambil segenggam kacang almond lalu direndam semalaman dalam air bersih. Keesokan harinya kacang almond ditumbuk hingga halus dan keluar minyaknya. Minyak inilah yang berkhasiat untuk membunuh kutu rambut dan telur-telurnya. Tambahkan beberapa sendok air lemon sehingga membentuk adonan seperti masker. Aplikasian pada kulit kepala, diamkan selama 15 ment lalu bilas hingga bersih.

6. Minyak Zaitun

Advertisement

Cara keenam untuk menghilangkan kutu yang menggangu di kepala Anda adalah menggunakan minyak zaitun. Sebagai bahan untuk perawatan rambut, perawatan kulit dan perawatan kecantikan lainnya, minyak zaitun sudah sangat terkenal. Tapi sebagai pembasmi kutu, sepertinya belum banyak orang yang tahu. Saya akan memberitahukan caranya. Simak juga manfaat minyak zaitun untuk kesehatan.

Oleskan minyak zaitun pada rambut dan kulit kepala secara merata seperti menggunakan gell rambut aau minyak rambut. Biarkan seharian dan bilas pada sore harinya. Lakukan perawatan tersebut secara teratur sampai kutu-kutu di rambut anda benar-benar hilang. Baca juga manfaat minyak zaitun untuk rambut.

7. Daun Sirsak

Beberapa tahun terakhir nama Sirsak menjadi buah bibir karena berdasarkan hasil penelitian, buah dan daun tanaman ini sangat berkhasiat bagi kesehatan. Bahkan disebut-sebut sangat ampuh dalam menangkal kanker. Menariknya daun sirsak ternyata juga bisa digunakan untuk membasmi kutu rambut.

Caranya dengan merebus daun sirsak beberapa lembar. Setelah dngin, air rebusan daun sirsak tersebut digunakan untuk keramas. Gunakan secara merata hingga menjangkau seluruh rambut dan kulit kepala. Keramas lagi dengan air biasa. Lakukan secara teratur sampai kutu di rambut benar-benar hilang.

8. Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan rambut memang tak perlu diragukan lagi. Lidah buaya adalah bahan alami yang paling banyak digunakan oleh produk-produk kesehatan seperti shampo dan minyak rambut. Tak salah jika lidah buaya juga mempunyai khasiat untuk mengatasi masalah rambut seperti kutu.

Ambil daun lidah buaya yang agak besar, kupas kulitnya dan ambil jelinya lalu hancurkan. Oleskan secara merata pada rambut serta kulit kepala. Diamkan selama 20-30 menit hingga kandungan di dalamnya diserap oleh rambut kmudian bilas dengan air bersih.

9. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh dikenal sebagai obat tradisional untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Buah yang memiliki rasa asam yang amat sangat ini juga bisa dimanfaatkan untuk membasmi kutu rambut. Karena sifatnya yang asam sangat tidak disukai oleh kutu. Lihat juga manfaat belimbing wuluh lainnya untuk kesehatan.

Ambil beberapa buah belimbing wuluh kemudian cuci bersih dan hancurkan. Peras airnya, kemudian gunakan pada rambut dan kulit kepala secara merata. Sifat asamnya akan menjadi racun bagi kutu. Jangan lama-lama, cukup diamkan selama 10 menit saja lalu bilas dengan air bersih.

10. Jus Lemon

Di situasi yang gerah sepeti ini berbicara mengenai jus lemon rasanya malah haus. Tapi di sini kita tidak akan membahas mengenai kesegaran jus lemon, melainkan khasiatnya dalam membasmi kutu rambut.

Ambil beberapa buah lemon segar, kemudian dibuat jus dengan cara diblender biar benar-benar halus. Aplikasiakn jus lemon tersebut secara merata di rambut dan kulit kepala Anda sebagai masker alami. Diamkan selama beberapa menit. Jangan heran karena akan ada sensasi perih dan gatal. Kemudian bilas dengan air bersih seperti biasa.

11. Mayonaise

Mayonaise biasa digunakan sebagai bahan pelengkap masakan atau selai untuk roti. Nah, ada keterangan kalau mayonaise ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan kutu rambut.

Ambil mayonaise secukupnya, kemudian aplikasikan pada kulit kepala. Tutup dengan handuk atau plastik khusus untuk perawatan rambut (shower cap). Diamkan selama 30 menit lalu basuh dengan air bersih dan keraas seperti biasa. Lakukan perawatan ini secara rutin maksimal 2 kali seminggu. Jangan lupa jaga kebersihan rambut agar kutu tidak balik lagi.

Itulah beberapa cara menghilangkan kutu rambut yang dapat anda coba di rumah. Semua tips yang saya bagikan diatas sudah terbukti keampuhannya. Jadi, anda tidak perlu takut untuk gagal dalam membasmi kutu yang hidup dirambut anda.

Cara Membasmi Kutu Rambut Lainnya (not recomended)

Cara-cara di atas sebenarnya sudah cukup ampuh dalam membasmi kutu rambut yang berkeliaran di kulit kepala Anda. Namun sebagai pengetahun, aka saya lengkapi dengan bebrapa metode lainnya.

12. Alkohol

Cara ini tentu saja bukan unuk muslim, karena alkohol hukumnya haram. Dan masih banyak jenis pengobatan lainnya yang lebih dianjurkan. Namun bagi pengetahuan saja, Anda bisa menggunakan alkohol untuk membasmi kutu rambut.

13. Kapur Ajaib (Dilarang!)

Beberapa website merekomendasikan kabur ajaib yang bisa membunuh serangga seperti semut dan kecoa ini digunakan untuk membasmi kutu rambut. Namun, kami tidak merekomendasikan cara tersebut. Karena kandungan kimianya jelas bahaya bagi manusia. Bagi pembaca blog ini tolong jangan ikut2an cara yang seperti itu. Masih banyak cara yang lebih aman.

Baca juga: Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami >>

101 Cara Alami Menghilangkan Kutu Rambut | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply