Manfaat Bunga Wijaya Kusuma untuk Obat Luka

manfaat bunga wijaya kusuma

Bunga wijaya kususma dengan mitos yang beredar luas.

Bunga Wijayakusuma yang mempunyai nama latin Epiphyllum anguliger termasuk ke dalam jenis kaktus, divisi anthophita, bangsa opuntiales dan kelas dicotiledoneae. Nama Wijaya Kusuma hanyalah sebutan dari bunga ini oleh orang Indonesia. Banyak yang mengira tanaman ini asli Indonesia, padahal tanaman ini berasal dari Amerika Selatan (Venezuela dan Karibia). Belum ada keterangan resmi kapan dan bagaimana bunga ini bisa sampai ke Indonesia. Bahkan beberapa sumber menyatakan bahwa bunga wijaya kusuma yang dimaksud oleh nenek moyang kita bukanlah bunga jenis kaktus yang beredar sekarang ini.

Tanaman kaktus sendiri terdapat sekitar 1.500 jenis (famili) dan masih ada beberapa yang belum berhasil diidentifikasi. Nenek moyang kita mempercayai bahwa tumbuhan ini memiliki kekuatan mistis terutama pada bunganya. Bunga wijaya kusuma memang memiliki masa mekar yang singkat. Rata-rata mekar pada malam hari atau sore hari. Beredar mitos yang menyebutkan bahwa orang yang melihat bunga ini mekar akan mendapatkan rejeki yang lancar.

Tanaman kaktus dapat hidup subur di daerah sedang sampai tropis. Demikian juga tanaman wijayakusuma. Namun ada juga beberapa jenis kaktus yanh sanggup hidup di daerah kering seperti gurun pasir. Bunga wijayakusuma hanya merekah beberapa saat saja dan tidak semua tanaman wijayakusuma dapat berbunga dengan mudah, tergantung dari iklim, kesuburan tanah dan cara pemeliharaan. Hal inilah yang kemudian menciptakan mitos tertentu tentang bunga ini.

Ciri-Ciri Bunga Wijaya Kusuma

Pada umumnya tanaman jenis kaktus sukar untuk ditentukan morfologinya, tetapi wijayakusuma dapat dilihat dengan jelas mana bagian daun dan mana bagian batangnya, setelah tanaman ini berumur tua. Batang pohon wijayakusuma sebenarnya terbentuk dari helaian daun yang mengeras dan mengecil. Helaian daunnya pipih, berwarna hijau dengan permukaan daun halus tidak berduri, lain halnya dengan kaktus-kaktus pada umumnya. Pada setiap tepian daun wijayakusuma terdapat lekukan-lekukan yang ditumbuhi tunas daun atau bunga . Wijayakusuma dapat tumbuh baik di tempat berhawa sejuk, yang tidak terlalu panas.

Bunga wijaya kusuma memiliki warna putih dan merah, ada juga yang agak keunguan. Namun seiring perkembangan teknologi kawin silang, sekarang ini sudah banyak Nurseri yang mempunyai bunga wijaya kusuma berwarna kuning dan jingga.

Advertisement

Manfaat Bunga Wijaya Kusuma

Tumbuhan wijayakusuma mempunyai khasiat ampuh untuk meredam rasa sakit dan mampu menetralisir pembekuan darah. Wijayakusuma juga memiliki khasiat yang dapat mempercepat masaknya luka abses/bisul. Komposisi kandungan kimia yang terdapat pada tumbuhan ini belum ada penelitian.

Menyembuhkan luka

Dengan khasiatnya tersebut, bunga wijayakusuma sering dijadikan sebagai obat untuk menyembuhkan luka. Namun yang digunakan untuk pengobatan bukan bagian bunganya, melainkan daunnya. Caranya, ambil satu helai daun wijaya kusuma, kemudian ditumbuk hingga halus. Tempelkan pada bagian tubuh yang luka, balut dengan perban. Untuk mempercepat matangnya bisul, bisa dilakukan dengan cara yang sama.

Manfaat lain

Manfaat lain dari bunga wijaya kusuma ini adalah sebagai obat anti radang, obat batuk, juga pendarahan (hemostatis). Khasiat yaitu mengatasi tuberkulosis paru, batuk karena asma, batuk darah dan muntah darah. Namun kami belum menemukan literatur yang membahas lebih rinci mengenai khasiat-khasiat tersebut.

Bunga wijaya kusuma warna merah

Bunga wijaya kusuma warna merah

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Ordo: Caryophyllales
Famili: Cactaceae
Upafamili: Cactoideae
Bangsa: Hylocereeae
Genus: Epiphyllum
Spesies: E. anguliger
Nama binomial
Epiphyllum anguliger
(Lem.) G.Don
Sinonim
Phyllocactus anguliger Lem.
Phyllocactus serratus Brongnart
Phyllocactus angularis Labouret
Phyllocactus darrahii K.Schumann
Epiphyllum darrahii (K.Schumann) Britton & Rose

Note: Informasi mengenai mitos bunga wijaya kusuma tidak ada hubungannya denga kepercayaan penulis.

Manfaat Bunga Wijaya Kusuma untuk Obat Luka | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply