5 Penyebab Kulit Kering dan Bersisik

kulit kering bersisik

Kulit kering bersisik

Kulit kering dan bersisik merupakan hal yang dapat merusak penampilan. Terlebih Kulit yang kering dan bersisik akan tampak kusam dan tidak terawat. Bagi wanita yang tinggal di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia, masalah kulit kering dapat muncul setiap saat karena efek buruk paparan sinar ultraviolet yang didapat dari pancaran sinar matahari. Pengaruh lingkungan yang kotor dan penuh dengan radikal bebas juga dapat memicu proses terbentuknya kulit yang kering dan bersisik.

5 Penyebab Kulit Kering dan Bersisik

Untuk dapat mengatasi timbulnya masalah-masalah pada kulit tersebut kita harus terlebih dahulu mengetahui apa penyebab dari masalah kulit kering. Untuk dapat mengetahui apa saja penyebabnya, di bawah ini adalah 6 penyebab kulit kering yang harus anda ketahui:

1. Terlalu sering mencuci wajah

Membersihkan wajah merupakan hal wajib dilakukan untuk membuang kotoran yang menempel pada kulit wajah. Akan tetapi itu bukan berarti kita harus terlalu sering untuk melakukannya. Dengan terlalu sering mencuci wajah justru akan membuat kulit wajah anda akan kehilangan kelembutannya dan berujung pada kulit yang kering dan bersisik. Cukup bersihkan wajah sebanyak 2 atau 3 kali saja dalam sehari dengan menggunakan bantuan sabun pembersih wajah.

2. Tidak menggunakan tabir surya

Sinar ultraviolet yang memancar ditengah teriknya matahari dapat menjadi penyebab kulit yang kering. Penggunaan tabir surya sebagai penangkal hal-hal buruk yang dibawa oleh sinar matahari. Gunakan tabir surya ketika anda akan beraktivitas diluar ruangan. Terlebih dengan padatnya jadwal yang menuntut kita untuk tampil cantik dan menawan meskipun dibawah terik matahari.

Advertisement

3. Terlalu banyak menggunakan foundation

Menggunakan foundation atau krim sebagai alas bedak merupakan sesuatu hal mutlak yang dibutuhkan wanita untuk menyempurnakan riasan wajah dan untuk meratakan warna kulit. Namun penggunaan foundation secara berlebihan justru dapat membuat kulit susah bernafas dan membuat sel kulit mati terjebak didalam pori-pori. Sel kulit mati dan asupan oksigen yang kurang pada kulit tersebut menjadi penyebab kulit menjadi kering. Oleh karena itu sebaiknya pilihlah foundation berbahan dasar ringan dan gunakan seperlunya saja sesuai kebutuhan.

4. Pola makan yang salah

Pola makan menjadi satu diantara sekian faktor penyebab kulit kering dan bersisik. Pola makan yang salah dan tidak tercukupinya nutrisi yang masuk ke dalam tubuh mengakibatkan kulit menjadi terlihat kering. Pola makan yang terjaga dengan memperhatikan kandungan gizi dan nutrisi tentu dapat membantu anda terhindar dari masalah-masalah yang terjadi pada kulit. Baca artikel cara menjaga kesehatan kulit sebagai referensi.

5. Indikasi adanya penyakit

Jangan menganggap kulit yang kusam, kering, atau bahkan bersisik secara berlebihan merupakan hal wajar. Bisa jadi hal tersebut merupakan indikasi adanya penyakit yang terdapat pada kulit anda. Penyakit-penyakit seperti psoriaris, eksem, dan beberapa jenis penyakit kulit yang lain dapat memicu terjadinya kulit kering, kusam, dan bersisik. Segera konsultasikan ke dokter apabila dirasa menemui hal-hal yang tidak wajar terjadi pada kulit anda.

Demikian beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya kulit kering pada wanita. Konsumsi air yang cukup akan menghindarkan kulit dari dehidrasi yang juga dapat menyebabkan kulit kering dan bersisik. Gunakan tabir surya sebelum melakukan aktivitas luar ruangan ketika siang hari. Payung atau topi dapat anda manfaatkan untuk membantu memberikan perlindungan pada kulit dari bahaya pancaran sinar ultraviolet yang berbahaya. Perawatan yang tepat serta selalu berupaya untuk menjaga kesegaran kulit dapat menjadikan anda selalu tampil cantik dan mempesona.

5 Penyebab Kulit Kering dan Bersisik | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply