14 Makanan Sumber Nutrisi untuk Kulit

makanan sumber utrisi kulit

Daftar makanan yang mengandung banyak nutrisi untuk kulit agar selalu sehat

14 Makanan yang Mengandung Sumber Nutrisi untuk Kulit – Kulit yang sehat dan terlihat cantik merupakan dambaan setiap wanita. Untuk bisa mendapatkan kulit sehat dan cantik tentu bukan hal yang sulit jika anda termasuk ke dalam golongan orang yang rajin merawat kulit. Melakukan perawatan pada kulit tidak selalu harus mahal seperti yang sering anda bayangkan. Rajin melakukan perawatan-perawatan ringan seperti banyak minum air putih dan memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh anda sudah bisa membantu anda dalam proses mendapatkan kulit yang cantik.

Nutrisi untuk kulit bisa diperoleh dari makanan yang anda konsumsi setiap hari. Hanya saja tidak semua makanan mengandung nutrisi yang baik untuk kulit.

Berikut daftar makanan dengan nutrisi tinggi bagi kulit yang wajib anda konsumsi:

1. Wortel

Selain mengandung vitamin A yang baik untuk mata, wortel juga mengandung betakaroten yang tinggi. Betakaroten pada wortel berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Baca juga artikel mengenai manfaat wortel untuk kesehatan serta kandungan nutrisinya.

2. Stroberi

Didalam stroberi terdapat kandungan vitamin C dan asam elagik yang tinggi. Asam elagik dapat membantu mengurangi kerusakan yang terjadi pada DNA (Deoxyribonucleic Acid) yang dapat memicu timbulnya kerutan.

3. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin E tinggi. Vitamin E bertugas untuk memerangi radikal bebas yang masuk kedalam tubuh dan merangsang pembentukan sel-sel kulit baru. Selain itu kandungan vitamin E pada alpukat sangat berfungsi menguatkan jaringan kolagen sehingga dapat mengurangi resiko kanker kulit.

4. Tomat

Tomat mengandung likopen yang berfungsi memecah kulit terbakar dan menghambat kerusakan kulit yang diakibatkan oleh radikal bebas. Lihat juga artikel manfaat tomat untuk kesehatan dan kecantikan.

Advertisement

5. Paprika merah

Kandungan betakaroten dan vitamin C bisa ditemukan di dalam paprika merah. Kandungan vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam paprika merah tersebut membantu pembentukan kolagen secara sehingga kulit menjadi kencang secara alami.

6. Bawang bombay

Diallyl Sulfide dan Flavonoids yang berfungsi sebagai antioksidan pelindung DNA serta alergi dan antiperadangan bisa anda dapatkan dari bawang bombay.

7. Kentang

Kentang mengandung mineral natrium yang memiliki kadar alkalin tinggi. Hal tersebut menjadikan kentang harus dijadikan asupan penting untuk memperbaiki fungsi hati yang berpengaruh pada kelenturan otot dan menjadikan jaringan kulit menjadi elastis.

8. Delima

Buah delima memiliki kandungan antioksidan tinggi yang bermanfaat membantu proses pembentukan kolagen sehingga membantu proses penyembuhan luka pada kulit.

9. Anggur

Kandungan anthocyanins yang terdapat dalam buah anggur memiliki manfaat penting bagi kulit seperti membantu proses pembentukan kolagen, membantu menguatkan pembuluh darah yang mempunyai fungsi menyebarkan oksigen, nutrisi serta membuang racun yang masuk ke dalam tubuh.

10. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung legumes yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Asam amino yang berasal dari perubahan protein pada proses pencernaan berfungsi membantu dalam perbaikan sel-sel kulit dan juga kolagen.

11. Kenari

Selain bisa ditemukan pada ikan ternyata buah kenari memiliki kandungan omega-3 yang berfungsi untuk membuat kulit terlihat lebih muda dan halus.

12. Teh hijau

Sudah menjadi sebuah rahasia umum bahwa kandungan polifenol yang terdapat pada teh hijau berfungsi sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang mengancam kesehatan kulit.

13. Telur

Selain kaya kandungan protein, telur juga banyak mengandung biotin yang berfungsi mencegah kekeringan pada kulit. Sekarang ini telur banyak dimanfaatkan sebagai masker wajah (bagian putihnya) dan masker rambut (bagian kuningnya).

14. Salmon

Kandungan astaxanthin dan omega-3. Astaxanthin yang terdapat dalam daging salmon berfungsi untuk memperlambat proses penuaan pada kulit dan timbulnya kerutan. Sedangkan omega-3 berfungsi untuk menjaga kelenturan kulit dan menenangkan kulit yang mengalami peradangan.

Itulah beberapa jenis makanan sebagai sumber nutrisi untuk kulit. Jika anda memang peduli dengan kesehatan kulit, maka sempatkanlah untuk mengkonsumsi makanan yang sudah dijelaskan di atas.

14 Makanan Sumber Nutrisi untuk Kulit | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply