10 Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa

Bau mulut (Image: Curejoy.com)

Bau Mulut Tak Sedap Saat Puasa? Berikut Cara Menghilangkan Bau Mulut di Bulan Puasa!

Bulan puasa memang saat ini sedang Kita jalani namun terkadang Kita merasa kurang percaya diri. Terlebih apabila berkomunikasi dengan orang lain dalam jarak yang dekat tentu saja akan menyebabkan rasa tidak percaya diri. Hal ini terjadi karena bau mulut yang dirasakan selama puasa berlangsung. Namun tahukah Anda bahwa bau mulut yang terjadi saat berpuasa memiliki beberapa faktor penyebabnya. Beberapa faktor penyebab hal ini terjadi adalah adanya bakteri yang menghasilkan gas sulfur, tidak memproduksi gas savila dan memiliki penyakit diabetes serta maag. Sehingga banyak orang yang merasa kurang percaya diri dengan bau mulut yang dirasakan.

Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

Berikut ini beberapa cara menghilangkan bau mulut di bulan puasa menjelang, antara lain:

Menggosok gigi dengan rutin

Hendaknya apabila Anda mengalami bau mulut pada saat siang hari. Usahakan untuk menggosok gigi secara rutin setiap pagi setelah bangun tidur dan malam menjelang tidur. Selain itu Anda juga membersihkan gigi setelah makan karena biasanya sisa makanan akan bersembunyi di sela gigi. Sehingga akan memicu terjadinya bau mulut yang sering menghampiri. Disarankan untuk membersihkan plak yang ada di gigi untuk mengatasi masalah tersebut.

Mengkonsumsi air putih

Saat berpuasa disarankan untuk mengkonsumsi air putih. Dengan mengkonsumsi air putih akan membantu dalam menghilangkan bau mulut yang dirasakan selama berpuasa. Hal ini karena akan meningkatkan produksi saliva atau air liur. Sehingga dapat berdampak baik berupa air putih akan menjaga kebersihan gigi dan mulut Anda. Untuk itu silahkan mengkonsumsi dua gelas air putih saat berbuka, dua gelas di saat malam hari, dua gelas menjelang tidur dan dua gelas saat sahur. (Baca: Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan)

Hindari makanan yang lengket

Mengkonsumsi makanan yang lengket hanya akan menyebabkan tertinggal di gigi. Sehingga menyebabkan bakteri yang ada di mulut menjadi berkembang. Untuk itu hendaknya apabila Anda menghindarinya selama berpuasa. Beberapa jenis makanan lengket antara lain yaitu coklat, permen, coklat biskuit dan kue basah. Hal ini karena apabila tidak segera dan dibersihkan dengan benar hanya akan menyebabkan bau mulut. Terlebih apabila pada saat siang hari tentu saja akan dengan mudah dirasakan oleh mulut Anda.

Hindari makanan berbau tajam

Makanan dengan bau yang tajam akan dengan mudah untuk menyebabkan terjadinya bau mulut. Dengan demikian hendaknya mulailah dengan menghindarinya baik saat sahur atau pun berbuka. Beberapa contoh makanan berbau tajam antara lain yaitu durian, jengkol, Pete dan merokok. Hal ini karena akan dengan mudah berpengaruh pada saat Anda menjalankan puasa. Terlebih apabila siang hari tentu saja akan merasakan hal yang sama dirasakan.

Berolah raga ringan

Cara menghilangkan bau mulut di bulan puasa adalah dengan menjalani olah raga ringan menjelang berbuka. Dengan demikian akan menetralkan bau mulut terlebih apabila pada saat siang hari. Disarankan untuk tidak terlalu banyak menjalani tidur siang karena akan menyebabkan bau mulut. Hal ini karena mulut akan memproduksi adanya gas beracun yang ada didalam mulut.

Memeriksakan rutin

Dalam mendapatkan kenyamanan saat berpuasa dan menghindari terjadinya bau mulut. Hendaknya memeriksakan secara rutin selama enam bulan sekali. Dengan demikian akan mencegah terjadinya bau mulut dan menghindari kemungkinan untuk mengganggu orang yang Kita ajak berkomunikasi. Untuk itu pastikan bahwa saat mengkonsumsi makanan mulailah untuk memaksimalkan cara tersebut dalam mendapatkan hasil yang diinginkan.

Advertisement

Konsumsi yogurt

Hendaknya dalam mengatasi bau mulut dapat dilakukan dengan mengkonsumsi yogurt. Dengan mengkonsumsi yogurt akan membantu dalam menghindari terjadinya bau mulut saat berpuasa. Dengan demikian pastikan bahwa Anda mengkonsumsi yogurt secara rutin saat buka puasa. Manfaat mengkonsumsi yogurt adalah untuk membantu menyehatkan sistem pencernaan. Sehingga dapat menghindari terjadinya bau mulut yang dirasakan terlebih apabila Anda sedang berpuasa. Untuk itu pastikan bahwa mengkonsumsi secara rutin agar hasil yang didapatkan menjadi lebih maksimal.

Memperbanyak buah

Anda bisa mengkonsumsi buah dan sayuran segar untuk membantu dalam mengatasi bau mulut yang dialami. Sehingga akan mendapatkan hasil yang dirasakan secara maksimal. Untuk itu pastikan bahwa Anda mengkonsumsi buah. Buah yang sebaiknya dikonsumsi antara lain pepaya, semangka, jeruk, apel dan masih banyak lainnya. Dengan demikian akan memberikan kenyamanan yang dirasakan. Pastikan bahwa memaksimalkan kenyamanan yang dirasakan dengan mengkonsumsi makanan berserat lainnya.

Kunjungi dokter

Apabila semua upaya sudah dilakukan namun bau mulut belum hilang. Ada baiknya apabila Anda mulai mengunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Dengan demikian akan membantu dalam meningkatkan kesembuhan tersebut. Sedikit informasi untuk Anda bahwa saat bau mulut dirasakan tentu saja yang akan terjadi mungkin saja penyebabnya adalah penyakit yang diderita. Beberapa penyakit yang memicu terjadinya bau mulut adalah diabetes, maag, gangguan pernafasan dan masih banyak lainnya.

Konsumsi teh hijau

Anda bisa mengkonsumsi teh hijau dengan tujuan untuk menetralkan bau mulut. Disarankan mengkonsumsi teh hijau pada saat buka dan sahur. Sehingga akan mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan keinginan Anda. Untuk itu hendaknya dalam mengkonsumsinya secara rutin agar bau mulut bisa hilang dengan lebih cepat. Pastikan bahwa mengkonsumsi teh hijau dengan rutin agar hasil yang dirasakan menjadi lebih maksimal dan terjamin. Cara menghilangkan bau mulut di bulan puasa ini sangat ampuh dan sudah dicoba banyak orang sehingga silahkan untuk dibuktikan sendiri khasiatnya.

Obat Tradisional untuk Mengatasi Bau Mulut

Jadi, nenek moyang kita sebenarnya punya cara jitu untuk mengobati bau mulut. Terbukti, sejak jaman dahulu mereka sudah bisa menciptakan obat untuk menghilangkan bau mulut. Ramuan tradisional tersebut cukup mudah dan aman untuk dibuat sendiri di rumah.

1. Madu dan Jeruk Nipis

Madu dan jeruk nipis merupakan dua bahan alami yang palig sering digunakan sebagai campuran bahan untuk ramuan tradisional. Hal tersebut dikarenakan keduanya sudah terbukti mempunyai khasiat yang bagus untuk kesehatan. Termasuk juga untuk menghilangkan bau mulut. Caranya, siapkan segelas air hangat (jangan terlalu penuh), kemudian tambahkan 1 sendok makan madu dan air perasan jeruk nipis. Minum sekaligus pada saat berbuka dan setelah makan sahur.

2. Air Rebusan Daun Sirih

Daun sirih juga kerapkali dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Yang paling terkenal adaah kemampuannya dalam mengatasi keputihan pada wanita. Ternyata, daun berwarna hijau ini mempunyai kemampuan lain, yakni menghilangkan bau mulut. Caranya dengan merebus daun sirih, kemudian air rebusannya digunakan untuk berkumur. Lakukan pada saat sahur sehingga anda bisa terhindar dai bau mulut saat menjalankan ibadah puasa.

3. Ramuan Herbal Lainnya

Selain dua bahan di atas, masih banyak bahan alami lainnya yang bisa dijadikan sebagai obat untuk mengatasi bau mulut saat berpuasa. Dianaranya adalah cengkeh, kapulaga, biji adas dan kayu manis. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan tersebut sebagai bumbu dapur atau direbus dan airnya digunakan untuk berkumur.

Demikian artikel mengenai cara mengatasi bau mulut saat berpuasa ini dibuat dengan maksud semoga bisa memberikan manfaat bagi yang membacanya. Hanya saja perlu Anda ketahui bahwa dalam Islam, bau mulut orang yang berpuasa, kelak akan diganti di akhirat dengan bau kesturi (semacam minyak yang sangat wangi). So, jika Anda tidak benar-benar harus menghindari bau mulut sebaiknya biarkan apa adanya saja. Toh, bau mulutnya orang yang berpuasa bukan diakibatkan karena adanya masalah kesehatan. Selain itu, anda juga harus menghindari pantangan dalam makanan seperti dilarang mengkonsumsi makanan berbau tajam, alkohol, merokok.

10 Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply